Turing Jakarta – Padang: (Part 4/Terakhir) Muara Bulian – Padang.. After a Long Long Journey, Finally!!

Jum’at, 5 Februari 2016

Setelah hari-hari sebelumnya berangkat jam 10.30, jam 7.40, dan jam 8.40, pagi itu gue bersiap-siap lebih awal. Hal ini karena jarak yang harus gue tempuh lebih jauh dibanding sebelumnya dan gue gak mau menginap lagi. Jakarta – Bandar Lampung sejauh 215 km, Bandar Lampung – Palembang sejauh 370 km, Palembang – Muara Bulian sejauh 290 km, dan kira-kira gue harus menempuh sekitar 470 km lagi untuk sampai ke Padang.
Continue reading

Turing Jakarta – Padang: (Part 3) Palembang – Muara Bulian (Jambi),, Fiuuuh Penuh Kejutan

Kamis, 4 Februari 2016..

Hari ketiga dari perjalanan panjang Jakarta – Padang dimulai. Awalnya gue merencanakan berangkat jam 7 dari Palembang supaya bisa menginap di Muara Tebo agar perjalanan hari terakhir tidak terlalu jauh. Karena keasikan ngobrol sama Akas, akhirnya jam keberangkatan molor sampai jam 8.40, hehehe.. it’s okay lah.. Gue pun akhirnya menjadwalkan untuk menginap di Muara Bulian, 100 km sebelum Muara Tebo. Soalnya gue yakin gak bakal kekejar ke Muara Tebo hehe..
Continue reading

Turing Jakarta – Padang: (Part 1) Jakarta – Bandar Lampung

SK yang gue tunggu-tunggu akhirnya keluar juga di pertengahan Januari. Sesuai permintaan, akhirnya kantor menempatkan gue di Padang, Sumatera Barat. Gue memang memilih Padang sebagai tempat persinggahan berikutnya setelah menyelesaikan pendidikan lanjutan. Sebetulnya, Sumatera bukanlah tempat yang gue idam-idamkan. Gue lebih menyukai daerah Indonesia Bagian Tengah. Tapi karena Ayu mendapat beasiswa melanjutkan pendidikan di Padang, akhirnya mau gak mau gue juga harus berusaha ke Padang.
Continue reading

Sisi Lain Pulau Rote, Pulau Paling Selatan di Indonesia

Berbicara tentang pulau paling selatan di Indonesia ini, para traveler baik lokal maupun mancanegara pasti akan langsung terpikir pantai nemberala dan pantai boa yang menjadi spot favorit peselancar. Padahal Rote bukan hanya itu. Banyak hal yang bisa diceritakan dari pulau ini.  Kunjungan terakhir gue ke pulau ini awal tahun 2015, gue coba mengabadikan beberapa hal yang dijumpai selama perjalanan singkat disana. Actually, there are more to explore and to be told, but because my time was limited, so lemme just share a little about other side of Rote.
Continue reading

Pantai Nemberala dan Pantai Bo’a

Rote Ndao, sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur. Pulau paling selatan di Indonesia ini karakteristiknya hampir sama dengan Pulau Timor, banyak tanah berbatu karang. Ngomong-ngomong tentang Rote, ada satu pantai yang terkenal akan ombaknya yang tinggi dan memikat para peselancar dunia, mereka bilang pantai Nemberala.

Waktu itu, gue berkesempatan pergi ke Rote sama Mas Udin. Kantor memberi kami 8 hari untuk melakukan monitoring program pemerintah. Berangkat hari Rabu, berarti bakal ketemu hari Minggu yang bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan.. Yess!!!
Continue reading

Sore Itu di Pulau Bidadari, Ketika Keindahan dan Tragedi Bercampur Menjadi Satu

After say hi to a bunch of giant lizards in Rinca and sunbathing in a very small island Kanawa, it’s time for us to visit the last destination of that one day trip to Komodo National Park. Yeap, next chapter is Angel Island aka Pulau Bidadari. It has the same name with an island inThousand Islands Jakarta, but it is located in Komodo National Park.

Pulau Bidadari, dari namanya aja udah pasti bayangan kita adalah suatu pulau yang cantik laksana bidadari. Sama seperti halnya Kanawa, pulau ini dikelola oleh WNA. Ya inilah salah satu hal yang bikin gue miris. Di kita ini kan banyak banget tempat wisata yang indah dan menjual, tapi sayangnya mayoritas dikelola oleh WNA. Seolah-olah kita tamu di negeri sendiri 😦  .
Continue reading

Throwback: Pulau Kanawa, Kepingan Surga di Taman Nasional Komodo

Puas menjelajah pulau Rinca dengan komodo-komodo besarnya, gak membuat gue puas hari itu. Masih terlalu banyak spot favorit di Taman Nasional Komodo. Namun karena keterbatasan waktu, cukup 2 destinasi lagi yang bisa disinggahi kala itu.

Our next destination was Kanawa island. It is a very small island which is surrounded by corals.
Continue reading

7 Hal Unik di kota Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Jambi

Pertengahan April lalu gue berkesempatan berkunjung ke Muara Bulian. Muara Bulian ini ibukota Kabupaten Batang Hari yang merupakan bagian dari Provinsi Jambi. Selama 4 hari disana, gue menemukan beberapa hal unik guys. Apa aja sih? Cekidot..

Untuk artikel tentang traveling, pindah ke Barrabaa.blogspot.com

  1. Sungai Batang Hari
Sungai batang hari

Sungai batang hari

Asli!! Seumur-umur, baru kali ini gue ngeliat sungai yang lebaaaar banget.. Usut punya usut, sungai ini ternyata sungai terpanjang di pulau Sumatera dengan panjang sekitar 800km (wikipedia) dan lebarnya antara 200 – 650 m.
Continue reading