Pengalaman Mobil Terobos Banjir, Apa Efeknya?

Jakarta dan sekitarnya baru aja dilanda banjir yang mengerikan. Selain karena curah hujan yang tinggi, diduga juga karena kurangnya persiapan dalam menghadapi banjir. Di beberapa video yang dishare di media sosial, ada beberapa mobil bahkan LCGC yang berani dan sukses menerjang banjir. Patut kita kasih tepuk tangan? Tunggu dulu.. Gue pake si Boggil (Hyundai Getz) juga pernah dengan sukses nerobos banjir yang tingginya kira-kira setinggi banjir yang diterobos si LCGC di video.. Mudah itu.. Tapi apa efeknya?

Nah! Ini dia yang akan gue bahas di artikel kali ini.

Sama kaya di Jakarta, di Padang pun sering terjadi banjir. Saat banjir terjadi, biasanya gue ada di posisi aman. Tapi pernah satu kali ketika gue lagi di luar rumah, hujan turun deres banget dan nggak lama kemudian banjir.

Waktu itu tahun 2017. Dalam perjalanan pulang ke rumah, ternyata jalanan di depan komplek perumahan gue banjir parah.. Beberapa orang standby untuk mengalihkan arus lalu lintas ke jalan perumahan di seberang perumahan tempat gue tinggal.

DSCF1423 - Copy

si Boggil

Gue bagusnya sih ikut ke pengalihan arus itu. Tapi dasar gue bandel ya, karena merasa udah tinggal sekitar 100 meter lagi sampai ke jalan perumahan gue, gue paksain nerobos banjir..

Pas nerobos sebenernya ngeri gue liat gelombang air yang udah kaya ombak. Ketinggian air pun udah setinggi kap mesin. Dengan konsistensi dan semangat juang tinggi akhirnya gue bisa menerjang banjir. Di situ gue merasa hebat. Hahaha..

Nah!! Ternyata masalah muncul 1 hari kemudian *NANGIS .. Keesokan harinya ketika gue mau pake tu mobil, mobilnya ngadat.. Nggak mau nyala.. Huwaaaa. Kesombongan gue di awal menciptakan petaka di kemudian hari..

Gue coba googling buat nyelesain sendiri masalah yang menimpa si Boggil tapi nihil, si Boggil tetep mogok.

Akhirnya gue coba bawa ke tukang dinamo, kali aja masalahnya ada di dinamo, ntah itu dinamo charger, dinamo starter, atau dinamo-dinamoan yang lain lah gue kaga paham..

Dan ternyata, setelah dibawa ke tukang dinamo, masalahnya ketahuan bro. Dinamo charger si Boggil rusak. Harus diganti atau diperbaiki. Gue yang budgetnya pas-pasan memilih untuk diperbaiki.

Deal buat perbaikan dinamo charger, tapi si Boggil harus ditinggal semalam. Yaudah deh, baiklah. Toh rumah gue juga deket, gak sampai 1 km ke tempat tukang dinamo.

Besoknya gue ambil si Boggil, kondisinya udah fit seperti sedia kala. Akhirnya gue bisa jalan-jalan lagi bareng si Boggil.

Setelah kejadian itu gue sebisa mungkin menghindari titik banjir. Kecuali banjirnya maksimal masih setengah ban biasanya gue masih berani lewatin. Kalau setinggi kap mesin si Boggil sih gue gak akan nerobos banjir lagi.

Nah, kalau ada mobil LCGC yang nerobos banjir sebenernya biasa aja buat gue.. Si Boggil (Hyundai Getz) juga city car, mobil kecil, apalagi waktu nerjang banjir usianya udah 13 tahun, dan itu aja bisa. Apalagi mobil-mobil baru yekan??

Yang jadi masalah ada untuk mobil-mobil kecil semacam LCGC atau sedan ini takutnya nanti muncul masalah beberapa hari setelah menerjang banjir, soalnya gue udah pernah merasakan sendiri akibatnya.

Jadi buat kalian yang punya mobil ntah mobil kecil atau mobil gede, saran gue sih mending kalau ketemu banjir yang lumayan dalem jangan coba-coba buat nerobos. Mending cari jalan alternatif atau tunggu sampai air mulai mereda..

Salam rider… bruuum..

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s