Berapa Jam Mudik Terlamamu??

Mudik..

Siapa yang asing dengan kata ini??

Gue rasa, semua warga Indonesia udah paham banget lah ya dengan istilah yang satu ini. Bahkan, sebagian besar diantaranya mungkin rutin melakukan kegiatan ini.

Sebentar lagi lebaran, dan momen mudik sangat dinanti-nantikan oleh banyak perantau.. Momen idul fitri yang sakral akan lebih bermakna bila dirayakan bersama keluarga besar di kampung halaman.

Daftar-Program-Mudik-Gratis-yang-Bisa-Anda-Ikuti.jpg

ilustrasi mudik (uangteman)

Begitu damainya hati saat disambut senyum orang tua, berkumpul bersama kawan semasa kecil, berkunjung ke rumah keluarga besar, bernostalgia dengan tempat yang sering dikunjungi saat masa kecil. Segala aral rintangan pun akan dihadapi saat musim mudik lebaran tiba.

Arus mudik yang paling banyak tentunya dari Jakarta menuju daerah Jawa seperti Jawa Tengah atau Jawa Timur. Dan pantura adalah jalur favorit para pemudik.

Namun, dari tahun ke tahun, perjalanan mudik semakin susah dan semakin lama saja.. Beli tiket kereta udah susah banget. Dibela-belain lembur hunting tiket pun seringnya gak dapet, kalah cepet. Naik pesawat, harga tiketnya pun udah gila-gilaan. Alternatif terakhir tentunya lewat jalan darat. Bisa pakai mobil, motor, atau bus.

Namun, baik pakai bus atau mobil sekarang ini sungguh menyiksa banget. Yang dulunya hanya beda beberapa jam dari waktu tempuh normal,, sekarang bisa berkali-kali lipat.. Malah, terkadang mudik membawa petaka. Tiap tahunnya ada saja yang meninggal dalam perjalanan mudik.. Semoga arus mudik dan balik tahun ini gak ada kejadian memilukan seperti itu.. aamiin.

mudik-google_20170619_052010.jpg

Mudik Paling Lama

Semenjak merantau ke Jakarta untuk kuliah tahun 2007, gue rutin ikut meramaikan arus mudik. Entah mudik lebaran, mudik natal dan tahun baru, atau mudik-mudik lainnya.

Diantara momen-momen mudik itu, ada 1 waktu mudik yang paling ngeselin tapi juga paling berkesan sampai sekarang.

Kejadian mudik paling lama justru gue alami saat libur natal dan tahun baru 2015. Waktu tempuh Jakarta – Bumiayu (Brebes) yang biasanya 7-8 jam pakai mobil, saat itu ternyata ditempuh dalam waktu 35 jam.. 5X LIPAT dari waktu normalnya guys!!!

Mudik pertama bawa mobil sendiri yang ternyata harus ditempuh dalam waktu 5x lipat dari normalnya tu rasanyaa,, melelahkan banget, jiwa raga.. Capek badan iya, emosi juga iyaa karena gak wajar banget macetnya..

TIRTO-antarafoto-arus-mudik-jalur-puncak-040716-ysw-1.jpg

ilustrasi mudik (wartapilihan)

Rintangan pertama pas keluar dari Jakarta menuju Bekasi.. Parah banget macetnya.. Sampe harus menepi dan buka kap mesin buat dinginin mesin karena indikator suhu udah menuju overheat, bersama dengan banyak mobil lainnya. Entah berapa jam dihabiskan untuk menempuh jarak yang singkat ini..

Rintangan kedua tak separah Jakarta – Bekasi, dari Bekasi menuju Cikampek masih padat merayap tapi udah lebih manusiawi..

Di tol Cipali, jalanan malah lengang, bisa cruising disini.. Tapi jalanan yang lurus panjang ini bikin ngantuk. So, berhentilah di rest area buat mengistirahatkan badan sebentar.

Rintangan ketiga dan yang terberat saat keluar tol di daerah Brebes.. Gilaaaa.. Padahal tinggal sekitar 2 jam lagi nyampe rumah harusnya. Tapi ternyata titik terparah kemacetan di sini..

Setelah total 35 jam perjalanan, akhirnya gue sampai di kampung halaman tercinta. Perjalanan yang panjang dan berat tapi penuh makna dan pembelajaran. Di satu sisi, terkadang emosi gue memuncak dan ngomel-ngomel sendiri. Di sisi lain, kejadian ini sekaligus melatih kesabaran gue menghadapi sesuatu yang tak sesuai dengan ekspektasi kita.

Lebaran 2016 alhamdulillah gue dapet tiket kereta. Cerita saudara gue, dia menghabiskan waktu 48 jam utnuk sampai ke kampung halaman.. Crazy!!!

Ada pengalaman mudik guys??? Berapa jam perjalanan yang kalian tempuh??

 

Advertisements

5 thoughts on “Berapa Jam Mudik Terlamamu??

  1. mudik paling lama itu tahun 2014 naik motor Subang-Cilacap selama 19,5 jam, macet parah di daerah Brebes yang pinggir kali (Songgom kalo ga salah) selama 4,5 jam itu naik motor bisa selap selip, ga tau kalau naik mobil

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s