Suzuki All New Ertiga 2018, Sebuah “Kawin Silang”

Suzuki Ertiga, kiprahnya di jalanan Indonesia dimulai sejak tahun 2012. Sampai dengan awal tahun 2018, modelnya hanya mengalami perubahan minor saja, perintilan-perintilan. Tapi sekarang, Suzuki telah menghadirkan generasi terbaru dari Ertiga. Bukan lagi facelift, tapi All New.. Mulai dari tampilan eksterior, interior, dan mesin, semuanya berbeda dari Ertiga terdahulu.

all-new-ertiga-gray.jpg

suzuki all new ertiga 2018

Pertama kali gue lihat penampakan All New Ertiga adalah di majalah online autonetmagz, waktu itu seluruh body mobil masih distikerin. Komen pertama gue,, “kok aneh banget gini ya?” Beberapa waktu kemudian muncul penampakan full dari low mpv terbaru andalan Suzuki ini..

Setelah melihat penampakan fullnya di gambar, gue mengernyitkan dahi dan bergumam “anjay, dari depan sekilas mirip Toyota Innova terutama headlampnya, dari belakang terlihat mirip Mitsubishi Xpander terutama  stoplampnya, dan secara keseluruhan masih terlihat aura Ertiganya”.. So, ini mobil kawin silang atau gimana ya?? Hasil hybrid dari Innova, Xpander dan Ertiga itu sendiri, xixixi… Slow ya gan, ini cuma pendapat pribadi aja,, kalau beda pendapat ya gak apa-apa. Malah ada juga yang bilang grill depannya mirip Lamborghini Aventador hihi..

Harga-All-New-Ertiga-Suzuki-Indonesia-2018-630x420.jpg

tampak belakang suzuki all new ertiga 2018

Ternyata, setelah gue intip beberapa channel youtube otomotif dan forum-forum otomotif, ternyata bukan gue satu-satunya yang merasa seperti itu. Memang banyak para pemerhati otomotif yang beranggapan seperti gue tentang fenomena “kawin silang” ini.

Jangan baper lho yaa,, gue bukannya nuduh Suzuki niru kok, sekedar perumpamaan aja. Karena kata Suzuki pun, desain headlamp untuk Ertiga ini udah dibikin sebelum konsep Xpander diperkenalkan ke publik.. Ya bisa aja kebetulan kok.. Lagian miripnya cuma sekilas, begitu juga untuk bagian depannya..

Yaudah yuk sekarang kita fokus bahas Ertiga nya aja guys..

Exterior

Totally New!! Semuanya baru,, grillnya, headlampnya, desain peleknya,  desain sampingnya, stoplamp dan buritannya.

all-new-ertiga-exterior4.jpg

detail exterior all new ertiga 2018

Fitur-fitur unggulannya seperti lampu utama projector, pelek R15, 2 sensor parkir belakang, LED stoplamp di spoiler, LED rear combination lamps with light guides (GX only), fog lamps (GX), smart entry (GX), electric and foldable mirror with turn signal lamps (GX).

Interior

Suzuki masih mempertahankan warna-warna cerah untuk interior Ertiga, tentu dengan desain yang berbeda karena ini adalah All New.

Dashboard terlihat baru, dengan desain yang mirip dengan Suzuki Swift Dzire. Kabin juga diklaim lebih lega, terlihat dari penambahan panjang dari generasi sebelumnya.

all-new-ertiga-interior3.jpg

interior all new ertiga 2018

Fitur-fitur unggulan interiornya apa saja? Bagasi yang lebih luas dari generasi sebelumnya, cup holder yang dilengkapi kisi-kisi AC untuk menjaga suhu minuman, kursi baris kedua dan ketiga yang bisa dilipas rata so memperluas kapasitas bagasi, 4 speakers, tilt steering, dual srs airbag, dan power outlet di baris pertama dan kedua. Khusus GX dilengkapi dengan start stop button, layar sentuh 6,8″, seat height adjuster.

all-new-ertiga-feature4.jpg

fitur all new ertiga 2018

Mesin

All New Ertiga diperkuat dengan jantung pacu 1.500 cc bertenaga 104,7 PS dan torsi 138 Nm. Tentu hal ini mengalami peningkatan dibanding mesin generasi sebelumnya yang hanya 1.400 cc bertenaga 92 PS dan bertorsi puncak 130 Nm.

Untuk menggandeng mesin tersebut, diberikan 2 pilihan transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi matik 4 percepatan.

 

all-new-ertiga-safety3.jpg

safety all new ertiga 2018

———

Ertiga terkenal dengan kenyamanannya. Untuk Ertiga baru ini, apakah masih tetap nyaman? Nah itu yang harus kita cari tahu… *brb ke showroom buat test drive.

Menurut teman-teman gimana All New Ertiga ini? Punya kans menghajar Xpander dan Avanza gak? Sampaikan di kolom komentar guys..


sumber: Suzuki Indonesia

Artikel lain:

Suka Duka 3 Tahun Bersama Hyundai Getz

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s