AutoPedia: Toyota Aygo, From Cute to Badass

Jangan sampai terkecoh, judul yang kalian baca benar, it’s Toyota Aygo, not Toyota Agya.

Toyota Aygo adalah sebuah city car mungil yang merupakan hasil kerjasama antara Toyota, Citroen, dan Peugeot. Seperti halnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Toyota Aygo pun memiliki kembaran yakni Citroen C1 dan Peugeot 107.

Toyota Aygo hadir dengan pilihan 3 dan 5 pintu, dan dengan pilihan transmisi matik dan manual.

————————————————————————–

Toyota Aygo generasi pertama (2005-2014)

Aygo pertama kali hadir pada tahun 2005. Desainnya bener-bener menggoda siapapun yang melihatnya..  Bagian depan/facia sekilas seperti melihat perpaduan Toyota Yaris generasi pertama dengan Toyota Avanza generasi kedua. Kap mesin seperti Yaris sedangkan headlampnya mirip Toyota Avanza facelift. Namun begitu menilik ke belakang, desainnya sangat berbeda dengan Yaris. Pintu bagasinya terlihat kecil dan full kaca, seperti layaknya Honda Brio.

toyota-aygo-08

 

 

Melongok ke dalam, interiornya pun tak kalah lucu dibandingkan dengan eksteriornya. Banyak detail menarik yang disemangatkan, seperti panel AC, lubang AC, dan speedometer.

toyota-aygo-01

Interior Aygo generasi pertama

 

Toyota Aygo memiliki dimensi pxlxt = 3405 x 1615 x 1465 mm , lebih mungil dibandingkan dengan Toyota Agya. Terdapat 2 pilihan mesin, yakni mesin bensin 1.000 cc dengan peak power 67 HP @ 6.000 rpm dan torsi 93 Nm @ 3.600 mm. Satunya lagi adalah mesin diesel 1.400 cc dengan peak power 54 HP @ 4.000 rpm dan torsi 130 Nm @ 1.750 rpm.

toyota-aygo-14

 

Aygo generasi pertama mengalami facelift sebanyak 2 kali yakni pada tahun 2009 dan 2012. Perubahan terlihat pada desain bumper depan dan pada stoplamp yang transparan, serta penggunaan Daytime Running Light (DRL) dan perubahan bumper pada 2012. Facelift tersebut membuat tampilan Aygo semakin lucu dan menggemaskan.

——————————————————–

Toyota Aygo generasi kedua (2014 – )

Akhirnya Toyota melakukan perombakan besar-besaran pada Toyota Aygo di tahun 2014. Konsep Toyota Aygo benar-benar berubah total. Bahasa desain yang diaplikasikan tak lagi lucu membulat nan menggemaskan, namun lebih tajam, agresif, dewasa, dan tampak beringas. Kalau dipikir-pikir, sama seperti perubahan konsep Toyota Yaris yang lucu membulat menjadi agresif dan sangar.

aygo1

Secara dimensi, body kompak nan mungil tetap dipertahankan pada generasi terbaru Toyota Aygo. Namun dari sisi desain sangat jauh berbeda. Lampu utama terlihat tajam dan agresif, ditunjang dengan model bumper yang juga serba menajam.

aygo5

Beralih ke body belakang, desain agresif dan serba tajam juga terlihat disana. Stoplamp memanjang dari atas ke bawah dengan lekukan kaku dan tajam. Pun  begitu dengan desain bumper belakang yang tampak sangat agresif.

aygo7

Interior Aygo generasi kedua

Suasana yang berbeda tampak terlihat saat masuk ke kabin. Interiornya memang sudah sangat berbeda dibandingkan dengan generasi pertama, namun kesan lucu dan menggoda masih terlihat di Aygo generasi kedua ini.

aygo3

Berbicara tentang fitur, tentu di generasi kedua ini Toyota Aygo telah dilengkapi dengan beragam fitur modern, sebut saja DRL, layar touchscreen, bluetooth connectivity, steering wheel controls, jok kulit, foglamp, kamera mundur, smart entry and start, dan climate AC. Tentunya tergantung type. Perangkat keamanan juga lebih mumpuni dengan adanya vehicle stability control (VSC), anty-lock braking system (ABS), hill start assist contol (HAC) dan SRS Airbag.

My Opinion

Mobil ini sangat menarik dari sisi bentuk dan body mungilnya cocok untuk dipakai di perkotaan. Daripada melakukan riset yang memakan banyak biaya, kenapa tidak ini saja yang dibawa Toyota ke Indonesia??? Tinggal ganti dengan mesin 1.200 dan penyesuaian di beberapa sisi seperti misalnya kaca pintu belakang dilengkapi power window. Iya kan??? Atau kalau enggak, posisikan di atas Agya sebagai pengganti Etios, iya gak??

 

Referensi
Betterparts 
Wikipedia
Carmag
Advertisements

4 thoughts on “AutoPedia: Toyota Aygo, From Cute to Badass

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s