Performa Mesin dan Konsumsi BBM, Masih Gahar dan Masih Irit-kah?? | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian

Performa mesin, inilah hal yang paling menjual dari Suzuki All New Satria FUFI ini. Hal ini terlihat dari poling di grup FB Suzuki All New Satria F150 FI, dimana sebagian besar owner memilih Satria FUFI karena performa mesinnya. Lalu, dengan performa yang besar, apakah berpengaruh signifikan terhadap konsumsi bbm FUFI?? Yuk kita bahas di artikel kali ini..

Performa Mesin

Dibekali dengan mesin DOHC 150cc 4 stroke, di atas kertas Suzuki All New Satria F150 FI mampu memuntahkan tenaga puncak hingga 18,2 HP @ 10.000 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm @ 8.500 rpm.

20170325_124917.jpg

mesin Satria F150 FI, sangar!!

Lalu bagaimana performa realnya di jalan?? Untuk flashback, baiknya baca dulu review gue tentang kelebihan dan kelemahan performa FUFI pada saat pertama kali gue menungganginya..

Kelebihan Satria FUFI (2): Performa Jempolan, Torsi Layaknya SOHC Overstroke, Power Layaknya Real DOHC

Saat baru-baru awal mengendarai, gue pede menyimpulkan kalau Satria FUFI ini memiliki karakter mesin perpaduan SOHC dan DOHC.. Mulai dari putaran bawah sampai dengan putaran atas, karakternya mengingkari kodrat DOHC yang biasanya lelet di awal dan baru nampol di putaran atas. Nah FUFI ini sejak awal udah nampol.

Kekurangan Satria FUFI (2): Gak Enak Dibawa Santai, Nyundul-nyundul

Saking nampolnya performa, gak ada sedikitpun kenyamanan yang didapat. Maksudnya gini, motor ini maunya diajak ngebut, sekalinya pelan doi nyundul-nyundul, badan jadi kesentak-sentak. Ngambek gak mau pelan.

Itu impresi awal saat gue baru memiliki si FUFI ini. Nah sekarang setelah 1 tahun kemudian, apakah mesin tetep beringas dari awal??

Kesimpulan gue masih sama.. Untuk performa mesinnya, masih bengis gan. Masih campuran SOHC dan DOHC. Dari putaran rendah sampai putaran tinggi, lo akan dimanjakan dengan keluaran power yang bengis untuk ukuran motor 150cc, apalagi bodynya kecil nan ringan.

Nafas antar giginya panjang. Buat dapetin 120an kmh mah gampang banget bray.. Di atas itu gue gak berani lagi, gue kendorkan gas setelah mencapai kecepatan tersebut. Banyak faktor yang membatasi:

  • Helm masih pake bawaan Suzuki, hiks.. <>
  • Jalan umum, walaupun di bypass yang jalannya lebar, 2 jalur, dan seringnya lengang, tapi tetep aja jalan raya gak bisa diprediksi
  • Ingat istri di rumah
  • Bannya enggak mendukung buat high speed. Apalagi di bypass / jalan lintas sumatera banyak kendaraan besar.

Gejala nyundul-nyundul gimana? Masih kerasa sih cuma enggak semasif dulu di awal. Entah motornya yang udah mulai jinak atau guenya yang udah bisa menjinakkan. Tapi emang sekarang jarang juga gue jalan selambat itu. Udah lewat masa inreyen broo..

Menurut gue, paling enak jalan santai di rpm 5000an dan di kecepatan antara 50-60kmh..

Mesin FUFI ini tergolong cukup cepat panas, makanya radiatornya aja segede gaban. Gue lumayan tersiksa saat terjebak di kemacetan dalam waktu yang cukup lama, ketika radiator belom bekerja, panas mesinnya lumayan, terutama di mesin bagian kiri..

Secara keseluruhan, gue puas banget dengan mesin FUFI ini. Udah setahun belom ada penurunan performa yang kerasa signifikan.. The Best lah!!

Any question about the engine??

Konsumsi BBM

“Motor kenceng mah udah gak peduli konsumsi bbm”, sebagian orang ada yang punya prinsip begini. Sebagian lagi tetep pertimbangin konsumsi bbm atau minimal pengen tahu lah berapa sih konsumsi bbm motor ini, motor itu.

Konsumsi bbm Suzuki All New Satria F150 FI ini, dulu gue udah sempet ngitungin dan hasilnya menurut gue termasuk irit untuk ukuran motor 150cc DOHC. Nembus 44,2 km/liter pertamax bro.. Edan irit kaaan?? Mengenai kondisi jalanan yang dilalui dan speed yang sering gue panteng, dll, dapat dilihat selengkapnya di artikel berikut:

Konsumsi BBM Satria F150 FI

Nah gimana setelah 1 tahun? apakah masih tetap irit???

Pertama gue sampaikan dulu, setelah masa inreyen, gaya berkendara gue enggak serapi pas masa inreyen dulu, yang hasilnya waktu itu konsumsi bbm bisa tembus 44,2 km/liter. Sekarang, kadang berkendara gue agresif apalagi kalau udah ngejar absen kantor biar gak telat. Maklum berangkatnya mefet terus wkwk..

20170408_150055.jpg

Satria F150 FI Red Predator

Saat jalanan ramai, gue pelan dong,, tapi saat kosong kadang yaa gak ngebut-ngebut amat, tapi kadang ngebut juga, kalau ngebut banget mah enggak. Seringnya sih di kecepatan 50-80 kmh ya.. Jarang banget diatas 80 apalagi di atas 100 kecuali terpaksa banget..

Rute yang dilewati juga berbeda dengan 1 tahun lalu. Tahun lalu gue masih kos di daerah Unand. Sekarang udah nempatin rumah dinas. Rute kali ini banyak lewatin jalan kecil berkelok dan ramai.

Oya, berat badan juga berpengaruh ya guys. Berat gue fluktuatif antara 57-60kg, tapi seringnya 58kg 😀 ..

Metode yang gue pakai masih sama, full to full. Gue isi penuh, gue setting tripmeter A di posisi 0. Setelah dipakai kesana kemari, balik ke pom bensin dan diisi Pertamax sampai penuh senilai Rp29.453 (per liternya Rp8.250). Jadi, gue telah menghabiskan pertamax sebanyak 3,57 liter. Saat itu, trip A menunjukkan 142,2 km jarak yang udah gue tempuh. (Pakai lupa fotoin lagi huff).. Nah berarti rata-rata perliternya dapet 39,83 km/liter..

Wah, sekarang gak sampai 40 km/liter.. Ya wajar sih karena gaya riding gue berbeda dan rute yang dilalui juga berbeda. Tapi masih tetep irit kaan untuk ukuran motor 150cc DOHC dengan performa gila?? 😀

Any question???

-CuapRider-

Advertisements

8 thoughts on “Performa Mesin dan Konsumsi BBM, Masih Gahar dan Masih Irit-kah?? | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian

  1. bang kok rasanya irit banget ya ane pake pertamax turbo pernah paling bener” irit itu cuma 32km/liter bingung nih bisa seboros itu padahal cuma dipake sehari” dan itung” jarang banget ngebut karena jarak rumah sekolah juga deket

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s