Kualitas Material Body, Cat, dan Stiker | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian

Chapter 2 guys..

Sebelumnya udah gue ceritakan impresi gue tentang headlamp, spion, dan bagasi Satria FUFI.

Baca: Headlamp, Spion, Bagasi | Review Suzuki Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian

Sekarang lanjut ya.. Yang mau gue bahas di tulisan kali ini adalah tentang kualitas material body, kualitas cat, dan kualitas stiker dari Suzuki Satria F150 FI.

Cekidot…

Kualitas Material Body

Beberapa konsumen sepeda motor terkadang menjadikan kualitas dari material body motor sebagai salah satu tolak ukur dalam menentukan pilihan. Kalau gue sebenernya enggak terlalu mempermasalahkan kualitas material body motor ini ya. Gue juga enggak pandai dalam memberi kesimpulan bahwa material body motor ini begini, motor itu begitu.

So, dalam hal menyatakan kualitas body Satria FUFI ini, gue tanya ke tukang cat body motor. Yang menjadi rujukan gue adalah Mas Abeng, pemilik bengkel cat motor Hitech di Kota Padang. Kebetulan gue ada urusan ke sana buat ngecat body belakang Esfi (Satria FUFI gue).

Mas Abeng ini udah belasan tahun membuka usaha bengkel cat sepeda motor di Padang. Berbagai jenis motor dari berbagai pabrikan pernah ditanganinya untuk urusan pengecatan, baik body maupun rangka. Dari pengalaman yang telah belasan tahun tersebut, tentu doi sudah tahu banget dong ciri khas material plastik body dari berbagai jenis pabrikan, termasuk di dalamnya Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki. Mulai dari motor jadul sampai motor kekinian.

IMG_20160326_174225

Lalu apa kata mas Abeng tentang material plastik body Satria F150 FI?

Kurang lebih seperti ini kesimpulan yang gue tangkap:

  • Kualitas material plastik body Suzuki Satria F150 FI setara dengan kualitas material plastik Kawasaki Ninja 250 FI (kebetulan saat itu ada Ninja 250 FI yang sedang dicatnya). Plastiknya lentur / elastis.. Keunggulannya, saat terjadi kecelakaan, plastik bodynya berisiko “pecah”.
  • Lalu sebagai pembanding, menurut Mas Abeng, kualitas material plastik Honda dan Yamaha cenderung serupa. Plastiknya lebih keras dibanding Suzuki. Kalau terjadi kecelakaan, plastik bodynya berisiko “hancur”.

Mana yang lebih bagus diantara keempatnya?? Nah silakan nilai sendiri ya dari apa yang gue tuliskan di atas.

Oya, satu lagi, sebagai orang yang udah megang banyak body motor mulai dari yang jadul sampai motor-motor keluaran terbaru, mas Abeng menyatakan kalau kualitas body motor jaman dulu lebih baik (kalau ini kayanya udah jadi rahasia umum ya hehe).

Kualitas Cat

Lanjut ke cat. Diluar warna, menurut gue kualitas cat Suzuki Satria F150 FI ini superb!! Dari Maret 2016 ke Maret 2017, udah 1 tahun masa pemakaian si Esfi. Selama satu tahun tersebut, Esfi telah banyak melewati berbagai kondisi jalanan.

Hujan sering dilalui, baik rintik maupun deras, yang mengakibatkan body dipenuhi dengan lumpur. Lumpur tersebut kadang nempel selama beberapa minggu karena si empunya malas mencucinya 😀 ..

Kondisi panas juga sering dirasakan. Apalagi di kantor sering kebagian parkir di tempat terbuka (tanpa atap) karena si empunya sering kesiangan wkwk.. Ditambah, kondisi Kota Padang yang panasnya luar biasa..

Debu, kantor gue berada persis di samping jalan bypass. Dan selama 6 bulan pertama, rute bypass sejauh 8 km menjadi rute sehari-hari. Tahu sendiri kan jalan bypass tu dimana-mana menjadi jalan perlintasan dari kendaraan-kendaraan besar dan terkenal dengan debunya yang bisa bikin iritasi mata.

Setahun melalui kondisi seperti itu, ternyata tak membuat cat Satria FUFI cepat pudar. In my humble opinion, sampai sekarang cat merah dan hitamnya masih bagus. Apalagi sesaat setelah dicuci, beeuh kelihatan banget bagusnya, mengkilat, bisa buat ngaca guys.. Hehehe..

Di sisi cat, gue acungi jempol buat Suzuki..

Kualitas Stiker

Pada chapter kedua ini, Stiker adalah hal terakhir yang akan gue bahas. Di sini gue gak akan membahas terkait livery / desain stikernya. Itu akan gue bahas belakangan. Tapi di sini yang akan gue tonjolkan adalah sisi kualitasnya.

Suzuki terkenal akan kualitasnya yang enggak main-main di semua bagian. Baik dari mesin sampai hal-hal kecil seperti stiker ini.

Kalian pernah gak ngelupasin stiker di body motor tapi butuh usaha ekstra? Semisal stikernya yang terlalu tipis, ngelupasinnya susah, stikernya menyatu dengan plastik body motor, sehingga perlu alat bantu untuk ngelupasin stiker semisal korek api dan minyak kayu putih. Pernah ngalamin kaya gitu??

Nah, Sekitar setengah tahun sejak pembelian FUFI, gue mengalami kebosanan akan stiker FUFI. Gue pun memutuskan untuk melepas stiker dari bodynya.

IMG_20160308_181341

Susahkah memisahkan stiker dari body FUFI? Haruskah menggunakan alat bantu seperti korek api dan minyak kayu putih? Jawabannya –> mudah, nggak perlu korek api, dan minyak kayu putih hanya untuk finishing.

  • Stiker FUFI ini tebal, asli tebal.
  • Warnanya juga tetap terjaga sampai saat gue mengelupasnya, enggak pudar.
  • Proses mengelupas stiker dari body motor mudah banget. Hanya perlu sedikit usaha pake kuku di ujung stiker. Setelah ujung stiker terbuka, dengan mudah gue mengelupas sampai ke ujung terakhir. Sampai terangkat seluruhny.a, stiker masih dalam keadaan utuh, enggak sobek lho.
  • Terakhir, proses pembersihan menggunakan minyak kayu putih hanya untuk sisi-sisi bekas stiker aja.

Fiuh,, panjang juga yah postingan gue,, padahal baru bahas 3 hal doang di postingan ini hehehe.. Yaudah deh, segitu dulu aja yaaa.. Pantengin terus buat review sisi lainnya dari si cantik Suzuki Satria F150 FI. Ciao..

Advertisements

One thought on “Kualitas Material Body, Cat, dan Stiker | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s