The Beginning | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian

Suzuki Satria F150 FI.

Suzuki Satria F150 FI (atau orang sering menyebutnya FUFI) telah menemani aktivitas dan hari-hari gue selama 1 tahun. Berbagai kondisi telah gue lalui bersama, Lambat, ngebut, hujan, panas, genangan air, stop and go, long ride, macet, jalan mulus, jalan bumpy, off road, dan lain-lain. 1 tahun bukan waktu yang singkat buat gue untuk mengenal si kuda besi ini. Ribuan kilometer telah dijalani bersama. Kelebihan dan kelemahan dari motor ini gue udah lumayan paham.

satria_c3.jpg

Suzuki Satria F150 FI merah hitam

Setelah 1 tahun pemakaian ini, banyak yang mau gue tuangkan di tulisan. Kalau orang bilang, “sharing is caring”. Di antara pembaca sekalian mungkin banyak yang bimbang untuk memilih motor 150cc yang katakanlah di dalamnya termasuk Satria F150 FI. Apalagi kalau tinggal 2 pilihan, Satria atau Sonic. Tulisan gue ini enggak akan membahas tentang Honda Sonic 150r karena emang belum ada pengalaman menaikinya. Tapi, tulisan mengenai Satria F150 FI ini mungkin akan memberi sedikit gambaran, gimana sih FUFI? Cocok enggak sih sama karakter gue?? Nah, untuk tahu tentang Sonic atau motor kelas 150cc lainnya, bisa dicari di sumber lain ya.. Oke??

Yang akan gue bahas bukan hanya performa mesin atau handling saja, tapi banyak. Mulai dari hal-hal kecil yang sering dilupakan seperti spion sampai dengan hal-hal yang sering dibahas seperti performa mesin. Nanti kita bahas semuanya yaa.. Kalau ada yang terlewat dari apa yang gue sampaikan, teman-teman bisa request. Kalau gue bisa, gue akan sampaikan juga hehe..

20160716_095109

Review harian All New Satria F150 FI (FUFI)

Sebelumnya, gue telah membahas tentang performa mesin, konsumsi bbm, beberapa kelebihan dan kekurangan dari motor ini, bisa dilihat di artikel berikut:

Nah, setelah satu tahun pemakaian, beribu-ribu kilometer dilewati, apakah impresi gue akan tetap sama? Nantikan artikel-artikelnya yang akan mulai gue tampilkan malam ini hehehe..

So stay tuned ya guys.. Artikel tentang review Satria F150 FI (FUFI) akan bermunculan di blog ini. Gue menyebutnya, Review “tidak ada dusta di antara kita”. Gue akan blak-blakan aja. Kalau bagus gue bilang bagus, kalau jelek ya gue bilang jelek. Enggak ada kepentingan apapun di sini. Murni review dari seorang user yang bukan fanboy.

Sekilas tentang motor Satria dulu yuk.

Satria.

Dalam dunia permotoran, nama Satria merupakan salah satu nama besar, khususnya di Indonesia. Satria merupakan produk dari Suzuki berjenis cub atau bebek. Awal kemunculannya, Satria menggunakan mesin 2 tak 120cc yang terbukti kentjhang. Untuk motor bebek, Saat itu Satria lah yang terkencang. Satu-satunya yang bisa menyaingi keganasan mesin Satria di kelas bebek mungkin hanya Yamaha Y125Z, itu pun karena motor CBU dan unitnya langka di Indonesia.

Ketika era 2 tak mulai ditinggalkan, Suzuki merancang Suzuki Satria F150 bermesin 4 stroke 150cc. Dari model bebek, beralih ke Ayago alias Ayam Jago. Lagi-lagi, untuk motor bebek, motor ini merupakan yang terkencang. Bahkan sport batangan di kelas 150cc 4 stroke juga dipecundanginya. Selama sekitar 10 tahun, Suzuki menyematkan teknologi karburator pada Satria F150. Modelnya juga begitu-begitu saja. Facelift yang dilakukan enggak mengubah desain secara keseluruhan. Mungkin karena tidak ada pesaing di kelasnya, ayago atau bebek sport 150cc.

Baru pada tahun 2016, teknologi ditingkatkan menjadi Fuel Injection. Performanya yang awalnya kencang dibikin lebih kencang lagi. Suzuki Satria F150 FI. Upgrade tersebut harus dilakukan Suzuki karena kemunculannya Honda Sonic yang lebih modern dan dilengkapi dengan teknologi injeksi.

 

Advertisements

6 thoughts on “The Beginning | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian

  1. nitip pertanyaan kang, mbonceng dibelakang enak apa nggak, pengalaman yang karbu, motor sejenis, nggak ada yang enak, joknya sempit.. saya ngidam juga soalnya kang..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s