Data AISI 10 Motor Terlaris Februari 2017, Kok Vixion Hilang?

Berita rutin tiap bulan yang kehadirannya selalu ditunggu khalayak ramai, khususnya kita-kita motorbike enthusiast. Yap, apalagi kalau bukan data AISI distribusi motor dari produsen ke dealer. Banyak yang meragukan keabsahan larisnya motor ke konsumen hanya karena data tersebut belumlah penjualan akhir ke konsumen. Tapi ingat, distribusi sepeda motor tentunya berdasarkan permintaan konsumen. Jadi pasti ada hubungan antara distribusi produsen ke dealer dengan penjualan dari dealer kepada konsumen.

Kembali ke laptop, bulan Januari, sepeda motor Honda BeAT menduduki peringkat pertama sepeda motor terlaris, sama seperti bulan-bulan sebelumnya, atau bahkan tahun-tahun sebelumnya. Nah, di Februari 2017 ini bagaimana penjualannya, apakah tersalip motor lain? Atau tetap menduduki puncak klasemen sementara 2017? Ini dia jawabannya.

motorcomcomblogspot

credits to motorcomcom.blogspot.com

1. Honda BeAT Series: 152.703 unit;
2. Honda Vario Series (termasuk 110 cc, 125 cc dan 150cc): 98.132 unit.
3. Honda Scoopy: 46.301 unit;
4. Yamaha Mio M3: 23.638 unit;
5. Yamaha NMAX: 13.825 unit;
6. Yamaha Soul GT: 12.761 unit;
7. Honda CB150R StreetFire: 11.591 unit;
8. Honda Revo: 11.570 unit;
9. Yamaha Fino: 11.238 unit;
10. Honda Supra X 125: 8.998 unit.

Tetap!! ya, Honda BeAT masih belum bisa dikalahkan motor apapun. Selisih dengan peringkat kedua pun terpaut sangat jauh, begitu juga dengan peringkat ketiga. Nah, podium semuanya diraih Honda, yakni BeAT Series, Vario Series, dan Scoopy.

Di nomor 4-6 baru diduduki trio Yamaha, yaitu Mio M3, Nmax, dan Soul GT.

Dari 10 motor tersebut, hanya 2 pabrikan yang mendominasi, Honda dan Yamaha. dan 7 dari 10 motor tersebut adalah motor matik. Jadi kalau Kawasaki dan Suzuki mau motornya hadir di peringkat 10 besar tersebut, buatlah motor matik dengan mesin yang irit (ini mutlak), harga murah, perawatan murah, desain tentunya harus keren, dan fitur-fitur bejibun akan memberikan nilai plus yang menggoda. Konsumen di kelas matik komuter tak memerlukan spesifikasi mesin mumpuni, cukup yang tadi gue sebutkan, terutama tingkat keiritan.

Peringkat 1-6 tersebut seluruhnya motor matik, satu lagi motor matik ada pada posisi 9, yaitu Yamaha Fino.

Di posisi 7 nongol satu-satunya motorspot, tak lain tak bukan adalah jagoan Honda di kelas sport, yaitu Honda CB150R. Dalam 2 bulan terakhir, penjualannya sukses mengalahkan kedigdayaan Yamaha Vixion yang telah berkuasa di kelas sport 150cc selama hampir 10 tahun.

motor-red

Yamaha New Vixion Advance

Lalu kemana Vixion? Bukan hanya kalah oleh CB150R, tapi juga hiang dari daftar. Kenapa?? Mungkin konsumen sudah lelah dengan desainnya yang itu-itu saja, hanya minor facelift aja terus tiap tahun. Bisa juga karena konsumen menunggu New Vixion yang bentuknya sudah beredar luas di internet. Selain bodynya yang baru, mesinnya juga disinyalir baru dan lebih powerful.

2 wakil dari bebek juga mencatatkan namanya di posisi 8 dan 10, yaitu Honda Revo dan Honda Supra X 125, dua-duanya Honda.

Bagaimana pertarungan sport 250cc, sport 150cc dan bebek sport 150cc? Mari kita tunggu informasi yang akan menyusul berikutnya.

 


Sumber: Detikoto

Advertisements

One thought on “Data AISI 10 Motor Terlaris Februari 2017, Kok Vixion Hilang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s