Konsumsi BBM | GSX-R150 vs CBR150R vs YZF R15

Bagi sebagian orang, mungkin konsumsi bbm is not a big deal, bukan hal yang penting-penting amat. Terutama mereka yang mengutamakan performa. Namun bagi sebagian lagi, konsumsi bbm itu penting. Kalau ada motor dengan performa handal dan juga irit, wah seneng dong hehe.. Contohnya Satria FUFI, motor ini punya performa ciamik tapi konsumsi bbm tetap irit. Untuk pemakaian dalam kota, konsumsi bbm FUFI gue di kisaran 1:42 – 1:44. Irit kan? Nah, sebelumnya sudah gue bandingkan performa Suzuki GSX-R150 vs Honda CBR150R vs Yamaha YZF R15, sekarang kita beralih ke konsumsi BBM. Kira-kira siapa ya yang paling irit?

all-new-cbr150r-di-jejerin-suzuki-gsx-r150-6

Adalah pihak Otomotifnet yang telah melakukan pengujian akan konsumsi BBM dari 3 motor sport fairing 150 cc 4 stroke ini. Biasanya, yang paling kencang paling boros. Sebaliknya, yang paling lambat yang paling irit. Benarkah demikian?? Berikut hasilnya:

1488361581_komparasi-akselerasi-suzuki-gsx-r150-vs-cbr150r-vs-r15

Lihat konsumsi bensin di row paling bawah dari tabel tersebut. Siapakah teririt?

Ternyata paling irit adalah Honda CBR150R dengan konsumsi bbm 42,4 km/liter. Inilah salah satu alasan kenapa Honda laris manis. Bikin motor dengan performa bagaimanapun, konsumsi bbmnya tetap teririt. Perfoma CBR150R ada di urutan tengah diantara ketiganya, namun bisa irit bensin.

yzf-r15_blue-gp-edition_b

Teririt kedua adalah Yamaha YZF R15 (versi lama / yang sekarang dijual) dengan konsumsi bbm 38,2 km/liter. Secara performa, motor ini adalah yang paling lambat. Wajar karena mesinnya pun masih SOHC. Tapi ternyata, menjadi yang terlambat nggak menjamin menjadi yang teririt.

Motor teririt ketiga alias yang paling boros diantara ketiganya adalah Suzuki GSX-R150 dengan konsumsi bbm 35,5 km/liter. Ini wajar, karena performa GSX-R150 memang paling dahsyat diantara ketiganya.

Kesimpulan:

Bila kalian ingin tampil keren tapi tetap mengutamakan keiritan bbm, paling tepat Honda CBR150R.

Bila kalian ingin tampil keren dan merasakan sensasi real DOHC tanpa peduli tingkat keiritan, jawabannya tentu Suzuki GSX-R150.

R15 saat ini dalam posisi yang kurang menguntungkan. Kalah di performa, kalah juga di keiritan. Tapi kalian pecinta Yamaha, tenang, sebentar lagi akan keluar Yamaha All New R15 dengan desain keren yang benar-benar ditambah spesifikasi perfoma yang mumpuni.

Advertisements

2 thoughts on “Konsumsi BBM | GSX-R150 vs CBR150R vs YZF R15

  1. eco riding R15 pake pertalite dapet 1:49an kok, ngebut2 dapet 1:45, pake premium beda dikit juga. sudah hapal sama keiritan ni motor, jenis mesin sohc overstroke nya bener2 untuk efisiensi. yang 1:38 itu entah gimana cara dia ridingnya.

    Like

    • nah itu yang masih menjadi misteri bro haha… FUFI ane aja antara 1:42 – 1:44 kok.. GSX-R150 kalau ane yg bawa mungkin bisa di 1:40.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s