Setelah CB150R dan CBR150R, Kini Honda CBR250RR pun Menguasai Penjualan di Kelasnya

Hola bro. Masih hangat nih data yang dikeluarkan oleh AISI terkait dengan distribusi sepeda motor dari pabrikan ke dealer, yang mana merupakan pencerminan dari permintaan konsumen juga. Tahun 2017 diawali Honda dengan menguasai semua segmen yang diikutinya. Matic (sudah tentu), bebek, dan terakhir kelas motosport berhasil digenggam oleh Honda. Mulai dari naked 150 cc, full fairing 150 cc, dan terakhir full fairing 250 cc dengan CBR250RR nya.

Di segmen sport full fairing 250 cc, ada 3 pemain utama yang bersaing memperebutkan hati konsumen. Kawasaki dengan Ninja 250 FI nya, Yamaha dengan YZF R25 nya, dan terakhir Honda dengan CBR250RR nya.

variant3

Honda CBR250RR

Hadir dengan desain yang menawan, power terbesar, dan fitur terlengkap di kelasnya, ternyata menjadikan CBR250RR sebagai ancaman nyata di kelas 250 cc. Bagaimana tidak, selama ini Ninja lah yang selalu meraih posisi teratas dalam hal penjualan. Tiba-tiba datang si new kid on the block dan merusak pesta Ninja.

ninja-250-grn-new

Kawasaki Ninja 250 FI

Berikut hasil penjualan kelas 250 cc full fairing

  1. Honda CBR250RR            1.408 unit
  2. Kawasaki Ninja 250 FI        653 unit
  3. Yamaha YZF R25                  278 unit

Honda CBR250RR menyikat lebih dari setengah penjualan di kelas ini. Sejak dijual akhir tahun 2016, Honda CBR250RR selalu memimpin penjualan.

Kalau berkaca pada kasus R25, di awal kemunculannya R25 sukses menjungkalkan Ninja. Perlahan tapi pasti, Ninja kembali mengejar ketertinggalannya dan pada akhirnya kembali menjadi raja di kelas sampai datang CBR250RR. Bisa saja Ninja akan kembali memimpin penjualan, tapi sekarang persaingan lebih ketat.

Valentino-Rossi-Yamaha-R25-4

Yamaha YZF R25

Ninja 250 FI yang dijual saat notabene sudah cukup berumur. Konsumen sepertinya sudah menuju titik jenuh akan Ninja yang begitu begitu saja. Kalau ingin kuenya diambil kembali, tentu Kawasaki harus membenahi Ninja semenarik mungkin, baik dari segi fitur, performa mesin, handling, maupun desain.

Begitu juga dengan Yamaha R25 yang sepertinya perlu dipercepat penggantian modelnya. Desain yang ada saat ini dinilai kurang merepresentasikan sebagai bagian dari klan R. Pengaplikasian sasis deltabox tentu akan menjadi nilai tambah yang sangat bagus untuk menarik minat konsumen. Tentunya dengan fitur-fitur canggih lain seperti misalnya suspensi Up Side Down. Jangan lupakan juga peningkatan powernya perlu untuk dilakukan.

Sementara, mari kita lihat persaingan dalam waktu dekat ini. Apakah di bulan Februari Honda CBR250RR akan tetap berkuasa? Mari kita tunggu sama – sama.. Ciao..


Sumber: tribunnews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s