Semakin Digdaya, Honda menguasai 77,81% Penjualan Sepeda Motor Nasional

Dahulu, Honda sempat bersaing dengan sengit melawan rival-rivalnya, terutama Yamaha. Tapi sekarang, prestasi Honda dalam penguasaan pangsa pasar jauh meninggalkan rival sesama Jepangnya tersebut. Berdasarkan data AISI Januari 2017, terjual sepeda motor dari pabrikan ke dealer sebanyak 473.879 unit, dan Honda kembali menunjukkan bahwa mereka adalah penguasa pasar. Tak tanggung-tanggung, sekarang sudah mampu menguasai 77,81%. Gak kebayang kalau nanti PCX dilokalkan, bisa-bisa 4/5 kue dimakan Honda. Terlalu nih Honda.

Berikut prestasi lengkap dari masing-masing pabrikan yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI):

  1. Honda: 368.739 unit (77,81%)
  2. Yamaha: 94.117 unit. (19,86%)
  3. Kawasaki: 7.370 unit. (1,56%)
  4. Suzuki: 3.511 unit. (0,74%)
  5. TVS: 142 unit. (0,03%)

Honda kembali menjadi pilihan hampir 80% konsumen. Rasanya sekarang mustahil mengejar penjualan Honda. Kuncinya adalah meraih pasar matik, dan Honda sudah terlalu kuat dengan trio matic andalannya, yakni Beat, Vario, dan Scoopy.

Yamaha semakin memprihatinkan dalam hal penjualan. Yamaha R25 semakin tergerus penjualannya setelah kemunculan CBR250RR. R15 semakin jauh tertinggal dari CBR150R, apalagi saat ini ada new kid on the block, Suzuki GSX-R150. Yang paling memprihatinkan adalah sang raja sport, Yamaha V-Ixion sudah menemui takdir kekalahannya melawan CB150R. Yamaha harus segera menelurkan versi NEW dari ketiga motor itu.

new-cb150r-merah3

Honda New CB150R, raja baru segmen motorsport

Kawasaki yang memang tidak terlibat di segmen motor matik, bebek, dan sport entry level, wajar kalah jauh dari Honda dan Yamaha. Namun saat ini singgasana Ninja 250 FI telah direbut oleh CBR250RR. Sebagai spesialis motorsport premium, Kawasaki harus segera menyusun rencana.

Suzuki, setelah tahun lalu mengeluarkan All New Satria F150 FI, tahun ini telah meluncurkan 2 produknya di kelas sport 150cc, yakni GSX-R150 dan GSX-S150. Dilaunching bulan Januari, kedua produk tersebut belum menunjukkan tajinya. Kita juga belum bisa membandingkan apple to apple dengan kompetitor karena kehadirannya bukan dari awal Januari. Bulan Februari baru mulai bisa terbaca prestasi aslinya. Jangan lupa, tahun ini Suzuki juga telah berencana menggelontorkan 8 motor baru yang diharapkan menjadi titik kebangkitan Suzuki Indonesia. Minimal bisa mengejar penjualan Kawasaki lah.

Menebak 8 Motor Baru Yang Akan Digelontorkan Suzuki di Tahun 2017

Pemain pelengkap, TVS hanya terjual 142 unit. Yang sabar TVS, ini ujian dari Tuhan, memang mengecewakan. 😀 😀

 


Sumber: detik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s