Lamanya Menantikan Plat Nomor Kendaraan

Satu hal yang paling ngeselin saat membeli motor baru adalah perihal terbitnya plat nomor. Padahal, plat nomor adalah satu kelengkapan wajib kita dalam berkendara. Tanpa plat nomor resmi, kita bisa ditilang oleh polisi. Tapi kenapa begitu lama menanti plat nomor? why oh why?

Sudah banyak cerita orang tentang lamanya menantikan plat nomor kendaraan. Di tahun 2016, gue pun mengalaminya. Ketika meminang Satria FUFI dari dealer, gue diberitahu pihak dealer kalau plat nomor kemungkinan jadi tahun 2017. What??? Gue tanya alasannya kenapa, dan mereka hanya bisa menjawab “enggak tahu bang, dari samsatnya begitu”.

Hari berganti minggu, minggu berganti bulan. Bulan Desember 2016 plat nomor akhirnya sudah bisa diambil di dealer. Lebih cepat dari perkiraan awal yang diprediksi baru bisa diambil tahun 2017. Tapi dari Maret sampai Desember juga lama kan, 9 bulan guys. Ini nunggu plat nomor keluar atau nunggu bumil melahirkan ya? :V


Gue mencoba mencari tahu alasan lamanya menunggu plat nomor baru. Ada satu jawaban yang menarik yang gue peroleh dari blog kaskushotthread , salah satu komen disana menyebutkan seperti ini:

“dulu pernah tanya ma bapak ane gan kok bisa lama gitu bikinnya.. ,beliau jawab klo gak salah begini ,plat motor nya itu yg bikin di jakarta bukan bahannya gan yg abis tapi plat yg ada cap samsatnya (klo yg asli pasti ada kayak logo samsat di kiri bawah plat) yang abis secara itu ada alat khusus nya dan itu mahal makanya di urus di pusat yg di jakarte ,klo ntar tiap samsat ada bisa bengkak apbn nya wkwk. Nunggu antri an nya yg lama itu bayangin aja se indonesia bikin plat pantes bisa lama… nah kenapa kok gak tiap provinsi ada satu aja kan gak membengkak tuh ,katanya mengurangi tindakkan KKN aparat samsat gan jamannya”

Dibandingkan alasan lain semisal langkanya bahan untuk membuat plat nomor, sepertinya alasan di atas lebih masuk akal. Bukan plat nomornya yang langka, tapi antrian untuk membuat cap samsatnya, dimana alatnya hanya ada di pusat.

Tapi, sebenernya hal itu pun menurut gue masih belum memuaskan ya. Semahal apa sih alatnya sehingga tidak dilakukan pengadaan di daerah dengan alasan penghematan anggaran?

Masalah plat nomor ini seharusnya bisa teratasi dengan mudah karena bukanlah isu besar. Tapi sepertinya belum mendapat perhatian berarti ya dari pihak yang berwajib..

Btw, ada yang tahu pasti kenapa begitu lama menunggu plat nomor? Atau mau kasih masukan ke pemerintah? 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s