Komparasi Top Speed Yamaha All New R15 vs Honda CBR150R vs GSX-R150

Top speed adalah salah satu bahasan yang sangat menarik bagi banyak pecinta sepeda motor di Indonesia. Dan sejauh ini memperhatikan isu-isu di dunia permotoran nasional, banyak dari kita yang justru lebih bergairah untuk berdebat perihal top speed dari motor dengan kubikasi mesin 250cc ke bawah. Jarang sekali yang meributkan tentang top speed moge merk A dibanding merk B. Iya atau iya? Nah, seminggu terakhir kita disuguhkan parade test drive 2 dari 3 kompetitor motor sport fairing 150cc , yakni Yamaha All New R15 dan GSX-R150, yang akan berseteru dengan Honda CBR150R.

untitled-1

Sebelumnya, gue telah menulis artikel tentang Yamaha All New R15 dan Suzuki GSX-R150 di Sentul pada artikel berikut:

Wow!! Top Speed All New R15 di Sentul

Edan!!! Ini Dia Top Speed Suzuki GSX-R150 di Sentul 

Dari hasil test minggu lalu tersebut, top speed R15 2017 yang berhasil didokumentasikan adalah 144 kmh sedangkan GSX-R150 148 kmh. Tercatat bahwa top speed GSX-R150 memiliki kecepatan puncak yang lebih tinggi dibandingkan R15 model year 2017. Tapi apa itu benar? Padahal peak power R15 MY 2017 sedikit lebih tinggi dibandingkan GSX-R150.

Sedangkan Honda CBR150R sampai saat ini gue belum menemukan hasil test yang sepadan, artinya juga dilakukan di Sentul seperti R15 dan GSX-R150. (Kalau ada yang punya info top speed Honda CBR150R di Sentul besar, kabarin ya guys)

Otomotif sempat mengetes top speed CBR150R di Sentul, tapi itu pun di Sentul kecil dengan top speed 133kmh (sumur). Selain itu, terdapat juga hasil tes yang menunjukkan top speed CBR150R adalah 147 kmh, tapi tempat tesnya belum diketahui apakah di sentul atau bukan.

top-speed-CBR150R-vs-GSX-R150-vs-YZF-R15-macantua.com_-768x768.jpg

Namun, berapapun hasil test yang tercantum di speedometer masing-masing motor, gue cuma ingin menyampaikan:

Dont believe speedometer!!

Kenapa? Tentu kita semua sudah tahu kalau angka di speedometer bukanlah angka real kecepatan yang berhasil diperolah. Angka di speedometer selalu dibuat lebih kencang dengan alasan safety. Dan tak terdapat standardisasi berapa persen penyimpangan angka di speedometer dengan realnya. So, masing-masing pabrikan punya standar berbeda. So, di motor A 100 kmh belum tentu di motor B juga 100 kmh, bisa lebih bisa juga kurang.

Lalu bagaimana untuk mengetahui bahwa pengukuran top speed sepeda motor telah dilakukan dengan akurat?? Gini sob:

  1. Tentu lintasan yang dipakai harus sama. Karena panjang lintasan akan mempengaruhi top speed, jadi kalau lintasan sama tentu adil kan.
  2. Rider harus orang yang sama. Naaah, beda rider, beda juga top speed nya. Tergantung berat tubuh dan skill si rider. Jadi biar adil harus orang yang sama kan.. Jangan lupa juga, orangnya harus netral, jangan fanboy merk tertentu, xixixi..
  3. Lakukan test berulang-ulang untuk tiap-tiap motor.
  4. Kondisi motor harus fit seluruhnya, termasuk juga isi dan jenis bbm di tangki.
  5. Motor harus standar tingting.. Jangan diganti apapun termasuk ban. Soalnya kan ini ceritanya ngetes performa motor standar.
  6. Gunakan race logic atau alat sejenis untuk mengukur speed yang sesungguhnya, bukan berpatokan pada speedometer. Seperti yang udah gue jelasin di atas, deviasi speedometer tiap-tiap motor berbeda, jadi gak bisa berpatokan ke speedometer.
  7. Ada yang mau menambahkan???

Nah, jadi gitu guys… Untuk top speed R15 dan GSX-R150, walaupun sama-sama dilakukan di Sentul, tapi tentu gak apple to apple kan. Terutama sekali karena patokan kita adalah speedometer, bullshit itu.. :V :V .. Belum lagi faktor-faktor lainnya 😀 ..

Tapi gue yakin nih,, nanti akan tiba waktunya entah majalah otomotif atau motorplus atau pihak lain ada yang melakukan test terhadap keseluruhan perfoma terhadap 3 motor itu. Kita tunggu aja ya guys.. Tapi nanti kalau jagoannya kalah jangan baper yaa.. :V

Advertisements

10 thoughts on “Komparasi Top Speed Yamaha All New R15 vs Honda CBR150R vs GSX-R150

  1. Pingback: Melihat Langsung Suzuki GSX-R150, Memang Kurang Oke Desainnya | CuapRider

  2. Pingback: Suzuki GSX-R150 vs Honda CBR150R vs Yamaha YZF R15, The Story | CuapRider

  3. Saya pemakai All new CBR 150r. Pada saat seminggu saya menggunakannya saya mencoba top speed. Dan hasil kecepetan saya dapat 133kmh. Pada saat masuk service pertama. Top speednya bertambah menjadi 145kmh sampai saat ini.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s