Kenangan Bersama Suzuki Skywave

Suzuki Skywave adalah motor matik pertama gue. Skywave menjadi milik gue awalnya bukan karena kesengajaan. Namun karena saat itu emang gak ada pilihan lain 😀 ..

Oktober 2011, gue menerima SK penempatan kerja ke Kupang, NTT. Gue yang sejak tahun 2005 gak bisa lepas dari yang namanya sepeda motor, langsung berniat mencari motor bekas untuk operasional gue. Saat itu, Jupiter MX generasi pertama yang udah menemani gue selama 6 tahun (November 2005 – Oktober 2011) gue pulangkan ke rumah di Brebes.

Keberuntungan berpihak ke gue. Ketika gue dipindahkan ke Kupang, ada satu orang pegawai di Kupang yang dipindahkan ke Kendari sehingga harus menjual barang-barangnya, termasuk motornya. Motor Skywave biru yang dibeli tahun 2009 akhirnya dilepas ke gue dengan mahar 9,5 juta (dicicil sampe Februari 2012 tanpa bunga 😀 ).

Dengan Suzuki Skywave, gue lalui 2 tahun kebersamaan (Oktober 2011 – November 2013). Kebersamaan gue berakhir ketika gue melanjutkan pendidikan di Jakarta. Namun banyak kenangan terukir selama 2 tahun tersebut. Sebelum ke Jakarta, gue jual Skywave dengan mahar IDR 7,5 juta..

Karena hilangnya foto-foto skywave di laptop lama gue yang rusak, so gue pinjam foto skywave orang yang warnanya sama. 😀

Suzuki Skywave Warna Biru

Suzuki Skywave Warna Biru – ViralKonten.com

Weekday, gue pake buat operasional ke kantor. Weekend, gue pake buat memanjakan kesenangan gue menjelajah indahnya pulau Timor. Bukan hanya jalan aspal yang dihajarnya, tapi juga jalan offroad ketika menjelajah tempat-tempat eksotik di Kupang dan sekitarnya. Pernah juga motor ini membantu gue kabur dari kejaran anjing galak,, haha, salah satu kenangan tak terlupakan.

Sedikit review gue tentang motor ini.

Mesin

Dengan mesin 125cc, motor ini cukup powerful di jamannya. Tarikan awal berasa agak berat, tapi di rpm menengah, tenaga motor mulai berasa. Di awal, kadang tarikan skywave kalah sama adeknya, Spin, tapi setelah rpm pertengahan baru deh ngacir. Gue gak tahu sih apa semua skywave emang karakter mesinnya begini atau karena motor ini kurang perawatan sebelumnya? Kalau gue sih rutin servis di bengkel resmi Suzuki.

Desain

Di jamannya, motor ini menurut gue merupakan salah satu yang tercantik. Apalagi lampu belakang sudah LED, keren kan?! Entah kenapa gue merasa matik Suzuki jaman itu lebih cantik dibanding matik Suzuki sekarang.

Handling

Saat itu, gue juga sering menaiki matik lain kepunyaan temen-temen gue. Ada Honda Vario 110, ada Suzuki Spin, dan satu lagi Honda Beat. Dibanding motor-motor itu, Skywave yang menurut gue handlingnya paling enak. Gak seringan Spin atau Beat sih, tapi lebih stabil, lebih mantep di lurusan.

Kenyamanan

Dengan jok yang lebar dan empuk, serta shock belakang ganda, sudah bisa dibayangkan kenyamanan yang didapat dari menaiki motor ini. Menurut gue nyaman banget sih di jamannya.

Dengan diameter pelek 16 inchi, alhasil Skywave ini lebih tangguh melewati jalanan jelek dibandingkan dengan matik lainnya yang cuma 14 inchi. Nyamannya dapet, tangguhnya juga dapet. NTAPS!!

Fungsi

Motor ini punya bagasi yang lumayan besar di bawah joknya, bisa untuk menaruh helm dan belanjaan. Tapi agak susah buat bawa galon di dek nya. Soalnya dek motor ini bertulang seperti halnya Yamaha Aerox 155. Pun walau begitu sebenernya masih bisa sih bawa galon, cuma agak susah aja dibandingkan matik dengan dek rata.

Konsumsi BBM

Nah ini salah satu kelemahan / kekurangan Suzuki Skywave. Boros minyak. Gue gak pernah sih ngukur konsumsi bbm per liternya, tapi yang gue tahu, gue sering menyambangi pom bensin padahal mainnya juga gak jauh-jauh amat 😀 ..


Itu beberapa hal yang masih gue ingat dari si tangguh Suzuki Skywave. Sayangnya gue hanya punya sedikit foto-fotonya dan itu pun terbenam di laptop gue yang rusak, hiks…

Ada yang punya kenangan juga dengan Suzuki Skywave??

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s