Komparasi Desain All New YZF R15 vs CBR150R vs GSX-R150

Dulu, Son Goku adalah adalah satu-satunya saiyan di bumi. Lalu, muncul Vegeta dengan kekuatan yang lebih besar melakukan invasi. Son Goku pun terus berusaha meningkatkan pesonanya hingga akhirnya berubah menjadi super saiyan yang lebih keren dari Vegeta. Belum lagi tiba-tiba muncul Broly yang memang memiliki kekuatan terbesar. Seolah menjadi paling inferior, Vegeta pun akhirnya berubah jadi super saiyan dan siap menantang 2 super saiyan lain, in term of performance and look. Sekilas gambaran dari persaingan Honda Son Goku vs Yamaha Vegeta vs Suzuki Broly :V ..

Begitulah saudara-saudara. Diantara R15 (current), CBR150R, dan GSX-R150, saat ini sepertinya R15 lah yang paling genting kondisinya. Lihat CBR150R, desainnya bener-bener keren, R15 (current) kalah di sisi ini. Mau ngandelin power apalagi, terutama dengan adanya GSX-R150 yang gap powernya lumayan jauh lebih besar dibanding R15 dan CBR150R. Maju kena mundur kena kan R15. Apalagi desainnya udah lama banget, orang-orang udah pada bosan kali.

untitled-1

Yamaha pun berbenah, dan telah mengubah total desain R15, tak lupa mesinpun diganti dengan tenaga dan torsi yang lebih powerful.. Sedaaaap..

Sekeren apa desain Yamaha All New YZF R15 dibandingkan dengan Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150? Yuk kita sandingkan.

Tampak Depan

Wajah-wajah baru akhirnya menghiasai kelas sport fairing 150cc.

Diantara ketiganya, CBR150R (gambar kiri) adalah yang pertama kali muncul. Desainnya revolusioner, sangat berbeda dengan pendahulunya. Khas tren motor sekarang, motor ini dibekali dengan headlamp yang sipit ciamik nan garang dengan lampu LED. Sekarang bodynya terlihat lebih ramping dibanding pendahulunya. Satu yang banyak disesalkan oleh user dan penikmat motor adalah ukuran visornya yang terlalu mungil, sehingga mengurangi kenyamanan saat berkendara membelah angin karena angin banyak mengenai rider.

Berikutnya muncul Suzuki GSX-R150 (gambar kanan). Dulu sekali, Suzuki pernah menghadirkan Suzuki FXR 150cc. Namun saat itu harganya terlalu tinggi, masuk ke jajaran motor-motor eksklusif. Setelah bertahun-tahun lamanya, hadirlah GSX-R150 di awal tahun 2017 ini. Sport fairing 150cc dari suzuki ini telah lama dinanti-nantikan oleh para pecinta dunia permotoran, terutama para pecinta suzuki. Khas Suzuki, setia menggunakan single headlamp. Basis desainnya serupa dengan headlamp Satria FUFI, sudah LED juga tentunya. Di satu sisi, suzuki konsisten dengan konsep motornya. Tapi di sisi lain, banyak pemerhati otomotif yang menyesalkan idealisme suzuki. Karena saat ini, sudah jadi rahasia umum kalau sport fairing dengan dual headlamp lebih disukai konsumen.

Yang muncul terakhir adalah Yamaha All New YZF R-15. Agak susah mendapatkan foto R15 dari sisi depan, akhirnya nemu di blog Madev. Setelah beberapa kali terpantau spyshotnya, akhirnya kita bisa melihat bentuk gamblang dari motor keren ini. Dilihat dari depan asli keren. Headlamp sudah pas, tak sebesar pendahulunya. Ukuran fairing juga terlihat lebih pas sekarang, gak kebesaran seperti sebelumnya. Headlamp All New R15 ini ternyata menimbulkan beberapa pro kontra. Ada yang menganggapnya meniru CBR600RR, terutama di bagian headlamp dan airscoop. Menurut gue sendiri emang ada sedikit kemiripan, tapi dikit doang, sekilas.

Menurut penilaian gue, tampak depan R15 2017 adalah yang terkeren, disusul oleh CBR150R dan terakhir GSX-R15.

Tampak Samping

Dilihat dari pinggir, Honda CBR150R (gambar atas) terlihat tajam tapi masih mengalir dengan indah dari depan sampai ke belakang. Tapi masih dinamis, tak sekaku Yamaha. Sudut kemiringan knalpot juga terlihat senada dengan body bagian belakang. Dua hal yang mengganggu adalah cover di bawah tangki yang menghubungkan fairing ke buntut yang terlihat maksa, dan decal yang terlalu rame.

Suzuki GSX-R150 (gambar bawah) terlihat lebih sederhana, apa adanya. Tak terlalu banyak sudut-sudut tajam.. Calon-calon desain long lasting kaya Satria F150 nih. Banyak lekukan-lekukan yang membuat, body pun mengalir dinamis dari depan ke belakang. Stiker minimalis juga menambah kesan sederhana tapi mewah. Sudut kemiringan knalpot juga terlihat senada dengan body belakang. Sayangnya, cover penutup rangka terlihat norak (imho), dan jok penumpang menjulang tinggi seperti R15 current.

Terakhir R15 2017 (gambar kanan). Dari samping, motor ini juga masih terlihat keren. Khas Yamaha, banyak sudut tajam. Stripingnya juga simple tapi mewah. Tumben nih, biasanya striping Yamaha rame dan norak wkwk.. Tapi entah kenapa desainnya terlihat terlalu kaku, kurang mengalir. Satu hal lagi yang kurang oke adalah knalpot yang sudut kemiringannya tak senada dengan body bagian belakang.

Dari samping ini menurut gue paling membingungkan mana yang paling indah. Tapi kalau harus memilih, urutannya masih sama seperti tampak depan. R15 2017, disusul CBR150R, dan terakhir GSX-R150.

Tampak Belakang

Melipir ke belakang, Honda CBR150R (gambar kanan, klik untuk melihat gambar full) tampil dengan agresif, beda jauh sama pendahulunya yang kalem. Gak bisa komen banyak gue di sini, keren.

Suzuki GSX-R150 (gambar tengah), sisi belakang juga didesain dengan minimalis. Oya, jangan terkecoh dengan bentuk spakbor yang gede, karena sebetulnya bagian bawah spakbor bisa dicopot sehingga akan tampak desain spakbor yang lebih eye catching. Desainer suzuki memikirkan pengendara di belakang. Ketika musim hujan, sebaiknya ekstensi dari spakbor ini dipasang sehingga cipratan air ke belakang tidak terlalu banyak. Musim kering, bolehlah dicopot biar lebih kece.

Yamaha R15 2017, sisi belakang mengadopsi desain kakaknya, yakni R6 dan R1. Tetep keren juga.

Di sisi belakang ini, menurut gue Honda CBR150R yang paling eye catching, kemudian R15 yang kalah tipis, dan terakhir GSX-R150.

Dashboard

Tampak atas di bagian dashboard, gue lebih menyukai dashboard Suzuki GSX-R150 (gambar tengah) yang simple dan rapi, tak ada kabel-kabel yang mengganggu mata. Area dashboard juga padat, tidak kopong.  Desain yokenye juga keren, mirip Satria FUFI.

Tempat kedua menurut gue diduduki oleh R15 (gambar kiri). Bentuk yoke unik, seperti mengadopsi desain moge. Tapi sayang kabelnya berantakan dan terlihat kopong.

Tempat ketiga diduduki CBR150R (gambar kanan). Terlihat paling biasa dibanding yang lain. Agak kopong tampak dari atas, kabel pun berantakan.

GSX-R150 > All New R15 > CBR150R

Kesimpulan

Hadir terakhir, in my humble opinion Yamaha All New YZF R15 mampu menyuguhkan desain yang paling keren dibandingkan dengan kompetitor. Disusul di tempat kedua adalah Honda CBR150R yang desainnya revolusioner dibandingkan pendahulunya. Di tempat ketiga adalah Suzuki GSX-R150, Suzuki memang sering menghadirkan desain simple tapi biasanya long lasting. Semua tergantung selera masing-masing, jadi tidak ada BC diantara kita.

Yamaha_R15_Detail_2017_DP_2.jpg

Advertisements

6 thoughts on “Komparasi Desain All New YZF R15 vs CBR150R vs GSX-R150

  1. Pingback: Komparasi Spesifikasi Yamaha All New R15 vs Honda CBR150R vs Suzuki GSX-R150 | CuapRider

  2. klo ane lbih suka desain gsx yg simple&kalem,r15 menurut ane krg di headlamp atas kya tempelan gitu sm knalpot yg kurang keatas tpi itu semua ditutupi sm fitur2 yg komplit..

    Like

  3. Pingback: Suzuki GSX-R150 vs Honda CBR150R vs Yamaha YZF R15, The Story | CuapRider

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s