Yamaha All New YZF R-15, Desain Cantik Tenaga Brutal

Boooom!! Akhirnya terpampang jelas tampang motor yang paling dinanti-nantikan di awal tahun 2017 ini. Motor yang spyshotnya menghebohkan blogsphere roda dua. Motor yang sudah lama dinanti-nantikan oleh para pecinta otomotif, wa bil khusus sepeda motor, dan terutama para pecinta Yamaha, serta tak boleh lupa disebut adalah para fanboy 😀 .. Ya!! Yamaha All New YZF R-15 telah diperkenalkan Yamaha ke publik.

Dengan membawa Rossi dan Vinales, R-15 diperlihatkan secara utuh dan terbuka kepada publik. Tak perlu lagi berjuang dapetin spyshot ngejar motor ini di jalanan. Tak perlu lagi diam-diam fotoin supaya gak ketahuan test ridernya. Gamblang sekarang!! Keren! Jos!

All-New-Yamaha-YZF-R15-black-doff-hitam.jpg

Yamaha memang sudah terlalu lama mempertahankan R15 yang sekarang beredar. Padahal kompetitor sudah beberapa kali ganti model. Apalagi secara penjualan, CBR150R semakin jauh meninggalkan R15. Tragis!!! Predikat raja sport yang telah dibangun Yamaha selama bertahun-tahun runtuh oleh kedigdayaan Honda.

Bukannya tak indah, tapi current R15 ini sudah lama dikritik oleh konsumen. Mulai dari posisi duduk boncenger yang ketinggian, tangki yang kekecilan, headlamp dan fairing yang kegedean, serta mesin yang masih setia dengan SOHC.

Yamaha seakan cuek dengan suara konsumen. Tapi ketika kue sudah semakin sedikit kebagian, Yamaha akhirnya berbenah dan mulai mendengar suara konsumen.

Dan hasilnya —-> All New YZF R-15. Hadir dengan desain dan mesin yang 100% baru.

DESAIN

Tengoklah desainnya, cantik bak peragawati.. Sisi yang disayangkan oleh konsumen dibenahi. Lihat saja posisi boncenger yang sudah lebih “manusiawi”, tangki yang lebih berotot, headlamp yang sipit, dan fairing yang lebih proporsional. Sedangkan sisi positif tetap dipertahankan, seperti rangka deltabox yang memang favorit pecinta motorsport, dan juga banana swing arm yang tak dijumpai di motor kompetitor.

Cicilan-Yamaha-R15-baru-2017.jpg

FITUR

Tak kalah penting adalah fitur-fitur advance yang kini dibenamkan. Sebut saja suspensi up-side down (USD), desain pelek yang lebih keren, ukuran ban yang lebih gambot, speedometer full digital, lampu LED, dan yang paling rame yang saat ini jadi pro dan kontra adalah fitur assisted slipper clutch. Fitur anti selip saat perpindahan gigi. Banyak yang menganggap fitur ini sebenernya nggak perlu untuk motor cc kecil. Menurut gue sendiri, asal bisa mengurangi harga jual sebaiknya sih gak usah dibenamkan ya, gak penting-penting amat imho. Tapi kalau ada fitur tersebut harga jualnya tetep, ya baguslah 😀 …

Speedometer-full-digital-Yamaha-All-New-R15-2017-Indonesia.jpg

MESIN

Mesin totally new, sekarang kapasitas mesin dinaikkan menjadi 155cc. Ditambah teknologi VVA seperti halnya di Yamaha Nmax, bikin motor lebih bertenaga tetapi mampu mempertahankan keiritan. Mesin baru ini diklaim mampu menyemburkan tenaga 14,2 kW (19,3 dk) @10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm @8.500 rpm. Jauh meningkat dibandingkan mesin sebelumnya. Bahkan paling powerful dibandingkan kompetitor, termasuk GSX-R150 yang powernya 14,1 kW (19,1 dk).

Fitur-Yamaha-R15-baru-2017.jpg

Meski benar-benar baru dan powerful, namun banyak yang menyayangkan kenapa masih menggunakan SOHC, bukan DOHC seperti rival-rivalnya, CBR150R dan GSX-R150. Mungkin secara kebutuhan, SOHC VVA ini udah lebih dari cukup. Tapi untuk gimmick marketing, walau bagaimanapun DOHC lebih menjual dibandingkan SOHC, dengan VVA sekalipun. Karena motorsport identik dengan mesin DOHC.

SOOOO

Produk ini memang belum dilempar ke pasaran, baru diperkenalkan ke publik. Keran penjualan sendiri kemungkinan akan dibuka pertengahan tahun ini ( Juni / Juli). Namun, walau baru launching, tapi sepertinya motor ini mampu mengganggu penjualan CBR150R yang saat ini digdaya, dan bisa membuat GSX-R150 layu sebelum berkembang, dan bahkan bisa menghambat penjualan current R-15 karena calon pembeli menahan uangnya untuk menebus si cantik All New YZF R-15 ini. Tapi siapkan duit lebih ya, karena rumornya harganya naik dari harga current R15, mungkin 3-4 juta lebih mahal, bisa 34 juta nih. Kita tunggu info resminya.

Ngopi dulu yuk.. #srupuuuuuut


thanks autonetmagz for the pics

Advertisements

5 thoughts on “Yamaha All New YZF R-15, Desain Cantik Tenaga Brutal

  1. Pingback: Ini alasan kuat mengapa motor chopper seperti harley davidson itu lebih jantan daripada motor fairing . | Mengupas soal motor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s