Standar Baru di Kelas 250cc itu Bernama Honda CBR250RR

Euforia kehadiran Honda CBR250RR udah mulai redup, naah ini saatnya gue yang bahas, biar gak mainstream. Ah Alesan aja lu bro, padahal udah sebulanan males nulis, wkwkwkwk… ehemmm,, CBR250RR,, para pecinta otomotif pasti udah tahu betapa menggemparkannya motor ini.. Sampai yang kontra Honda pun banyak yang mengapresiasi. Ya kalaupun nggak tersirat atau tersurat, seenggaknya dalam hati, iya kan? ngaku aja deh, haha..

Desain Honda baru-baru ini memang jauuuh lebih kece dibanding biasanya.. Sebut saja CB150R, CBR150R, Sonic, Supra GTR.. Yang selain tampilan kecenya, ternyata di pasar mampu memimpin di kelas masing-masing. Lalu bagaimana dengan CBR250RR?

variant3.jpg

Honda CBR 250 RR .. Foto: AHM

Honda CBR250RR, produknya sendiri memang belum dijual ke pasaran. Namun memang telah diperkenalkan oleh AHM dan semua penggemar otomotif pasti udah tahu tongkrongannya kayak gimana. Walau cuma di gambar, kaya gue :V … Berbagai kelebihan di CBR250RR yang gak dijumpai di rival nampaknya bakal jadi standar baru motor kelas 250cc. Yuk kita bahas satu persatu..

Mesin

Hadir dengan mesin 250cc 2 silinder, CBR250RR siap menuntaskan misi yang sebelumnya gagal dilakukan pendahulunya untuk menguasai pasar kelas 250cc, CBR250R single cylinder.. Di kelas sport fairing 250cc, motor 1 silinder sepertinya memang kurang diminati oleh konsumen di Indonesia.. Bisa kita lihat Kawasaki Ninja 250 mono, secara desain keren banget, tapi penjualan seret.

Selain jumlah silinder, kegagalan CBR250R di pasaran bisa karena faktor power yang kurang gahar dibanding Ninja 250FI atau R25. Nah CBR250RR memang belum dirilis secara resmi spesifikasi power dan torsinya. Namun rumor mengatakan tenaganya bakal lebih besar dari R25, di kisaran 37HP. Namanya masih rumor memang belum pasti bakal segitu. Tapi gue yakin, walau katakanlah misalkan powernya ada di antara Ninfi dan R25 pun, itu gak bakal terlalu berpengaruh ke penjualan.. Kenapa gue bilang begitu? Bisa kita lihat Ninfi yang power dan torsinya lebih kecil dari R25, tapi penjualan di pasar nasional tetap mendominasi.

Desain

Luar biasa, ternyata versi masspro motor ini sama plek dengan versi konsepnya. Ini salah satu nilai tambah yang bikin calon konsumen menetapkan pilihan ke CBR250RR.. Seperti yang pernah gue bahas di artikel terdahulu, untuk desain sebenarnya gue masih pilih Ninja 250FI yang terbaik, diikuti new CBR ini, baru R25. Tapi desain Ninja udah sejak 2012 bro, bosan juga kaan dilihatnya. Nah kalau berbicara masalah detail desain, gue nobatkan CBR250RR sebagai yang terbaik di kelasnya.. Gilaa, moge banget detilnya coy.. Yang paling gue demen model jok penumpang, beuuh sadeees.. Satu lagi yang unik bro, bentuk knalpotnya,, wew…

Fitur

Ini dia keunggulan paling utama dari CBR250RR. Ini yang bikin motor kompetitor terlihat inferior. Gimana enggak, fitur-fitur moge dijejelin sama motor kelas 250cc.. Ini kan angin segar buat mereka yang pengen punya motor sekeren moge tapi dengan harga, pajak, dan (mungkin) biaya perawatan yang jauuh lebih terjangkau. Fitur yang paling menggoda bisa jadi adalah suspensi upside down (USD). Ninfi dan R25 masih teleskopik,, jelas CBR250RR menang di sini,, udah kaya moge coy.. Selain tampilan, kinerja USD juga lebih mumpuni dari teleskopik. Lah KTM RC250 kan pake USD? itu menurut gue “beda segmen” bro, gue bahas terpisah entar… Selain USD, fitur moge lainnya adalah throttle by wire dan riding mode. Menggiurkan gak??

Harga

Selain spesifikasi mesin, ini juga yang masih belum resmi dirilis. Kalau menurut rumor sih untuk non ABS antara 63jt-68jt, dan yang ABS 69jt-73jt.. Yuk berdoa semoga lebih murah lagi, haha…Memang lebih tinggi harganya dibanding kompetitor. Ya namanya juga Honda, kalau speknya setara aja lebih mahal, apalagi kalau jauuh lebih “rasa moge”,, 😀 😀 ..

Citra Merek

Ini tak kalah penting dibanding fitur segudang dan desain.. Tantangan terbesar Honda di sini adalah bagaimana menaklukan kedigdayaan Kawasaki Ninja 250 FI. “Ah Honda pasti dengan mudah menguasai market 250cc, secara Honda gitu lho, punya nama besar“.. eiitttss belum tentu masbro.. Ingat, Yamaha juga punya nama besar yang hanya mampu dikalahkan Honda di Indonesia. Bengkel Yamaha ada dimana-mana, spesifikasi R25 juga lebih unggul dibanding Ninfi, terutama performa mesin.. Nah buktinya penjualan R25 masih jauh di bawah Ninfi.. Yaa awal-awal sempat jadi batu sandungan, tapi sekarang kembali menjadi “kerikil”..

komparasi1-kalibrasi-.jpg

Di sinilah yang mau gue tekankan.. Walaupun Honda punya nama besar secara umum, tapi untuk kelas sport jangan remehkan hebatnya nama besar klan Ninja.. Sana tanya deh orang awam, kalau liat motor fairing pasti nyebutnya Ninja.. Orang bini gue aja nyebut “Ninja” untuk semua motor berfairing, haha.. Untuk mereka yang ngerti motor pun,, nama Kawasaki selalu mempunyai tempat tersendiri untuk urusan motor-motor premium…

Tapi kalau nanti ternyata CBR250RR sanggup mengkudeta kedigdayaan Ninja 250FI,, wah siap-siap aja kompetitor bakal mengupgrade habis-habisan andalannya.. Karena CBR250RR udah menciptakan standar baru di kelas 250cc..

Untuk tahu pertarungan sesungguhnya,, mari kita tunggu sampai CBR250RR dijual resmi.. Sementara sruput kopi dulu masbro, keburu dingin.. *sruuuuuup aaaaaaah*

spek.jpg


biasa, pinjem fotonya wak haji TMCblog.com

Advertisements

3 thoughts on “Standar Baru di Kelas 250cc itu Bernama Honda CBR250RR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s