R15? Bukan Lawan Sepadan CBR150R

Lu biker?? Pasti tau dong Yamaha YZF R6. Salah satu motor yang banyak diimpikan biker. Salah satu motor yang sering dijadikan acuan modif. Dan bagi gue, motor yang menduduki peringkat 2 yang gue idam-idamkan saat pertama kali gue demen dunia permotoran, jaman SMA tahun 2004. R6 mau dilihat per part atau keseluruhan tetep keliatan kerennya.. Saking kerennya, desainnya diturunin ke adiknya sama Yamaha, yakni Yamaha YZF R15.

Kalau kita lihat detail per part, R15 ini keren!!!! Lihat aja frame deltabox, swing armnya model banana macam moge, terus buritan dan stoplampnya juga cantik benerrrr desainnya.. Tapi dilihat keseluruhan baru deh keliatan aneh.. Tongkrongannya kaga proporsional bro.. Headlamp yang gede banget, fairing yang kegedean, tangki kekecilan, sama buntut nungging banget. Kocak kalau liat boncenger R15 di jalan, tinggi beneeeer jadinya wkwk..

kompare-cbr150r-lokal-vs-yamaha-r15-14.jpg

Secara desain, R15 ini sebenernya masih bejaban lawan CBR150 lawas. Menurut gue malah masih lebih keren dibanding CBR150R lawas, baik yang lokal (K45) maupun thai punya. Apalagi kalau lihat per part, beeuuuh R15 banget lah yang menang. Tapi CBR lawas menangnya di body yang gambot bak moge dan dari depan ke belakang bodynya lebih proporsional.

Entah ada apa dengan Honda, yang tiba-tiba melakukan major facelift ke CBR150R nya.. Usia si K45 atau sebagian bilang CBR 150 lokal masih relatif muda, secara penjualan juga lebih unggul dibandingkan R15. Tapi tiba-tiba Honda bikin All New CBR150R. Cuma emang bener-bener keren bener si All New CBR150R ini. Desainnya fresh, sangat berbeda dengan yang sebelumnya, dan mesin pun 100% baru, common part sama Sonic, Supra GTR, dan CB150R.

58d7804856d7fcc62ed8e06ea051589a_f2719

Banyak yang bilang kalau Honda CBR150R ini desainnya keluar dari pakem Honda. Honda yang biasanya main kalem di desain, eeeeh tiba-tiba ngeluarin All New CBR150R yang racy abis. Sudut-sudutnya tajam, agresif, dan kekinian. Malah banyak yang bilang desainnya “Yamaha” banget..

Honda yang dulunya terkesan motor bapak-bapak, sekarang malah lebih bisa ngertiin konsumen dibanding brand lain. Akui saja lah bro.. Tidak ada FB-FBan diantara kita. Honda telah berubah bro..

Nah, YZF R15 dibandingkan dengan All New CBR150R ini jadi kaya butiran debu broo.. Udah kalah di penjualan, kalah juga di desain, baik di detailnya maupun desain keseluruhan.. No offense bro, cuma itu yang terlihat di mata gue dan gue yakin di mata banyak orang juga. Yamaha ini kok makin lama makin cuek ya sama selera pasar.. R15 ini model lama, eeeh kaga diganti-ganti.. Sama juga kaya Vixion, desainnya udah lamaa tetep dipertahanin. Kena batunya deh sekarang, penjualannya mampu disalip CB150R yang lebih fresh desainnya.

All-New-CBR-150-R-VS-YZF-R15-4-1.jpg

Balik ke R15 vs CBR150R. Untuk 2 motor ini, gue gak nemuin lagi keunggulan desain R15 selain swing arm banana dan frame deltaboxnya. Itupun gak mengubah kedudukan secara keseluruhan, CBR150R > R15. Tangkinya pas, fairingnya juga pas, jarak antara jok rider dengan boncenger juga lebih manusiawi, terus desain pelek juga lebih kece.

Gue bukan fanboy Honda, gue juga bukan fanboy Yamaha. Tapi hati gue lebih lekat ke Yamaha sebenernya, karena kebetulan motor pertama gue yang dibeliin bokap juga Yamaha. Gue nulis gini bukannya BC, cuma berbicara fakta aja bro. Juga harapan supaya Yamaha bisa bikin next R15 jauh lebih kece dari R15 sekarang, juga dibanding All New CBR150R.

 

 

Advertisements

9 thoughts on “R15? Bukan Lawan Sepadan CBR150R

  1. Tumben ortunya beliin motor Yamaha, bkn Honda kyk bapak2 kebanyakan a.k.a bapak2 sejuta umat, wkwkwkwkwkwkkkkkkkk………

    Like

  2. Oya, jadi lupa deh… Emang R15 jelek! Fairing dan head lamp kegedean, tangki kekecilan, swingarm-pun sebenernya kepanjangan tuh. Pokoknya gak proporsional deh. Aneh aja kok msh ada yg mau beli. Ya… masalah selera sih, tiap org emang bakal beda2 seleranya. Kalo CBR150R yg terbaru saya mau beli, tp dgn catatan itu buatan Honda Thailand.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s