CBR250RR Akan Susah Melawan Kedigdayaan Ninja

Ada yang lagi ngincer Honda CBR250RR?? Siap-siap bro, motor ini akan segera brojol tahun ini. Kehadiran CBR250RR semakin ditunggu karena menurut beberapa bocoran, spesifikasi mesin maupun fitur bakal di atas kompetitor. Wow!!

Berdasarkan terawangan wak haji Taufik, CBR250RR akan menggunakan mesin 250cc dua silinder paralel. Honda akhirnya nyerah kasih mesin single silinder di kelas 250cc yang bikin produknya numpuk di gudang, ngoahaha.. Nah, mesin 250cc 2 silinder paralel ini isunya bakal mampu hembusin power 37HP yang berarti terbesar di kelasnya. Saingan terdekat dari segi power ya cuma Yamaha R25. Dari segi power sudah pasti yang terbesar dibanding kompetitor saat ini.. Kecuali Ninja 250cc 2 silinder dan R25 juga melakukan perombakan besar-besaran di sektor mesin. Sedangkan Ninja 250 4 silinder kita kesampingkan dulu bro, beda segmen…

CBR250RR.jpg

Okay,, mesin udah unggul ya, sekarang di sektor lainnya gimana nih??? Menurut wak Haji Taufik juga,, CBR250RR ini bakal dijejali banyak fitur-fitur kekinian yang biasanya kita jumpai di motor besar nih bro.. Sebut saja yang pertama Upside down fork (USD). Waaah, pertama nih di kelas 250cc, Ninja dan R25 kaga punya nih. Langkah bagus dilakukan Honda nih. Siapa sih motorbike enthusiast yang gak demen fitur ini? Selain bikin performa shock lebih baik, dari segi estetika juga sangat mendobrak tampilan. Tambah kekar bro!!

Berikutnya ada fitur ride-by-wire. Apa itu ride-by-wire? Gue kutip dari beritagar nih..

Pada motor-motor konvensional, pengendalian throttle (bukaan gas) dilakukan oleh kabel baja pilin yang menghubungkan grip gas dengan klep kupu-kupu (throttle butterfly) atau karburator (pada mesin karburator). Jika kita mendadak membuka gas lebar-lebar maka mesin biasanya akan mati (stall) karena ia menerima aliran udara besar yang datang mendadak.

Nah, menggunakan teknologi ride by wire gejala matinya mesin karena bukaan gas mendadak itu bisa dihilangkan karena tidak ada lagi kabel baja pilin yang menghubungkan grip gas dengan klep kupu-kupu.

Pekerjaan kabel baja pilin tersebut digantikan oleh sinyal elektronik yang dikirimkan oleh sebuah transponder kepada unit kontrol elektronik (ECU) mesin ketika pengendara memutar grip gas. Sehingga walaupun pengendara mendadak membuka gas besar, klep kupu-kupu tidak akan sontak terbuka lebar karena bukaannya tetap diatur oleh ECU.

Selain tidak terjadi gejala mesin mati mendadak, kelebihan lainnya motor jadi lebih stabil akselerasinya dan bisa lebih menghemat bahan bakar. Tapi ada kelemahannya juga nih bro, soalnya feel berkendara jadi kurang karena komputer banyak ikut campur nih. Mungkin sama kaya yang dirasakan om Vale nih yang gak suka MotoGP terlalu banyak dikendalikan komputer sekarang.

Sumber: wak Haji Taufik

Sepertinya cukup menjanjikan ya CBR250RR ini.. Apalagi dari gambar-gambar yang beredar di internet, memang desain si CBR250RR cukup revolusioner.. Jauh lebih sporty dibandingkan dengan CBR250R yang sekarang beredar, yang kesannya terlalu kalem..

Oke gue akuin keren nih CBR250RR ini.. Tapi berdasarkan feeling gue nih,, tetep belum bisa meruntuhkan kejayaan Ninja 250cc.. Kalaupun bisa yaaa mungkin cuma bertahan beberapa bulan aja.. Bisa disamakan lah dengan saat pertama kali kehadiran R25.

ninja-250-grn-new

Berdasar analisa gue, Ninja bakal tetap digdaya, kenapa? Pertama sudah pasti nama besar Ninja yang sudah mengakar di benak masyarakat,, Ninja itu udah paling populer deh di kelas sportbike.. Lalu nama besar Kawasaki yang memang lebih fokus di kelas motor-motor premium.. Sedangkan Honda terkenal dengan matiknya, dulu bebeknya 😀 😀 .. Lalu masalah desain juga, mungkin masih banyak yang beranggapan desain Ninja masih lebih kece, termasuk gue.. Itu Ninja yang sekarang ya, belum Ninja facelift nanti. Ya memang Kawasaki hampir gak pernah gagal bikin desain yang menakjubkan dan long lasting.. Lalu terakhir masalah pricing nih, dengan fitur sebegitu banyak diperkirakan harga CBR250RR memang di atas kompetitor.. Malah kalau mepet-mepet ke Ninja ZX25R bisa dikepret bolak balik nih sama ZX25R dan Ninja 250FI.

Setelah melewati minimal 2 tahun dengan si FUFI nanti, gue berencana buat naik kelas ke sport 250cc,, dan sampai sekarang target gue untuk 250cc masih dari klan Ninja.. Hidup Ninja!!!

Advertisements

14 thoughts on “CBR250RR Akan Susah Melawan Kedigdayaan Ninja

    • itu salah satu cara meruntuhkan nama besar ninja,

      salah satunya jugd dgn pelayana bigbikenya

      nama besar ninja itu karena org awam,

      bukan oleh org yg ngerti motor banget

      Like

      • itu yg dimaksud,

        org awan tanya, motornya ninja yach mas??

        padahal merknya r25,

        makanya perlu dinaikin oleh si boy biar org awam kenal cbr

        Like

      • tahun2 pertama kehadirannya masih susah bersaing menurut ane… Tapi berhubung Honda dananya gede, terus promosi dimana2…Lambat laun bisalah nyaingin Ninja, tentunya desainnya jangan sampai mengecewakan.. Kalau R25 nurut ane masih susah bersaing secara desain lawan Ninja..

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s