Punya Motor Kencang Bukan Berarti Harus Ngebut

Di dunia per-biker-an khususnya di Indonesia,, entah kenapa top speed selalu menjadi topik yang hangat bahkan cenderung panas.. Bukan hanya motor batangan bergenre sport, motor matic pun tak luput dari target membanding-bandingkan top speed dengan kompetitor sekelasnya.. Sepenting itukah???

Saat remaja, orientasi gue adalah speed.. Terkenal motor terkencang (dengan harga terjangkau), gue minta dikadoin Satria F150 ke bokap di ulang tahun yang ke 17. Tapi impian tinggal impian, bokap beliin Jupiter MX 135LC. Sedikit kecewa memang karena sadar motor gue kalah kenceng dibanding Satria F150. Biar sedikit bisa mengimbangi, si MX gue jejali part-part racing seperti knalpot racing, kopling manual (waktu itu belum keluar MX kopling manual), naikin kompresi bensin, dll. Kelar modif, gue berasa punya motor terkencang. Di jalan pun suka bawa motor sembarangan, ngebut, seolah-olah jalanan punya nenek gue. Top speed yang pernah tergali antara 130-140kpj, sebelum akhirnya terjungkal ndlosor tak berdaya gara-gara gak bisa mengendalikan motor.

Seperti halnya anak remaja yang masih labil emosinya, begitulah pikiran gue dulu, kecepatan itu penting!! banget!! Dan mengendarai motor di jalanan layaknya di sirkuit mempunyai kenikmatan tersendiri.. Sedaaaaap..

Iklan.png

Tapi itu duluu,, semakin dewasa gue semakin sadar kalau ngebut di jalan adalah hal sia-sia.. Selain berbahaya buat diri gue sendiri, juga sangat berbahaya buat orang lain.. Jalanan lengang apalagi lurus memang tampak seperti “surga” buat para biker khususnya pecinta kecepatan, tapi justru sebenarnya itu adalah “neraka” terselubung.. Ya, kecelakaan hebat yang menimpa gue bukan di jalanan yang sesak dengan kendaraan. Justru di jalanan lurus dan sepi yang memancing hasrat buat menggali potensi maksimal sepeda motor..

Udah seyogyanya semakin dewasa umur seseorang, juga semakin dewasa juga tingkat pengendalian emosinya.. Seharusnya semakin sadar juga jalanan umum bukan buat gaya-gayaan, buat pamer kecepatan, pamer skill, dan lain sebagainya.. Malu sama umur bro!! Tapi anehnya masih banyak orang yang secara usia sudah dewasa, tapi secara perilaku persis kaya bocah baru gede, macam gue SMA dulu.. Nah ini yang gue heran,, kok bisa udah setua itu masih berpikiran kaya bocah wkwk.. Kalau di lintasan beda lagi ya bro.. Tapi ini banyak yang masih suka menggali top speed di jalan raya. Entah itu anak muda walaupun udah dewasa, itu jelas salah.. Dan apabila pelakunya orang dewasa, itu lebih memalukan bro! Jadi yang suka menggali top speed di jalanan umum, pikirin keluarga di rumah ya bro,, pikirin juga lu udah siap menghadap Tuhan atau belum .. :V …

sirkuit.jpg

gambar pinjem paperiders

Bukannya menghakimi para pecinta kecepatan bro, karena gue juga di lubuk hati yang terdalam adalah speed freak.. Cuma sebaiknya kita sadar diri tes top speed di jalan umum itu rawan banget.. Kalaupun sepi, gimana tiba-tiba kalau ada kucing atau ayam nyebrang? Atau lebih mengerikan lagi anak kecil nyebrang, atau emak-emak pake matic tiba-tiba nyelonong dari gang sempit ke jalan raya dengan enaknya (biasalah tipikal emak-emak, penguasa jalanan). Apalagi kalau rame,, bisa disumpahin pengguna jalan lain lu bro.. Gue aja sering nyumpahin orang-orang yang bawa motornya serampangan, wkwk..

Kalau punya hasrat menggali kecepatan mending melipir ke sirkuit aja,, kalau mau yang lebih aman cukup main dino aja coy :V :V …

 IMG_20160308_181341

NB: Satria Fufi gue maksimal gue geber hanya 100 kmh itu pun karena ngejar absen biar gak telat.. Kalau normalnya gue suka bawa kisaran 40 – 80 kmh aja bro. Yuk sama-sama jaga sikap di jalan..

Advertisements

7 thoughts on “Punya Motor Kencang Bukan Berarti Harus Ngebut

  1. Dulu tahun 90an di Jakarta masih banyak jalan kosong buat umbar kecepatan, sekarang baru keluar jalan udah macet, motor sekencang apapun jadi mubazir, gigi 5 dan 6 cuma buat pajangan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s