Kelebihan Satria FUFI (2): Performa Jempolan, Torsi Layaknya SOHC Overstroke, Power Layaknya Real DOHC..

Bicara soal performa di klan Satria, Suzuki gak pernah main-main. Sejak jaman Satria 2 tak, image motor kencang udah melekat sama motor ini.. Motor yang bisa dibilang “terjangkau” untuk para speed freak. Memasuki era motor 4 tak, Suzuki Satria F150 pun didatangkan utuh dari Thailand dengan tenaga 16 HP di motor seringan itu. Performanya dahsyat, bahkan kalau diadu dengan motor lain dengan kapasitas mesin di atasnya. Terlalu nyaman dengan kesuksesan Satria F150 karbu, akhirnya Suzuki digetok Honda dengan Sonic 150R nya. Mau gak mau Suzuki harus melakukan refreshment, total!! Bukan hanya ganti striping, bukan hanya minor change 1 atau 2 bagian saja. Lahirlah Satria F150 Fuel Injection yang dibekali tenaga terbesar di kelas motor 4 tak 150 cc.. Gue pun beralih dari yang tadinya mau beli Sonic, akhirnya meminang si FUFI ini. Oke, kali ini gue mau bahas performanya. Gimana hasilnya? BERANI DIADU!!!! Jempolan!! Torsi dan powernya nampol!!

Setelah mau menetapkan hati ke Sonic, akhirnya pilihan gue kembali ke Satria setelah Suzuki mengeluarkan All New Satria F150 FI. Gue pilih Satria bukan karena spesifikasi mesinnya yang paling jempolan di kelasnya. Performa gak terlalu penting buat pemakaian harian. Untuk pemakaian harian, matic 125 cc aja udah cukup buat gue. Lalu apa? Desain yang kece badai!! Pun begitu, gue akan tetep ngasih credit ke Suzuki untuk performa yang keluar dari si FU injeksi ini. Gue tegaskan, untuk pemakaian harian dalam kota, performanya udah lebih dari cukup.

Sebelumnya, gue pernah bahas salah satu kekurangan si FUFI ini yaitu tentang torsinya yang liar sejak rpm rendah,, yang berakibat gak nyaman buat dibawa santai.

Kekurangan Satria FUFI (2): Gak Enak Dibawa Santai, Nyundul-nyundul

Motor ini susah diajak santai, seperti ada tenaga yang meledak-ledak yang mencoba keluar dari batasan.. Tapi ketidaknyaman ini berubah ketika mode “Release The Kraken!” diaktifkan.. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ … Ya, maksud gue, ketika lu emang gak pengen bawa santai dan pengen merasakan tenaga 18,2 HP dan torsi 13,8 Nm dengan leluasa, lu bakal ngerasain nikmatnya berkendara di atas Satria F150 FI ini.. Kalau lu pernah naik motor bermesin DOHC overbore dan SOHC overstroke, lu pasti tahu lah perbedaannya.. Satria FUFI ini menurut gue perpaduan antara torsi SOHC overstroke dan power DOHC overbore,, nah loo???

IMG_20160324_143630.jpg

Satria Injeksi bertampang autobots

Gue gak bisa compare dengan kompetitor seperti Honda New Sonic 150R dan Yamaha MX King karena gue belum pernah mencoba keduanya.. Tapi gue bisa bandingkan impresi performanya dengan CBR 150 CBU Thai (muka sempak :V ), NVL, Satria karbu CBU dan Satria karbu CKD euro 2.

Saat pake CBR 150 Thai, gue merasakan tarikan yang agak lelet di putaran bawah. Ya tipikal DOHC overbore lah, ditambah dengan body yang berat.. Tapi saat rpm mulai mencapai power maksimal, baru kerasa keganasan power DOHC dengan konfigurasi mesin overbore.. Begitu juga pas bawa Satria karbu baik yang CBU maupun CKD euro 2, cuma disini tarikan bawah masih lebih enak Satria karbu dibanding CBR, ya maklum bodynya jauh lebih ringan juga.. Saat gue betot New Vixion Lightning justru sebaliknya, tarikan di awal sangat jos!!! cocok banget buat perkotaan, tapi untuk putaran atas belum pernah gue rasakan karena gak sempet menguji performanya secara maksimal, hehe.. Cuma udah rahasia umum lah yaa, SOHC overstroke lebih cocok untuk perkotaan karena performa di rpm menengah ke bawah emang jempolan, tapi dalam kecepatan tinggi lebih menyenangkan betot DOHC overbore.. Ingat!! Untuk mesin standar lho,, jangan dikaitkan dengan motor yg udah racing oriented..

Setelah menempuh 800 km bersama si FUFI, sampai sekarang gue simpulkan bahwa motor ini dari kecepatan rendah torsinya udah meledak2, efek negatifnya ya motor ini gak enak dibawa santai. Dan di kecepatan menengah ke atas atau rpm tinggi,, karakter overbore nya beneran nampol!!!! Buat speed freak cocok banget deeeh.. Tapi tetap gunakan power yang besar dengan bijak ya masbro, terutama adik-adik SMA nih, pakailah seperlunya. Selalu inget apa yang Uncle Ben katakan,, “With great power comes great responsibility“.. Semakin besar power yang dimiliki motor lu, semakin besar pula tanggungjawab yang harus lu pikul.. Jangan sampai gara-gara keegoisan lu dalam menggunakan power motor lu, banyak orang lain yang menderita kerugian karenanya..

Satu lagi, Satria emang “motor alay”, tapi bukan berarti gaya berkendara lu jadi ikutan “alay” layaknya predikat yang disandang Satria FU,, ngoahahaha…

Salam satu aspal!!

Advertisements

19 thoughts on “Kelebihan Satria FUFI (2): Performa Jempolan, Torsi Layaknya SOHC Overstroke, Power Layaknya Real DOHC..

  1. dah liat dari dekat fufi dan sonic. dari sisi desain emang kece fufi. awalnya ragu soal stop lamp. eh tapi keraguan itu sirna jadi fakta lucu, loh kok stop lampnya cakep ding! memang kalo diliat dari sudut sejajar. kalo melongo ke bawah mungkin jadi jelek ya. tapi siapa juga yang mau melongo buat ambil sudut pandang begitu. kalo desain sonic kaku. kurang mengalir. wajar saja dari sisi desain fufi memikat. apalagi ada bonus performa.

    Like

    • menurut ane sih stoplamp fufi mencederai desain secara keseluruhan,, tapi tetep bagusan fufi sih kalo dibandingin sonic,,, ane rencana pgn ganti stoplamp pake punya mx king, cakep gan..

      Like

  2. Konsumsi bbm nya msh stabil kah smpe skrg??? Di grub kok beda2 hasilnya ada yg ga smpe 30 km/l ada yg 40an/l. Ngidam bgt sma fufi

    Like

    • ada banyak faktor gan yang mempengaruhi konsumsi bbm:
      1. beban yang dibawa (bisa berat badan, bisa karena dipake boncengan terus).
      2. kondisi lalu lintas (macet atau lancar).
      3. cara berkendara (stabil atau ugal2an, santai atau kencang)
      4. jenis bbm
      5. silakan tambahkan ๐Ÿ˜€

      sekarang blm tau fufi ane konsumsi bbmnya gimana,, udah ane catat sih cuma blm diolah aja..

      Like

  3. @bgus
    Berat badan & tinggi badan pengaruh gan jogan….!!!!
    Kalo dah miara REAL OVERBORE 4T / montor 2T
    ya JANGAN MIKIRIN iRiT gan jogan….!!!!
    Klo mo irit lo naek suzuki shogun series / matic address gan jogan….!!!!

    Like

  4. Cape banget pake fufi di kota bandung gan, mode “realease the kraken” juga susah didapet, kondisi jalan pendek2 dan padat merayap bahkan kadang macet gila kalo weekend bikin nyiksa kalo pake si fufi.. tapi setelah ban depan dan belakang diganti pake ukuran 90/80 (depan belakang ukurannya disamain) efek nyundul2 di rpm bawahnya jadi hilang gan.. hehehe

    Like

    • Kalau di kemacetan emang bikin capek nih motor ๐Ÿ˜€ .. oh salah satu solusinya ganti ban yg lebih besar ya biar gak sundul2.. oke thanks bro sharingnya,

      Like

  5. Pingback: The Beginning | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian | CuapRider

  6. Pingback: Performa Mesin dan Konsumsi BBM, Masih Gahar dan Masih Irit-kah?? | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian | CuapRider

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s