Kekurangan Satria FUFI (1): Shock Depan Bunyi “Ceklog” .. Tenang, Ada Solusi..

Sesaat setelah pihak dealer mengantar motor ke rumah, segera gue melakukan test drive singkat keliling Unand untuk mengetahui first riding impression dari jagoan Suzuki ini. Yah namanya udah ngidam banget sama motor ini sejak sebelum keluar, tentulah motor yang udah di depan mata gak gue sia-siakan untuk ditunggangi. Keluar rumah menuju jalan besar, hentakan torsi dan tenaga bener-bener terasa.. Lewatin jalan bergelombang, “ceklog ceklog”, lah kok??? Coba terus jalan lagi, lewatin jalan jelek, bunyi lagi “ceklog ceklog”.. Setiap lewat jalan rusak/gak rata, shock depan selalu mengeluarkan bunyi aneh yang gak nyaman didenger.

Hmm,, bunyi-bunyian ini gak normal nih di motor, gak pernah gue temuin yang kaya begini di motor lain.. Sejenak gue coba rasakan kinerja dari shock depan si FUFI ini, gak ada masalah gue rasa. Shock tetep empuk dan gak bikin motor limbung. Secara kinerja sebenernya mumpuni lah, tapi jelas bunyi-bunyian itu bikin gak nyaman. Walaupun gak ada gangguan kenyamanan secara kinerja shock, tapi bunyi ceklog itu selalu bikin was was.. “Kira-kira bakal kenapa-kenapa gak ya? Bakal patah gak ya? Bakal ini itu dll bla bla blaaa…”. Ya walaupun emang kalau di jalan yang mulus, gak akan ada bunyi-bunyian laknat itu :V …

IMG-20160322-WA0014.jpg

Suzuki Satria F150 Injeksi tampak depan

Gue yang masih berpikiran positif thinking, mencoba menyenangkan diri sendiri. Ah, setelah pemakaian beberapa hari mungkin bakal ilang nih bunyi aneh, mungkin karena masih fresh aja kali, 😀 .. Setelah dikendarai selama beberapa hari, ternyata bunyi ceklog ini tak kunjung hilang juga 😦 .. Mulai deh gue sedikit panik..

Akhirnya gue cari grup FUFI di FB, untuk memastikan apa cuma gue doang atau temen-temen pemakai FUFI yang lain juga nemuin kondisi seperti ini. Setelah diapprove admin dan baca-baca postingan temen-temen.. Oalaaaah ternyata ini emang cacat produksi. Semuanya mengeluh shock depan bunyi “ceklog”.. Ceklog ya gan, bukan klotok, ngoahaha..

Terus Solusinya Gimana Masbro?? Tenang, Ini Dia…

Tenang wahai kalian para pemilik Satria FUFI yang sedang dipusingkan dengan permasalahan shock depan bunyi “ceklog”.. Ternyata pihak Suzuki SIAP untuk membantu mengatasi permasalahan ini. Di Grup FB F150 Injeksi, banyak yang nyaranin untuk telpon ke Halo Suzuki. Nantinya dari Suzuki Pusat bakal meneruskan keluhan agan dan menginstruksikan dealer tempat agan beli Satri FUFI buat beresin masalah ini. Prosedur ini dianggap lebih mudah dan lebih terjamin tindak lanjutnya daripada kalau kita langsung klaim ke dealer tempat kita beli. Beberapa member di grup udah membuktikannya dan masalah shock bunyi pun hilang.. Wah keren Suzuki kalau penanganannya begitu.. Top lah!!

images.jpg

Gue pun penasaran pengen buktiin pelayanan Suzuki yang tampak mustahil itu.. Masa sih? Pabrikan yang lagi cengap-cengap gini ngasih pelayanan begitu?

Saat itu gue lagi ditugasin kantor ke luar kota. Rencana gue telpon Halo Suzuki gue tunda sampai sekembalinya gue ke Padang. Suddenly,, saat gue lagi sibuk kerja, tiba-tiba ada nomor tak dikenal telpon. Wah bukan nomor HP nih, lalu gue angkat telpon itu. Tak disangka-sangka, ternyata yang telpon ke nomor gue adalah Suzuki Pusat. Doi tanya apa betul gue beli Satria FUFI dan ada keluhan apa aja sama Satria F150 Injeksinya.. Gue sampaikanlah keluhan gue terkait shock depan bunyi “ceklog” kalau lewat jalan gak rata. Lalu doi menyarankan gue untuk membawa si FUFI ke dealer tempat gue beli dan menanyakan kapan akan kesana.

Wah gila,, belum juga gue telpon Halo Suzuki buat nyampein keluhan gue, taunya dari pihak mereka udah telpon duluan. Ini pasti mimpi nih, gak mungkin Suzuki begini ngoahaha..

Sehari kemudian giliran pihak dealer Suzuki Pondok (tempat gue beli FUFI) yang telpon gue. Kang Asep namanya, salah satu mekanik disana, memastikan kedatangan gue di tanggal yang telah gue sebutkan sebelumnya ke Suzuki Pusat. Gue pun mengiyakan..

Di hari yang telah ditentukan, gue datang ke dealer bawa si FUFI. Ketemu Kang Asep, gue pun berkenalan.. “Dari namanya, orang Sunda nih?” kata gue.. Ternyata iya, karena kesamaan suku, akrablah kami, apalagi obrolan kami pake bahasa sunda. Yaa walaupun gue sunda kasar dan dia sunda alus 😀 ..

Oke, akhirnya gue bonceng kang Asep dan melewati jalanan gak rata untuk memastikan adanya bunyi “ceklog” yang mengganggu.. Setelah itu, Kang Asep jelasin kalau secara performa sebenernya gak masalah. Doi juga berterimakasih atas keluhan yang disampaikan, karena feedback dari konsumen justru sangat bagus untuk bahan evaluasi perusahaan. Dia pun berjanji untuk segera mengirim laporan keluhan gue ke Suzuki Pusat dan akan mengabari apabila sudah ada arahan dari Suzuki Pusat.

Sambil ngobrol-ngobrol, gue pun mancing-mancing isu-isu pabrikan suzuki yang katanya bakal ngeluarin sport dengan basic mesin Satria FUFI.. Akhirnya dia sedikit kasih bocoran tentang produk-produk baru Suzuki. Apa aja tuh? Entar aja gaan hahaha…

Kelar bincang-bincang, akhirnya gue pulang dengan membawa bingkisan berisi kaos, gelas, aqua, dan roti… Wah sayang gak dikasih amvlop gan.. :V 😀

2 minggu kemudian, masih belum ada info dari kang Asep, akhirnya gue WA doi.. Ternyata shock baru udah ada di dealer, dan Kang Asep minta maaf karena lupa infoin.. Yuhuuuuu,,, akhirnyaaaa,,,, gue pun bilang ke doi mau ke dealer minggu depan sekalian servis pertama si FUFI nih…

Naah,, gimana setelah ganti shock? Ntar woooy, gue belum kesana. Ntar gue ceritain deh kalau shocknya udah diganti… 😀 😀

Advertisements

28 thoughts on “Kekurangan Satria FUFI (1): Shock Depan Bunyi “Ceklog” .. Tenang, Ada Solusi..

  1. mirip seperti suspensi depan hayate, cuma karena bukan produk yang diperhatikan seperti satria, akhirnya gak ada pemanggilan. Solusinya diganti dengan per yang lebih panjang, saya ganti dengan per depan astrea grand dan dipotong sedikit karena masih terlalu panjang (punya vario terlalu panjang, mekaniknya menyerah ). Gejala Ceklok-ceklok kalau kena lubang jadi hilang.

    Like

    • ternyata perlakuannya berbeda ya,, satria karena jelas tulang punggung penjualan suzuki, dijaga matia2an imagenya,, kalau hayate seolah cuma pelengkap line-up doang.. Tapi ke depannya semoga aja semua produk diperhatikan untuk meningkatkan kepercayaan publik akan brand suzuki..

      Like

  2. Gak ngaruh gan meski di ganti shock depan sebab satria fufi ane udah 2 kali ganti shock oleh dealer masih aja tuh bunyi nonggol

    Like

    • Kalo fufi qne ,dulu pas abis mudik, bunyi treeeeerrr gitu di bagian batok,batok logo ‘S’, trus ane bedah tu kpala si satria ,,trnyata emang rada kendor karna cuman penuncinya plastik ktmu plastik .. solusinya ane ganjel pake busa dah tu pngunci batok logo S dan taraaaaaa lenyap sudah bunyi ‘laknat’ itu dari kepala satria ..and aman kok ampe sekarang ga ada bunyi” ato jeritan”. Kepala satria wkwk

      Liked by 1 person

  3. Bro tolong kasih info dong gimana cara nya bilang ke pihak dealer ,soalnya ane baru sadar sekarang .ane kira semua jenis FUFI sama kaya gitu .ane udah 7 bulan tuh motor kira kira bisa ngga ya kalo di ganti bro ??

    Like

    • mending telpon ke suzuki pusat dulu bro.. itu udh gue kasih di artikel nomornya.. nanti suzuki pusat yg mengkoordinasikan dg dealer.. Soalnya kalau langsung klaim ke diler emang kadang ribet dan gak mau ganti..

      Like

  4. Pingback: The Beginning | Review Suzuki All New Satria F150 FI Setelah 1 Tahun Pemakaian | CuapRider

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s