All New CBR150R, Semakin Menguatkan Kemiripan Honda Motor Dengan Toyota

Masih teringat jelas hebohnya launching All New CBR 150R di pertengahan bulan Februari.. Banyak banget blog yang membahas kehadirannya. Seakan-akan menjadi sebuah kado istimewa bagi para pecinta Honda. Gimana enggak istimewa, secara tiba-tiba Honda merilis motor ini dan desain yang ditawarkan kata sebagian orang keluar dari pakem Honda. Honda biasanya menawarkan desain yang terkesan simple tapi elegan, nah sedangkan desain CBR 150 terbaru ini sangat “Yamaha”. Kenapa? Karena desainnya agresif dan banyak lekukan tajam. Beberapa malah memirip-miripkan dengan Yamaha R125.

Menurut gue sendiri, CBR 150 terbaru ini memang desainnya agresif, tapi gak ada kemiripan dengan R125. Masih kalah kece lah kalau dibandingin sama R125. R125 is on another level. Kalau bandinginnya sama R15 nah baru lebih kece CBR ini.

f3a95dac6e20c687c42489b236d29cad_f2743.jpg

Foto dari AHM

Di artikel terdahulu, gue pernah menghubung-hubungkan pabrikan motor dengan pabrikan mobil. Artikelnya disini.. Di artikel itu, gue menyamakan Honda motor dengan Toyota. Baik dari segi penguasaan pasar, kelas yang dikuasai, maupun dari segi desain yang cenderung bermain aman.

Bicara tentang desain, mobil-mobil Toyota paling gak enak dipandang dibanding kompetitor. Terlalu biasa dan gitu-gitu doang. Tapi ya berhubung nama brandnya udah sangat kuat dan mengakar di masyarakat, jaringan 3S nya mumpuni, harga jual kembali tetap bagus, maka desain biasa masih bisa dimaafkan. Tapi belakangan, Toyota juga fokus membenahi desain eksterior mobil-mobilnya. Toyota New Yaris hadir dengan desain yang ciamik, jauh lebih keren dibanding pendahulunya, jauuuuh. Garis desain, dimensi dan tampilan keseluruhan dibuat berbeda. Beda dengan kompetitor, Jazz misalnya yang walaupun lebih sering ganti model, tapi perubahannya gak terlalu revolusioner, masih ada aura pendahulunya. Kehadiran Toyota Innova terbaru juga menguatkan hal itu. Bener-bener beda dibanding Innova dan klan Kijang sebelum-sebelumnya yang menurut gue (maaf) jelek banget secara desain, bapak-bapak banget wkwk. Yang terbaru sukses bikin gue hobi mandangin 😀 ..

new-toyota-innova-front-827_827x510_71448418488.jpg

All New Toyota Innova. Photo by auto.ndtv.com

Hal yang serupa juga dapat dilihat di Honda motor. Jaman dulu (atau mungkin sekarang juga masih ada ya?) kalau orang bilang “Honda” itu berarti menyebutkan sepeda motor apapun merknya 😀 . Itu karena brand Honda udah sangat melekat di benak konsumen Indonesia. Tapi ya gitu,, saking digdayanya, konsumen cukup dikasih model-model yang seadanya pun tetap laris. Tapi semua berubah sejak kehadiran New CB150R, gue merasa Honda udah mulai berani memberikan desain yang revolutioner.. CB150R yang tadinya terkesan bapak-bapak banget, digantikan oleh New CB150R yang secantik kompetitor. Kehadiran All New CBR150R semakin menguatkan indikasi itu. Desainnya lebih cantik dibandingkan CBR150 versi sebelum-sebelumnya. Desainnya sekarang “seanak muda” desain kompetitor, R15.

CBR150R-test-1

All New CBR150R. Pinjem foto wak haji Taufik

 

Serupa kan Toyota dan Honda motor? Dulu desainnya biasa, sekarang mulai berubah lebih kece. Mungkin karena sama-sama di bawah naungan Astra Group kali ya. Patut ditunggu ke depannya, apakah semakin banyak produk Toyota maupun Honda motor yang dipersenjatai dengan desain yang ciamik dan mengundang decak kagum. Time will tell..

58d7804856d7fcc62ed8e06ea051589a_f2719.jpg

Wuiiih yang putih kece

Advertisements

3 thoughts on “All New CBR150R, Semakin Menguatkan Kemiripan Honda Motor Dengan Toyota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s