Tak Tepat Memberikan Nama MT-15 Pada Yamaha M-Slaz

Rumor kelahiran Yamaha MT-15 sudah heboh sejak setahun lalu (atau 2 tahun lalu ya?). Yamaha digadang-gadang akan mengeluarkan motor naked berkapasitas mesin 150 cc untuk melengkapi varian MT nya. Beberapa malah berharap tidak hanya desainnya aja yang  baru, tapi juga mesinnya. Memang banyak yang menunggu Yamaha mengeluarkan mesin 150cc DOHC. Karena sampai saat ini Yamaha masih betah ‘bertarung’ dengan mesin 150cc SOHC andalannya, yang disematkan pada varian Vixion dan R15.

Spyshot demi spyshot sosok yang digadang-gadang sebagai Yamaha MT-15 bermunculan. Penampakan gamblang akhirnya terbongkar di Thailand. Beda dengan nama yang selama ini digembor-gemborkan, di Thailand ternyata Yamaha memberi nama M-Slaz, bukan MT-15. Pertama tahu namanya M-Slaz, gue langsung bergumam , “alay bener namanya”, hahaha.. Ternyata di luar negeri pun banyak yang gak suka. Terbukti dengan diberikannya predikat motor dengan nama terburuk tahun 2015 hahaha..

M-Slaz-studio-010.jpg

Yamaha M-Slaz. Pic dari tmcblog

Sedangkan di Indonesia sendiri saat ini masih menjadi misteri apakah akan tetap menggunakan MT-15 sesuai perkiraan awal, atau ada nama lain. Kandidat nama lain pun muncul, yakni Yamaha Xabre.. Tapi kembali banyak yang gak suka dengan nama ini.. Termasuk gue salah satunya.. Nama Xabre pun masih terasa alay.

2016-Yamaha-MT125-EU-Anodized-Red-Static-004.jpg

Yamaha MT-125. Pic dari yamaha

Jadi, mendingan MT-15 dong? Kalau menurut gue sih engga juga.. malah JANGAN!!! Kenapa?

Pertama… seri MT adalah produk global Yamaha. Dimanapun dijual, kualitasnya akan sama dan tentunya memiliki nama yang sama juga. MT-09 yang dijual di Eropa sono, di Indonesia juga namanya MT-09. Nah untuk kasus si M-Slaz ini, dalam satu regional aja udah beda nama.. Maka sebaiknya jangan dikasih nama MT-15, tapi please ganti juga dong Yamaha, jangan Xabre haha..

MT 25

Yamaha MT-25. Pic by Yamaha Indonesia

Kedua… secara desain, M-Slaz ini kurang menegaskan bahwa dia adalah klan MT. Bisa kita lihat, klan MT memiliki desain air scoop yang mirip-mirip, entah itu pada MT-125, MT-25, MT-07, maupun MT-09. Tapi kita akan melihat desain air scoop yang jauh berbeda pada M-Slaz. Pada klan MT, MT-09 sekalipun, kita akan melihat motor yang ramping dan kecil. Beda dengan M-Slaz yang terkesan gambot padahal bermesin kecil. Lalu, klan MT adalah klan yang hobi memperlihatkan mesinnya yang padat dan kekar. Namun di M-Slaz, mesinnya yang kecil malah diumpetin biar seimbang dengan body gambotnya.. Secara keseluruhan, bisa dilihat lah klan MT biasanya memiliki desain body yang mirip-mirip satu sama lain, tapi M-Slaz ini akan beda sendiri kalau dimasukin ke keluarga MT.

1159.jpg

Yamaha MT-07. Pic dari a2bikes

Karena hal itu, maka menurut gue “haram” hukumnya bagi Yamaha untuk memberi label MT-15 pada M-Slaz. Nah denger-denger kan Yamaha lagi nyiapin mesin 150cc DOHC nih buat next R15. Nih diaa sebaiknya generasi MT-15 dihadirkan nanti aja deeeh sekalian pake mesin baru.. Biar All New gituuuu.. Gimana gaaaan? Setuju atau setuju??

8088-14210.jpg

Yamaha MT-09. Pic dari Yamaha

 

Advertisements

5 thoughts on “Tak Tepat Memberikan Nama MT-15 Pada Yamaha M-Slaz

  1. Pingback: Yamaha Xabre, Gaungnya Belum Sampai Padang | travelmotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s