Motor Masal Berlivery MotoGP = Iklan Gratis Sponsor

Tiap pabrikan motor saat ini seringkali mengeluarkan versi livery MotoGP pada produk unggulannya.. Contohnya Yamaha dengan R 15 movistar nya, atau Honda dengan livery Repsolnya yang sudah mendarah daging dan seperti bagian yang tak terpisahkan. Motor dengan livery MotoGP seperti menjadi produk favorit baik bagi produsen maupun konsumen.

201452_1410810446.jpg

Dari sisi produsen atau pabrikan, pabrikan biasanya akan menempatkan motor dengan livery MotoGP sebagai line-up tertinggi dalam setiap typenya. Pabrikan pun akan menetapkan harga yang lebih tinggi untuk type motor yang diberi sentuhan grafis MotoGP. Hanya dengan perbedaan grafis tersebut, pabrikan akan mendapatkan keuntungan lebih dari setiap unitnya. Motor dengan livery MotoGP biasanya akan diburu oleh konsumen walaupun harus menebus dengan rupiah yang lebih banyak. Strategi ini sungguh menggiurkan buat pabrikan.

yamaha_r25_r15_motogp_livery_1-20150509-003-otosia.jpg

Dari sisi konsumen, mereka juga biasanya lebih bangga dengan motornya yang berlivery MotoGP sehingga meningkatkan kepercayaan diri berkali lipat. Selain karena motornya biasanya terbatas dan terlihat lebih keren dari yang standar, si empunya juga berasa kaya Valentino Rossi atau Marq Marquez getoo haha.. Asala jangan ngebut-ngebut di jalan aja ya tong,, kalau mau ngebut sonoo pergi ke sirkuit.

satriafu-motogp-edition.jpg

Nah, selain si produsen dan si konsumen, ada lagi yang diuntungkan dengan livery MotoGP ini. Tak lain tak bukan adalah SPONSOR. Dengan diproduksinya motor masal berlivery MotoGP, otomatis nama brand si sponsor utama MotoGP akan menghiasi motor yang dijual ke konsumen dan tersebar di seluruh nusantara. Yang paling terkenal tentunya Repsol yang entah sudah berapa tahun menjalin hubungan serius dengan Honda. Beda dengan Yamaha yang selalu berganti-ganti pasangan, dimana yang terakhir ini adalah Movistar. Namun yang pasti, nama brand mereka akan semakin melekat dan familiar di masyarakat.. Tapi gue kurang paham apakah apakah si pihak sponsor ini harus tetap bayar ke produsen, atau sudah termasuk dalam perjanjian kontrak antara pihak sponsor dengan produsen terkait MotoGP, atau justru “gratis”? Kalau tidak perlu ada perjanjian lagi, waaaah beruntung bener nih pihak sponsor. Apalagi banyak juga konsumen yang sengaja memodif motornya dengan   livery MotoGP, seneng lah yaa pihak sponsor 😀 .. Biasanya mereka bayar gede untuk pabrikan dan pembalap, ini malah kita sebagai konsumen harus merogoh kocek lebih, hehehe. .

*Cmiiw ya gan kalau punya informasi yang akurat.*

 

 

Advertisements

5 thoughts on “Motor Masal Berlivery MotoGP = Iklan Gratis Sponsor

  1. pabrikan dapet untung 3 point,
    1. dapet untung karena livery tsb di jual lebih tinggi.
    2.dapet untung dari sponsor dengan dasar laporan produksi khusus livery tsb .
    3.menarik konsumen untuk membeli produknya karena tertarik dari livery tsb. penjualan meningkat.

    kalau ane malas pakai livery tsb , sudah di suruh bayar lebih tinggi, mempromosikan produk tapi ga di bayar , bangga ? apanya yg di banggain ane ga ada hubungan sama sekali, produk bangsa sendiri bukan ?
    jd rubah lah sudut pandang kita ….bangga itu kalau segala sesuatunya mengguntungkan kita , bukan yg lain.

    Like

    • naaaaagh gini kanjeng, mereka yang pake livery motogp juga untung kok, untung itu gak melulu harus materi saza, tapi untung secara batiniah bisa saza kan, naaaagh user yg pake livery gp ini secara batiniah mereka untung, mungkin mereka mikirnya “waaaagh jadi kayak markes niiiiigh” atau “woooogh keren, kayak rossi”
      naaaagh dengan begitu mereka untung secara batiniah, karena setiap hati manusia itu gaka ada yg bisa tahu, kecuali kita sendiri dan tuhan, iya tooogh?

      tapi kalau motor juragan sendiri livernya biasa saza laaaaagh
      tapi gak mentup kemungkinan suatu saat kepengen juga pake livery motogp
      time will tell laaagh
      ngah ngah ngah

      Liked by 1 person

  2. yah setuju dengan keuntungan batiniah bagi beberapa orang, contohnya aku bahagia banget kalo mengendarai motorku yang berlivery anime gundam hahaha, sayangnya pabrikan ga ada yg mau ngeluarin livery anime di sini, makanya stiker asli di semua motorku kulepas dan kuganti cutting stiker buatan sendiri hahaha….

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s