Alasan Gue Meminang Hyundai Getz

Menyambut kehadiran anak pertama, gue dan Ayu merasa perlu untuk membeli sebuah mobil bekas. Sebenernya sih pengen beli mobil baru di kelas LCGC, tapi apa daya budget yang ada hanya cukup untuk menebus sebuah motuba alias mobil tua bangka. 😀 ..

Sejak April, gue mulai rajin browsing internet untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait beberapa mobil yang bisa jadi kandidat gue. Dari google, pencarian gue berlanjut ke kaskus, situs-situs otomotif, blog, forum-forum otomotif, dan lain-lain gue sambangi.

Sampai akhirnya terdapat beberapa kandidat yang masuk range harga yang sesuai budget gue dan cukup menarik buat gue. Oya selain sesuai budget, gue juga batasi hanya city car / hatchback. Ya, gue lebih demen mobil kompak yang gak ngabisin banyak tempat. Ada Peugeot 206, Suzuki Karimun Estilo, Hyundai Getz, Chevrolet Aveo, dan Mercy A140.

Peugeot 206

Peugeot-206_HDi-2004-1600-06.jpg

Peugeot 206

Diantara beberapa kandidat yang gue tetapkan, Pug 206 adalah yang paling gue suka. Gue udah demen sama desain mobil ini sejak SMA. Desainnya sporty abis!!! Yang jadi masalah, Peugeot susah ditemuin bengkelnya di daerah. Kalau di Jakarta sih enak, bengkel spesialis juga banyak. Nah  masalahnya gue tahun 2016 bakal “dilempar” ke luar Jawa lagi sama kantor. Dan gue belum tau dimana sampai gue terima SK penempatan. Bisa aja tetep Jakarta, tapi bisa juga Maluku Utara.

Suzuki Karimun Estilo

suzuki-karimun-estilo.jpg

Suzuki Karimun Estilo. Pic by hargamobiloke

Secara brand, si Estilo ini menurut gue paling aman. Satu-satunya merk Jepang di list gue. Kalau gue bawa ke luar Jawa pasti lebih mudah nih perawatannya. Secara bengkel resmi Suzuki udah lebih “ndeso” dibanding lainnya. Bengkel umum yang bisa nanganin juga pasti banyak.. Selain itu, dengan harga yang sama gue bisa dapetin unit dengan tahun lebih muda. Tapi ya itu,, ukurannya gak proporsional antara tinggi dengan lebar. Enggak enak dipandang deh jadinya. Oya, selain itu mesinnya juga paling imut, cuma 1000cc dengan peak power lebih rendah dibanding kandidat lainnya.

Hyundai Getz

2004_Hyundai_Getz_GL_5-door_hatchback_in_Puchong,_Malaysia_(01).jpg

Hyundai Getz 1st gen. Pic by wikipedia

Desain getz simple, tapi dibalik kesimpelannya, ternyata desainnya enggak ngebosenin, imho. Bengkel resmi hyundai ternyata lumayan tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, informasi yang gue peroleh dari para usernya, katanya mobil ini perawatannya mudah. Tapi desain interior terutama dashboard menurut gue paling enggak menarik dibanding kandidat lainnya.. Sederhana banget brooo..

Chevrolet Aveo 1st gen

2004-chevrolet-aveo-svm_100030316_m.jpg

Chevrolet Aveo 1st gen. Pic by thecarconnection

Model eksteriornya sekilas mirip-mirip sama Getz, bahkan dari belakang bisa dibilang mirip sama Jazz. Menurut gue 11-12 lah ini sama Getz. Ketersediaan bengkel resmi di daerah juga gue liat 11-12 aja sih sama Hyundai. Cuma mobil ini sedikit lebih panjang dari Getz.. Sedangkan gue kalau makin kompak makin demen hehe..

Mercedes Benz A140

800px-Mercedes_A140_Classic_Fun_20090329_front.jpg

Mercedes Benz A140. Pic by wikipedia

Nah yang ini nih.. Syok gue liat harganya  ternyata “terjangkau”.. Tapi akhirnya gue tersadar, mobil Eropa emang biasanya harga bekasnya jatuh. Mobil ini modelnya unik, apalagi menyandang nama mercy bro.. Bikin lebih wah dan lebih bangga aja gitu pakenya haha.. Tapi yaaaa, gue harus mengubur dalam-dalam deh keinginan gue meminang mobil ini.. Di daerah bengkelnya susyeeeh.. apalagi isu-isu yang santer di internet kalau mobil-mobil Eropa perawatannya ribet.. Sekali kelistrikan kena, bisa berabe dah.. hufff..

————————————————————

Nah, pertimbangan utama gue adalah ketersediaan jaringan bengkel resmi di seluruh Indonesia dan kemudahan perawatan. Maklum gue masih newbie dalam hal merawat mobil, jadi sebisa mungkin ambil yang risikonya paling kecil. Disini udah jelas lah Mercy dan Pug harus gue singkirkan.. Lalu pertimbangan berikutnya model, gue singkirkan deh Estilo karena menurut gue kurang proporsional ukurannya, terlebih kapasitas mesinnya paling kecil. Antara Getz dan Aveo inilah gue sempat bingung karena dari informasi yang gue dapat hasil bertapa di internet, mereka berdua ini 11-12 aja. Udah gue hubungin juga para penjual kedua mobil ini yang pasang iklan di Olx. Akhirnya gue putuskan untuk meminang Hyundai Getz, hal ini setelah gue liat komunitasnya di facebook lebih aktif dibanding Aveo. Hal ini akan membantu disaat gue menemukan problem pada mobil, karena temen-temen komunitas biasanya suka membantu mencari solusi.

Setelah liat-liat di situs jual beli, akhirnya gue janjian dengan salah seorang penjual untuk melihat unitnya. Cek ini itu, minta diperbaiki beberapa titik, deal!! Akhirnya setelah kelar diberesin di bengkel, minggu ketiga Mei 2015 gue pinanglah si Getz silver lansiran 2004.

Anyway Selamat Tahun Baru 2016 guys.. Semoga harapan-harapan kita semua akan terwujud di tahun yang baru ini..

Advertisements

8 thoughts on “Alasan Gue Meminang Hyundai Getz

  1. Ceritanya yang ditulis bro barrabaa 80% mirip dengan yg terjadi sama ane. bedanya ane mikir butuh mobil disaat mau punya anak kedua. kan berabe bawa 2 anak jalan2 pake motor ditambah emaknye :D. Bedanya lagiane belum memutuskan mau piluh getz atau aveo, krn nunggu skitaran 2 minggu lagi isteri ane lahiran. jadi budget nya bisa langsung disesuaikan dgn mobil yg ane beli nanti. Tapi ane memang lebih condong ke Getz matic. Selebihnya, cerita itu sama. Bisa gitu ya? 😀

    Like

    • Ahahaha,, siapa tau banyak juga di luaran sana yang mirip2 sama kita.. Hehe…
      Wah kalau udah anak 2 mah lebih besar lagi risikonya kalau naik motor terus..
      Selamat memilih bro, semoga sesuai dengan ekspektasi dan gak rewel mobilnya hehehe..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s