Lorenzo atau Rossi? Sebuah Perjudian Bagi Yamaha

Akhir-akhir ini santer terdengar rumor Yamaha akan melepas Lorenzo. Begitupun rumor terkait ketertarikan Ducati terhadap Lorenzo. Hal ini mencuat setelah tragedi #SepangClash antara Rossi vs Marquez, yang tiba-tiba Lorenzo ikut campur dalam masalah itu. Atas ikut campurnya Lorenzo, dikabarkan tim Movistar Yamaha gerah, termasuk para FBY.. Banyak yang ingin Lorenzo hengkang dari Yamaha.

Tak bisa dipungkiri, suksesnya Lorenzo di MotoGP 2015 tidak disambut meriah oleh fans MotoGP. Banyak cacian mengarah kepadanya. Terlihat dari selebrasi kemenangannya yang justru di-boo-in penonton. Sangat kontras dibanding sambutan terhadap Rossi walaupun gagal juara.

Sebuah Perjudian

Apakah tepat melepas Lorenzo dari Yamaha? Menurut gue ini adalah sebuah perjudian dari Yamaha. Lalu gimana? Melepas Rossi? Sama aja, melepas dua-duanya adalah suicide alias bunuh diri buat Yamaha.

Rossi!! Jelas dia adalah mesin uang Yamaha. Korelasi dari kesuksesan di arena balapan seperti MotoGP adalah sebuah strategi perusahaan dalam memperkuat brand image dan meningkatkan pangsa pasar. Dalam matriks SWOT, Rossi adalah Strength yang dimiliki Yamaha sedangkan MotoGP adalah Opportunity. Rossi memiliki nama besar, more than anyone dalam ranah dunia motor. Dia adalah pembalap dengan segudang prestasi. Dia adalah entertainer sejati di lintasan balap. Di luar lintasan pun, dia ramah terhadap fans. Sedangkan MotoGP adalah kasta tertinggi dalam dunia balap motor. Bukan hanya orang-orang yang memiliki passion terhadap motor saja yang menontonnya, tapi hampir semua lapisan masyarakat. Grup whatsapp teman-teman sekampus gue pasti rame kalau balapan MotoGP udah mulai. Padahal yang punya passion yang tinggi terhadap motor cuma gue dan satu temen gue. Begitu juga di path, facebook, dll, rame dah pokoknya. Bandingkan dengan WSBK, gak ada yang ngebahas di path atau grup wa kelas gue. MotoGP+Rossi adalah mesin uang terbesar Yamaha. Di Indonesia pun, sering banget Rossi jadi bintang iklan Yamaha. Tapi Rossi tidak lagi muda, usianya sudah melewati masa keemasannya sebagai seorang atlet. Performanya sudah tidak setangguh dulu. Terakhir juara pun dia tahun 2009. Generasi baru tidak akan lagi melihat kehebatan seorang Valentino Rossi. Beda dengan kita-kita generasi 90an.. Status Strength dia bukan tak mungkin menjadi Weakness di masa mendatang. Namun melepasnya saat ini akan merugikan Yamaha. Terlebih saat ini banyak yang berempati kepada Rossi. Banyak yang menganggap dialah yang layak menjuarai MotoGP 2015. Sudah begitu dekat menuju gelar kesepuluh, semua berakhir ketika Race Director ‘menghadiahi’ start dari posisi paling belakang.

Valentino Rossi, The People’s Champion

2013-bridgestone-talks-assen-motogp

Lorenzo!! Dia tentu gak ada apa-apanya dibandingkan Rossi dalam hal jumlah gelar juara. Rossi telah mencatatkan dirinya sebanyak 9 kali juara dunia MotoGP, sedangkan Lorenzo baru 3 kali. Tapi melepasnya saat ini adalah kesalahan besar bagi Yamaha. Pertama, saat ini Lorenzo adalah pembalap dengan skill lebih baik dari Rossi. Suka gak suka, akuilah.. Hal ini bisa dilihat dari catatan kemenangan dia selama musim 2015. Usia yang masih di bawah 30 tahun menjadikan Lorenzo masih berada di masa keemasannya. Bukan tak mungkin gelar-gelar juara mampu dipersembahkan untuk Yamaha di tahun-tahun mendatang. Dan bukan hal yang mudah untuk mencari pengganti Lorenzo yang saat ini memiliki skill yang sebanding. Lupakan Marquez karena Honda saat ini gak mungkin melepasnya.

Photo credit: liputan6

Photo credit: liputan6

Hubungan Rossi dan Lorenzo memang sedari dulu kurang hangat. Tapi lebih baik saat ini Yamaha mempertahankan keduanya. Melepas salah satu diantara keduanya adalah bunuh diri. Tunggulah sampai VR|46 pensiun untuk kemudian mencari pengganti yang akan ditandemkan dengan Lorenzo.

Advertisements

6 thoughts on “Lorenzo atau Rossi? Sebuah Perjudian Bagi Yamaha

  1. revisi aja, Rossi 9 gelar juara dunia termasuk kelas moto2 dan moto3-nya, jadi Loren harusnya sudah 5 gelar juara dunia cak.. Keep blogging!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s