Ingin Punya Mobil Tapi Cuma Punya Dana 25 Juta? Berikut Pilihan Mobil Bekas Under 25 Juta.

Sebagian besar orang (kalau nggak semua) pasti menginginkan untuk memiliki minimal satu buah mobil. Bisa digunakan untuk harian, bisa juga untuk waktu-waktu tertentu semisal hujan atau ketika bersama keluarga. Namun harga yang mahal kadang menjadi kendala bagi seseorang untuk dapat meminang sebuah mobil.

Sebetulnya, kalau benar-benar membutuhkan, kita enggak perlu mengumpulkan uang sampai cukup untuk menebus sebuah mobil baru. Ataupun mengorbankan sebagian penghasilan kita untuk membayar cicilan setiap bulannya. Dengan dana terbatas pun kita bisa memiliki sebuah mobil, bekas tentunya.. Di pasaran tersedia mobil bekas mulai dari yang murah  sampai yang mahal. Bila budget menjadi pertimbangan, tentu kita cari mobil yang harganya terjangkau.

Mencari mobil bekas bisa melalui media online ataupun offline. Online dengan mengunjungi website-website jualan semacam Kaskus, Olx, dan sebagainya. Gue pun membeli mobil pertama gue melalui situs OLX.. Sedangkan offline bisa dengan mendatangi showroom-showroom mobil bekas, lewat kenalan, via surat kabar, ataupun enggak sengaja melihat mobil yang sedang melaju yang ditempeli kertas “Dijual, hubungi xxxxx”,, 😀 😀 ….

Dengan menggunakan media situs OLX.com, gue mencoba merangkum beberapa pilihan mobil bekas. Artikel kali ini gue membahas mobil bekas dengan harga maksimal 25 juta rupiah, dengan lokasi seller di Jakarta, dan dengan membatasi mobil-mobil produksi tahun 1995 sampai sekarang. Berikut 5 buah mobil bekas seharga sepeda motor Yamaha Vixion yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk dibeli:

  1. Daewoo Nexia
photo credit: wikimedia

photo credit: wikimedia

Mobil ini merupakan jenis sedan produksi pabrikan asal Korea Selatan, Daewoo. Kapasitas mesinnya 1.500cc. Mobil ini bisa dibawa pulang dengan mahar belasan juta sampai 25 juta. Selain harganya yang murah, mobil ini juga memiliki tampang yang masih enak dipandang.

  1. Ford Laser
photo credit: wikipedia

photo credit: wikipedia

Dulu, Ford Laser banyak digunakan sebagai armada taksi. Namun yang membeli untuk pemakaian pribadi juga banyak. Dari segi tampang, mobil sedan bermesin 1.300 cc ini sedikit ketinggalan dibandingkan Daewoo Nexia. Tapi populasi di jalan lebih banyak sehingga untuk urusan sparepart sepertinya lebih baik dibandingkan Nexia.

  1. Mazda Vantrend
photo credit: myvansil

photo credit: myvansil

Bagi yang ingin mobil berjenis hatchback station wagon (sedan yang atap bagasinya ditinggikan), Mazda Vantrend tahun 1995-1997 bisa menjadi pilihan. Mobil ini memiliki kapasitas mesin 1.400 cc. Mobil ini walaupun hanya untuk memuat 5 penumpang, tapi memiliki body yang panjaaang. Nilai lebihnya,, bagasi luaaaas,, atau mungkin bisa juga kali ya ditambahin kursi buat nampung anak kecil, yaaa jadi kaya Datsun Go+ gitu deh.. 😀 ..

  1. Daihatsu Zebra
photo credit: OLX

photo credit: OLX

Buat yang membutuhkan mobil keluarga alias multi purpose vehicle (MPV) dengan budget sangat minimalis, Daihatsu Zebra Espass tahun 1995-2000 bisa menjadi pilihan. Ini mobil favorit gue saat masih SD dulu. Entah kenapa gue dulu demen mobil tanpa moncong, hehe.. Mobil ini memiliki mesin 1.300 cc.

  1. Daihatsu Zebra Pick Up
photo credit: OLX

photo credit: OLX

Mobil murah meriah ini pas nih buat agan yang pengen mobil pick up dengan budget minimal. Mobil bak, begitulah istilah yang populer di kampung gue, ini cocok untuk digunakan sebagai kendaraan operasional bisnis agan. Sama seperti model MPV nya, untuk tahun 1995 – 2000 bisa agan dapetin dengan harga di bawah 25 juta rupiah saja.

Selain kelima mobil tersebut,, sebenarnya banyak juga mobil produksi diatas tahun 1995 yang memiliki harga di bawah 25 juta rupiah. Namun harga tersebut bukan harga populasi. Mayoritas mobil tersebut memilki harga di atas 25 juta. Walaupun ada juga beberapa seller yang menjual di bawah 25 juta. Misalnya mobil Timor, Suzuki Carry, dan Nissan Sunny.

Membeli mobil bekas memang cukup menyulitkan. Kita harus mengecek tingkat kesehatannya agar unit yang kita dapatkan adalah unit yang sehat dan siap tempur. Jangan sampai biaya perawatan untuk mengembalikan fungsinya lebih mahal dibandingkan harga mobilnya. Mobil bekas memang selalu menyisakan PR, tapi ketelitian kita akan dapat meminimalisir PR yang harus ditangani. Bila kurang paham mengenai mobil, agan bisa membawa serta seorang montir yang berpengalaman. Selamat berburu mobil bekas gan.. :beer:

Advertisements

12 thoughts on “Ingin Punya Mobil Tapi Cuma Punya Dana 25 Juta? Berikut Pilihan Mobil Bekas Under 25 Juta.

    • waah murah banget bro? tahun brpa tuh? iyaa yg penting keluarga bisa terangkut semua dulu… daripada misalnya harus boncengin lebih dari satu orang di motor..

      Like

  1. Beli mobil murah seringkali membuat was-was, karena pasti juga banyak yang harus diperbaiki seperti pengalaman saya waktu dulu memiliki Suzuki Carry tahun 1994. Untuk honda dibawah Rp. 25 juta, variannya apa saja?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s