Yuk, Belajar Mengemudi Mobil Matik Step AT

Dewasa ini, permintaan terhadap mobil bertransmisi otomatis alias matik semakin meningkat. Rasanya gak lengkap kalo suatu varian mobil nggak ada versi matiknya. Sejauh yang gue rasain, mengemudi mobil matik emang jauh lebih nyaman dibanding versi manualnya. Terlebih bagi masyarakat perkotaan seperti Jakarta yang tiap hari harus berjibaku dengan kemacetan, beuuuh enak deh pake matik..

Gue sendiri sebenernya lebih suka pake manual, secara,,,,, real men use three pedals gitu deh, haha.. Tapi keinginan si nyonya untuk punya mobil matik dan macetnya Jakarta melunturkan harapan beli mobil manual. Beli mobkas secara online, tawar sana-sini, ketemuan dan deal!! Naaah, saat mobil gue bawa pulang itu adalah saat pertama kali gue pake mobil matik. Sebelumnya udah sempet googling cara mengemudi mobil matik dan dijelasin sedikit sama former owner.. Ternyata mudah pakenya, gue pun langsung pede aja bawa dari Tanah Kusir ke Utan Kayu.

Di artikel ini gue mau sharing terkait dengan cara mengemudi mobil matik. Ya gampang sih, tapi tetep gue rasa perlu untuk dishare sebagai salah satu referensi orang yang ingin belajar mobil matik. Gue aja kan dulu cari artikel dulu di internet sebelum bawa mobilnya, hehe..

Si Boggil

Si Boggil

Okay,, perlu gue sampaikan. Saat ini yang umum di Indonesia ada 2 varian matik di mobil. Yang pertama biasa disebut Step AT, yakni transmisi matik konvensional. Saat berjalan, kita bakal ngerasain entakan perpindahan gigi seperti layaknya manual. Misal Step AT 4 percepatan, naah disini lu bakal ngerasain 4 kali entakan sampe dengan gigi tertinggi. Cocok nih buat yang pengen dapet nyaman dan masih pengen sedikit ngerasain sensasi manual hehehe… Yang kedua jenis matik CVT. Kalo ini rasanya sama kaya motor matik, lu gak bakal ngerasain entakan. Semua berjalan halus dari kecepatan rendah sampai dengan kecepatan tinggi. Secara kenyamanan, jenis ini lebih nyaman.

Nah, yang mau gue bahas disini yang Step AT ya guys. Soalnya mobil tua bangka (motuba) gue jenis matiknya yang konvensional hehe. Oya mobil gue Hyundai Getz lansiran 2004. Gimana sih cara pengoperasian matik di Hyundai Getz? Yuk mulai..

  1. Kenali persneling

Pertama, jangan samain kaya di motor matik. Mobil matik entah yang Step AT maupun CVT, pasti ada tuas persneling yang harus dipindah-pindah sesuai dengan kondisi jalanan. Jadi ngga asal injek gas dan rem aja layaknya motor matik yang tinggal plintir gas dan tekan rem aja, hehe.. Nah, tuas persneling mobil ini ada beberapa posisi huruf (dan angka) yang harus dipahami, yakni P-R-N-D-S-L, atau P-R-N-D-2-L, atau P-R-N-D-2-1, atau P-R-N-(D-3)-2-L.

Persneling matik Hyundai Getz

Persneling matik Hyundai Getz

Whatever, intinya ada 6 posisi disitu.. Di Getz gue sendiri tulisannya P-R-N-D-2-L. Dan jangan lupa ada tombol overdrive (OD) untuk matik Step AT aka matik konvensional, kaya di si Getz ini.

Tombol Overdrive Hyundai Getz

Tombol Overdrive Hyundai Getz

Kalo udah paham, yuk lanjut kenalan sama pilihan posisinya satu-persatu..

  1. Posisi P (Parking)

Posisi P ini digunakan saat kita mau berhenti lama atau parkir. Saat kita berhenti, langsung pindahkan ke P sebelum kita menarik kunci mobil. Tapi kalo kita Cuma mau berhenti sebentar misalnya di lampu merah, gak perlu menggeser ke P, cukup N saja. Begitu juga kalo lu mau parkir paralel, jangan pindahkan ke P, cukup N saja dan rem tangan di posisi off (ke bawah). Kalo parkir paralel dalam kondisi P, kasihan tukang parkirnya gak bisa dorong mobil hehe.. Oya, di posisi P ini aman untuk nyalain mobil.

  1. Posisi R (Reverse)

Kalo ini mah sama seperti di mobil bertransmisi manual, R digunakan untuk memundurkan mobil.

  1. Posisi N (Neutral)

N digunakan untuk menyalakan mobil, menunggu lampu merah, dan saat parkir paralel.

  1. Posisi D (Drive)

Nah, beda halnya dengan motor matik yang akan langsung jalan begitu gas dipelintir, di mobil matik, kita harus memindahkan tuas transmisi ke D dulu baru mobil bisa berjalan. Sebelum menjalankan mobil, nyalakan mesin, injak rem kaki, lepaskan rem tangan, pindahkan tuas transmisi ke D, lepas rem kaki dan jalan deh.. D ini digunakan untuk jalanan datar, agak nanjak, dan agak menurun. Pada posisi D ini, semua gigi bisa digunakan mulai dari gigi 1 sampai gigi terakhir (di Getz sampai 4), kecuali bila OD di posisi off (penjelasan di bawah). Kalo nanjaknya lumayan nampol gimana? Nah, lanjut ke penjelasan di bawah..

  1. Posisi 2

Saat menghadapi tanjakan atau turunan yang lumayan terjal, bagaimana gan? Ini dia, pindahin tuas transmisi ke posisi 2 ini gan.. Jadi, di 2 ini, gigi akan tertahan sampai dengan gigi 2 saja. So torsi akan terjaga sehingga lebih mudah melahap tanjakan atau turunan. Gue biasa pake posisi 2 ini di tanjakan parkiran mall.

  1. Posisi L / 1

Kalo tanjakan atau turunan lebih terjal lagi, posisi L ini yang digunakan. Dengan kata lain, gigi akan tertahan hanya di gigi 1 aja. Gue kayanya gak pernah pake L ini deh, secara di Jakarta belum nemu tanjakan yang terlalu terjal untuk dilahap 😀 , dan mobil belum dipake ke luar kota..

  1. Overdrive (OD)
Tombol overdrive Hyundai Getz

Tombol overdrive Hyundai Getz

Di mobil transmisi matik konvensional, kerap dijumpai ada tombol overdrive ini, letaknya di batang transmisi. Pengoperasian OD dilakukan dengan menempatkan tuas persneling di posisi D/D-3. Apa sih gunanya? Nah, tombol overdrive ini apabila di posisi “off”, maka gigi akan tertahan sampai dengan gigi 3 aja walaupun kita bejek abis pedal gasnya. Kalo di posisi “on” ya kita bisa jalanin mobil sampai gigi 4. OD sendiri kita nonaktifkan saat kita mau ngejar kendaraan, di tol misalnya. Biasanya, begitu kecepatan nyampe 80kmh, gue “off”kan fungsi OD. Nah si mobil akan tertahan sampe gigi 3 aja walaupun RPM terus naik. Disini kita bakal dapetin torsi yang lebih baik buat nyalip. Begitu bunyi RPM udah semakin tinggi, “on”kan lagi OD nya dan kita bisa melesat lebih cepat saat nyalip itu. Untuk keterangan yang lebih teknis, lu bisa buka link ini sob..

Tombol overdrive Hyundai Getz

Tombol overdrive Hyundai Getz

———

Nah, itu penjelasan mengenai cara pengoperasian matik Step AT di Hyundai Getz yang gue tau berdasarkan pengalaman gue sehari-hari. Di mobil lain mungkin aja ada sedikit perbedaan, mungkin. So kalo ada tambahan, sanggahan, koreksi, atau hal-hal lainnya, yuk sampaikan di kolom komentar, siapa tau bisa berguna buat yang lain..

Advertisements

10 thoughts on “Yuk, Belajar Mengemudi Mobil Matik Step AT

  1. gw ngajarin sodara gw matic cuma semenit …,
    Injak Rem, Maukkin ke D…, jangan di utak atik lagi tu tuas.
    habis itu gw tinggal tidur … , dianya kesel …, bejek gas trus rem mendadak…, terguling lah gw dari kursi tengah ke lantai mobil …. hahahaha

    Like

    • dalam keadaan normal emang cukup D aja.. yg pnting gk lupa rem biar gak nyelonong trs :D.. lagian crv mah dibawa nanjak pake D doang jg kuat ya gan?

      Like

    • N artinya Neutral. Di posisi ini bisa starter mobil. Aktifkannya cukup geser dari posisi R dan D tidak perlu tekan tombol di tuas or injak pedal rem. Di posisi ini transmisi tidak engage ke ban jadi mobil akan gelinding saja, biasa digunakan kalau parkir paralel….emang ngak perlu tekan tombol tuas…??

      Like

  2. Pingback: Jalan Lintas Sumatera, Jalan Dimana Tombol Overdrive Akhirnya Berguna | travelmotoblog

  3. make sure aja….apa ini benar : N artinya Neutral. Di posisi ini bisa starter mobil. Aktifkannya cukup geser dari posisi R dan D tidak perlu tekan tombol di tuas or injak pedal rem. Di posisi ini transmisi tidak engage ke ban jadi mobil akan gelinding saja, biasa digunakan kalau parkir paralel………(tidak perlu tekan tombol tuas)

    Like

    • yup bisa starter mobil..
      Nah pada saat pindah dari D ke N itu tak perlu tekan tombol di tuas persneling, cukup digeser aja, tapi kalau dari R harus tekan tombol tuas dulu sebelum menggeser..
      Sebelum memindahkan dari D atau R tentu kita harus injak rem dulu, memastikan mobil berhenti dengan sempurna, baru kita geser ke N.
      Yup kalau N bannya tetep menggelinding, beda kalau P bannya terkunci..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s