Antara Satria FU dan Sonic

The new contender has come, beware satria fu!! Your former enemy is ready to dethrone you!! Setelah lebih dari 10 tahun bermain sendirian di kelas ayago 150cc, akhirnya pecah telor juga. Pasti banyak yang bingung mana yang akan dipinang sebagai pengisi garasinya, sonic atau fu, and i’m one of them..
Bermula dari kondisi si scoopy yang udah gak karu-karuan dan bikin cape bolak balik ke bengkel, yang berujung gue kirim ke kampung ke rumah ortu. Alhasil sekarang gue gak punya motor, dan kemana-mana selalu pake mobil yang bensin dan tiket tolnya bikin kantong kering.. -____-.. Maka, gue pun bertekad untuk meminang motor baru.. Menimbang kemungkinan akhir tahun ini gue akan ditempatkan diluar jawa, awalnya pilihan gue KLX 150. Tujuan gue buat explore suatu daerah sampe ke pedalaman seperti yang biasa gue lakuin pas di NTT. Motor ini yang paling cocok sama jiwa petualang gue.
Dan kemudian gue berpikir, sebaiknya pilih motor buat harian aja yang bisa dipake sama nyonya, lagian KLX 150 overprice menurut gue.. Pilihan gue jatuh ke ayago karena bebek udh pernah dan matic jg, kalo sport entar dulu deh.. Fix per kemaren, ada 2 ayago yang jadi pertimbangan gue untuk dipinang, tak lain dan tak bukan Suzuki Satria FU 150 dan Honda Sonic 150r..

DESAIN
Pertimbangan pertama pada sisi desain. Kalo FU udah jelas lah, modelnya sejak 2004 cuma mengalami sedikit perubahan, daaaan ini adalah motor impian gue sejak 2005. Di mata gue, FU punya model yang dinamis, enak dipandang, dan tak lekang oleh waktu..

Suzuki Satria FU 150

Suzuki Satria FU 150

Lalu Sonic, saat pertama gue liat di gambar, hmmm bagus sih, tapi gue rasa terlalu kaku, apalagi model lampu belakang (plis lah AHM, bahkan stoplamp matik lo lebih bagus dari ini).. Dari sisi desain, si FU belum bisa dikalahkan (atleast according to my eyes)..

FITUR
Dari sisi fitur, jelas gue lebih milih Sonic.. Yang jadi pertimbangan gue, Sonic sistem pembakaran bbmnya udah injeksi dan udah pake radiator.. Kenapa harus injeksi? well, pertimbangan gue sih karena selama 3 kali beli motor, semuanya karbu, hahaha.. Masa hari gini masih karburator sih? :p .. Jadi kedudukan FU 1 – 1 Sonic.

Honda Sonic 150r

Honda Sonic 150r

MESIN
Mesin biasanya jadi pertimbangan orang buat milih motor juga.. FU dan Sonic sama2 dibekali mesin DOHC 150cc dengan output power yang sama, sekitar 16HP, tapi torsi sonic sedikit lebih unggul, 13,5 Nm dibanding FU 12,4 Nm.. Terus buat gue penting kaga? KAGA!!! Toh gue udah kapok kebut-kebutan dan udah gak pantes di usia gue yg udah 26..

So, pilihan gue?
Antara desain dan fitur, mana yang lebih gue pilih? Sementara ini pilihan gue Honda New Sonic 150r.. Terus kapan beli? Ntar aja deh setelah penempatan kerja, ribet kalo nanti harus kirim mobil dan motor ke luar jawa.. Plus, emang masih nabung juga sih buat DPnya ngoahaha..

Advertisements

4 thoughts on “Antara Satria FU dan Sonic

  1. kesalah buat honda, ya ngeluarin motor ga jelas macam cs1, coba langsung riset yg head2head sama satria dari awal…
    buat anak sma tahun 2003-2005, sonic tuh impian banget, coba aja liat lampu depan yg dipake buat bebek lokal yg dijadiin ayago.

    Like

    • waktu ngeluarin CS1, Honda gambling tuh, dan ternyata bukan selera banyak orang.. Nah sekarang pengen main aman lagi kayanya nih 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s