Mau Mudik Pake Mobil? Cek Bagian-bagian Ini

Guys, ada yang mau mudik pake mobil pribadi? Selain mempersiapkan kondisi tubuh, jangan lupa ya buat memastikan kondisi mobil kita juga dalam kondisi prima. Nah gue kebetulan lebaran kali ini mau mudik pake mobil pribadi untuk pertama kali. Minggu lalu udah bawa si mungil Getz ke bengkel spesialis Hyundai dan ke bengkel spesialis spooring dan balancing. Terus apa aja yang perlu diperhatikan guys? Oke deh, cekidot sob..

  1. General check up

Gue saranin lu segera datengin bengkel kepercayaan buat segera melakukan general check up. Gak harus di bengkel resmi kok, bengkel spesialis juga biasanya udah bisa. Dengan langkah ini, lu bakal tau kerusakan sampe yang terkecil sekalipun. Jangan sampe lah lagi capek-capek mudik, di tengah perjalanan tau-tau si mobil bermasalah, tambah capek kan?

  1. Tune Up Mesin

Jangan lupa sob buat tune up mesin. Biasanya montir akan mengecek berbagai filter, radiator, busi, injector atau karburator, dan lain sebagainya. Ingat, mesin adalah jantung kendaraan. Jangan sampai di tengah perjalanan tau-tau mobil kita mogok.

Yang sehat ya Getz..

Yang sehat ya Getz..

  1. Oli Mesin dan Oli Matik

Cek kapan terakhir kali oli mesin dan oli matik (kalau matik) mobil lu diganti. Oli mesin tiap 5.000 km dan oli matik tiap 40.000 km. Kalau harus diganti, jangan lupa buat pake oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan lu sob. Getz gue kemaren gue ganti oli mesin dan oli matiknya walau sebenernya oli mesinnya masih bisa buat 1.000 km lagi. Tapi gapapa lah, buat jaga-jaga aja.. Soalnya kan makin lama oli, akan makin cepat gejala overheat. Apalagi ini dibawa perjalanan jarak jauh dan macet. Nah makanya sebaiknya ganti aja guys…

DSC_0018

  1. Rem

Nah, ini bagian yang sangat krusial untuk keselamatan kita. Sebaiknya cek bagian rem, baik kampasnya maupun minyak remnya. Pas getz gue dicek, ternyata minyak remnya bocor dan semua kampasnya juga harus ganti.. Wah, lumayan juga kenanya sob..

  1. Kaki-kaki

Hayoo, jangan lupakan kesehatan ban mobil kita. Coba tanya ke bengkel, masih layak gak buat dibawa mudik? Jangan lupa tekanan angin juga memadai, gue biasa isi pake nitrogen. Terus jangan lupa juga nih perangkat suspensi, masih nyaman gak? Ingat, mudik ini bisa berjam-jam bahkan puluhan jam. Jangan sampai stabilitas dan kenyamanan terganggu gara-gara suspensi yang udah kurang mumpuni.

DSC_0014

  1. Spooring & balancing

Terkait kaki-kaki juga sih sebenernya. Spooring buat memastikan bahwa roda kanan dan kiri sudah berada pada posisi selaras. Sedangkan balancing untuk memastikan roda depan dan roda belakang sudah paralel. Ini penting banget guys buat kendaraan yang mau melakukan perjalanan jauh. Apalagi kalo bakal sering ketemu kendaraan gede macam bus dan truk. Kalo roda ngga selaras ataupun seimbang, dipastikan bakal sering nemuin gejala limbung saat papasan sama kendaraan-kendaraan gede itu. Nah dengan spooring dan balancing, kendaraan akan lebih stabil dan keausan pada ban akan ada pada posisi yang sama.

DSC_0020

  1. AC

Terutama buat yang berangkat pagi nih. Pasti bakal ketemu siang hari yang panasnya menyengat. Pastikan AC udah dalam kondisi prima. Lu gak mau kan sauna seharian di jalan? 😀 .

—–

Nah itu guys beberapa tips dari gue. Jangan lupa pilih bengkelnya yang terpercaya ya.. Tiap ada kerusakan, tanyakan secara detil apa kerusakannya, dan bandingkan dengan kondisi yang sehat. Jangan sampe kena tipu bengkel sob..

Oya, bengkel spesialis Hyundai tempat gue servis namanya Dian’t Jaya Motor yang berlokasi di Autoparts BSD. Kalo spooring di daerah Utan Kayu Jaktim, duh lupa namanya guys..

Bengkel Spesialis Hyundai

Bengkel Spesialis Hyundai

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s