Yamaha N-Max vs Rival: FITUR DAN HARGA

Balik lagi gue membandingkan antara Nmax vs Rival.. Setelah sebelumnya membandingkan dari sisi desain dan mesin, nah sekarang yuk kita bandingkan fitur dan harganya.

N-Max vs Rival : Desain

N-Max vs Rival : Mesin

Kita awali dengan fitur unggulan dulu ya guys.. Kira-kira apa aja senjata masing-masing motor agar mampu menarik calon konsumen? Yuk kita bahas, cekidot..

FITUR UNGGULAN

Honda PCX 150

  • Laci tertutup dilengkapi power charger

wpid-img_20141002_223545

Agan orang yang gak bisa lepas dari smartphone? Sering kesel smartphone kehabisan batre di perjalanan dan agan gk bawa power bank? Kalo gitu, PCX sesuai dengan kebutuhan agan. Buka laci kiri depan, dan disitu ada power charger buat agan ngecas hp atau perangkat elektronik lainnya.

  • Answer Back System terintegrasi dengan remote alarm

wpid-cymera_20140930_230601

Fitur ini buat memudahkan kita mencari posisi motor PCX agan. Dengan menekan tombol pada remote, lampu sein PCX agan akan menyala sambil mengeluarkan bunyi. So, kalo lupa naruh motor agan di parkiran, gampang agan cari.

  • Idling Stop System

Kalo agan sering kejebak macet atau sering ketemu lampu merah, fitur ini berguna buat agan. Kalo motor berhenti selama minimal 3 detik, mesin akan mati sendiri, dan akan langsung nyala ketika handle gas agan buka. Selain membawa keuntungan buat agan sendiri, yakni hemat bbm, agan juga ikut berperan dalam mengurangi emisi gas buang kendaraan.

  • Two Riding Positions

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kenyamanan adalah hal paling diutamakan dari sebuah maxy scoot. Selain jok yang lebar dan empuk, bagian kaki juga diberi keleluasaan. Yap, terdapat dua posisi yang dikhususkan untuk kaki. Pertama, posisi kaki selayaknya naik motor matic biasa. Kedua, kaki bisa diselonjorin yang bikin posisi riding agan lebih santai kaya di pantai cuy..

  • Tangki bensin tak perlu membuka jok

wpid-cymera_20141004_003850

Agan-agan yang suka motor matik ngerasa ribet dengan tangki di bawah jok? Pengen punya motor matik dengan fitur tangki layaknya motorsport yang tinggal buka tanpa menutup jok? Tenang, dengan beli PCX, agan bisa dapet fitur itu. Ngisi bensin sambil tetep duduk manis di jok motor tetep bisa dilakukan. Kecuali agan beli bensin di Shell, tetep disuruh turun sama pelayannya 😀 .

  • Volume bagasi terbesar
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Penempatan tangki bensin yang bukan di bawah jok, otomatis berimbas pada kelegaan bagasi PCX dengan volume 25 liter. Agan masih bisa naruh helm full face dan masih ada sisa buat naruh jas hujan dll..

  • Kapasitas tangki bbm terbesar

Kapasitas tangki bbm PCX sebesar 8 liter, lebih besar dari N-Max yang hanya 6,6 liter. Hal ini akan mengurangi intensitas agan bertamu ke pom bensin.

  • Semua lampu pake LED

wpid-wp-1412077103578

Headlamp, stoplamp, lampu sein, dll semuanya pake Light Emitting Diode (LED), full. Lebih hemat daya dan tampilan lebih kece.

  • Lampu hazard
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Lampu sein bisa kedip dua-duanya kaya mobil. Masalah penting atau ngga, silakan tanya pada diri agan sendiri, 😀

*Ijin nginjeum gambarna Mang Kobayogas, haturnuhun nya..

—–

Yamaha Nmax

  • Antilock Brake System (ABS)

remdepannmax-abs

Ini bagian vital yang menurut beberapa orang bikin PCX over price. ABS yang biasanya dijumpai di motor-motor premium, kini bisa didapatkan di motor dengan harga di bawah 30 juta rupiah saja.

  • Double Disc Brake

Yamaha-NMAX-155-ABS-VVA-0011

Pengen punya motor matik dengan rem cakram di roda depan dan roda belakang? Nah, Nmax pilihan tepat buat agan. Sekarang agan bisa dapetin double disc brake di motor matik tanpa harus modif.

  • Two Riding Positions

yamaha-NMAX-test-5

Sama seperti PCX, N-Max juga punya fitur ini. Udah semacam menu wajib di skutik gambot.

  • Tangki bensin tak perlu membuka jok

floor-deck-nmax

Sama kaya PCX nih, N-Max juga kalo mau ngisi bensin gak perlu buka jok. Sambil ongkang-ongkang di atas motor juga bisa.

  • Volume bagasi besar

bagasi-nmax

Bagasi N-Max sedikit lebih kecil dari PCX, volumenya 23 liter. Agan juga masih bisa naruh helm full face dan masih ada sisa buat naruh jas hujan dll di bagasi N-Max. Tapi helm full facenya harus agan balik (lubang helm di atas) biar bisa muat.

  • Pelek ukuran 13 inchi, unik

Motor matik di Indonesia  biasanya pake pelek ukuran 14 inchi, atau 11 dan 12 inchi buat Vespa. Nah, N-Max dibekali pelek ukuran 13 inchi. Ukuran pelek yang berbeda dengan skutik kebanyakan tentunya akan memberi suatu keunikan tersendiri yang bisa menjadi daya tarik, ntah bagi calon pembeli atau lirikan orang-orang di lampu merah. Tapi konsekuensinya, pilihan ban gak sebanyak matik pada umumnya.

  • Ban gambot

NMAX-yamaha-1

Selain keunikan dari peleknya, N-Max juga dipersenjatai dengan ban berukuran gambot, ban depan 110/70-13 dan ban belakang 130/70-13, bandingkan dengan PCX yang hanya 90/90-14 (depan) dan 100/90-14 (belakang). Ban depan Nmax aja masih lebih lebar dari ban belakang PCX.. Selain menambah kestabilan, secara estetika juga pastinya lebih enak dipandang.

  • Lampu depan LED

N-Max juga udah dilengkapi lampu LED, tapi Cuma lampu utama aja gan.

*Ijin nginjeum gambarna wak Haji Taufik, haturnuhun nya..

—–

Honda Vario 150

  • Idling Stop System

Sama kaya PCX punya nih.

  • Lampu depan LED

Lampu-Depan-Vario-150-eSP

Gak kalah ama PCX dan N-Max, lampu depan Vario juga udah pake LED gan.

  • Volume bagasi besar

Bagasi-Vario-150-eSP

Walau gak sebesar PCX dan N-Max, tapi bagasi 18 liter Vario 150 masih cukup buat naruh helm full face.

  • Fitur standar matik lainnya

Secure-Key-Shutter.

Fitur lainnya sih ya fitur-fitur biasa yang udah sering kita jumpai di matik-matik konvensional, misalnya side stand switch, secure key shutter, standar matik masa kini lah.

——–

HARGA

Bicara urusan harga, paling murah tentu Vario 150, tapi harganya mepet sama N-Max standar (non ABS), bisa-bisa kuenya termakan N-Max nih.. Nih detailnya..

Honda Vario 150

  • Type Sporty = Rp20.050.000
  • Type Exclusive = Rp20.200.000

Sumber: AHM

Yamaha Nmax

Standar = Rp23.500.000

ABS = Rp27.900.000

Sumber : bisnis.com

Honda PCX 150

Rp39.800.000

Sumber: AHM

—————

KESIMPULAN

Berbicara tentang motor matik pasti berbicara tentang fitur. Tinggal balik lagi ke agan, fitur mana yang lebih agan butuhkan, kemudian apakah budget juga agan pertimbangkan? Maka ini kesimpulan dari ane untuk agan:

  • Buat agan yang pengen motor maxy scoot aka skutik gambot dengan harga terjangkau dan penuh dengan fitur menarik, terutama fitur keselamatan, N-Max ABS adalah yang paling tepat.
  • Buat agan yang pengen skutik gambot dengan harga paling terjangkau, ya ambil N-Max standar. Cuma selisih 3jutaan dari Vario 150, agan dapet motor yang lebih kece dengan beragam fitur menarik yang ngga agan temuin di Vario 150.
  • Buat agan yang pengen skutik gambot yang dilengkapi power charger dan beberapa fitur fungsional yang sedikit lebih unggul, agan bisa tebus PCX 150. Yang jadi masalah, dengan fitur yang hampir sama dengan N-Max, agan harus nyiapin uang yang jauh lebih banyak. Selisihnya dengan N-Max ABS hampir 12juta, dan agan gak mendapatkan fitur ABS yang sangat berguna untuk keselamatan.
  • Kalo agan fanatik Honda dan pengen punya skutik dengan mesin yang lumayan bertenaga tanpa mempertimbangkan desain dan beragam fitur, pokoknya yang penting murah, mesin bertenaga, dan merk Honda, maka vario 150 udah cukup buat agan.

Nah itu dari gue gan, gue mencoba seobyektif mungkin berdasarkan yang gue ketahui dari berbagai sumber. Semisal ada yang kurang dan mau agan tambahkan, silakan isi di kolom komentar..

Advertisements

5 thoughts on “Yamaha N-Max vs Rival: FITUR DAN HARGA

  1. It’s just too challenging and the rewards too nebulous for your will power to be successful.
    But, it needn’t be that hard; in fact with the right knowledge and the right product iit
    can actually be quitfe easy. The vast majority of smokers who cease smopking permanently smoking do so without any
    type of medication (eg Leee and Kahende, Am J Public Health 97: 1503-1509, 2007).

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s