Yamaha N-Max vs Rival: MESIN

Pada artikel sebelumnya, gue telah membahas tentang desain dari Nmax, PCX dan Vario 150.

N-Max vs Rival : DESAIN

Kali ini kita komparasi kita merambah ke sektor mesin. Ketiga skutik ini dibekali mesin SOHC 150cc. Lantas manakah yang memiliki kemampuan terbaik (diatas kertas)? Gak usah banyak cingcong lagi, yuk kita bahas.. Cekidot..

  1. Yamaha N-Max
Yamaha NMax . Pic by YIMM

Yamaha NMax . Pic by YIMM

Yamaha membenamkan mesin SOHC 4 valve 155cc sebagai dapur pacu N-Max. Tenaga yang dihasilkan mencapai 11,1 kW (14,8 HP) pada 8.000 rpm, dan torsi yang dihasilkan mencapai 14,4 Nm pada 6000 RPM. Tenaga dan torsi tersebut mendorong body seberat 127kg. Sedangkan Yamaha N-Max tanpa ABS berbobot sedikit lebih ringan 1kg.

Yamaha membenamkan filosofi Blue Core yang diklaim handal, bertenaga, dan efisiensi penggunaan bahan bakar. Yamaha juga mengaplikasikan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Dengan VVA, Yamaha menjamin mesin akan lebih responsif saat melakukan akselerasi dan dapat mempertahankan tenaga dari RPM rendah hingga tinggi.

Spesifikasi lengkap : Yamaha Indonesia

  1. Honda PCX
Honda PCX 150 . Pic by AHM

Honda PCX 150 . Pic by AHM

Kubikasi mesin PCX lebih kecil, yakni 153cc SOHC. Hal ini berimbas pada power maksimal yang dihasilkan sebesar 9,9 kW atau 13,5 PS pada 8.500 rpm dan torsi 13,7 Nm pada 5.500 rpm. Tenaga dan torsi maksimum yang dihasilkan lebih kecil daripada Yamaha N-Max. Power dan torsi tersebut harus menopang body dengan berat 131 kg, lebih berat dari Yamaha N-Max.

Spesifikasi lengkap : Honda Indonesia

  1. Honda Vario 150
Honda Vario 150 . Pic by AHM

Honda Vario 150 . Pic by AHM

Honda membekali Vario 150 dengan mesin SOHC 150cc. Mesinnya mampu memuntahkan tenaga maksimal 9,3 kW atau 12,5 HP pada 8.500 rpm dan torsi maksimalnya 12,8 Nm pada 5.000 rpm.Power dan torsinya memang paling kecil diantara ketiganya, tapi bobot Vario 150 adalah yang paling ringan, Cuma 109kg saja.

Spesifikasi lengkap : Honda Indonesia

—————————–

Ternyata, N-Max telah dibekali mesin sesuai dengan desainnya. Desain sportinya telah disandingkan dengan mesin paling bertenaga. Tapi, apa Cuma desain dan mesin saja yang jadi pertimbangan para konsumen dalam memilih motor matik? Jangan lupakan fitur dan harga, mari kita bahas di artikel selanjutnya.. stay tuned, guys!! 😉

Advertisements

6 thoughts on “Yamaha N-Max vs Rival: MESIN

  1. Pingback: Yamaha N-Max vs Rival: FITUR DAN HARGA | travelmotoblog

  2. Motor matic plus bebek di Indonesia ini lebih sering difungsikan sbg kuda beban. Alias motor harian untuk segala aktivitas. Ya buat ke kantor,ya buat belanja,ya buat beli galon.

    Dengan kondisi spt itu,rasanya desain ala nmax/pcx akan sulit menjadi booming. Yaaah….kalo di motor batangan bisa di ibaratkan antara motor full fairing plus naked. Hayooo…laku yg mana?
    Maka dari itu,saya kurang sependapat jika nmax dibenturkan dg vario 150. Yakin dech,yamaha sedang menyiapkan xeon/gt 150 untuk melawan vario. Sedangkan nmax diposisikan sebagai pelengkap line up plus bertugas mengangkat image maticnya yamaha. (Diluar yg cbu).

    Pertanyaannya,akan spt apa sesain next xeon? Mengingat si vario 150 nyaris tanpa cacat. Yaah…semoga yamaha mampu membuat kejutan.

    Like

    • thanks mas prabu atas masukannya…
      ya memang sih kalo untuk harian, rasa-rasanya desain matik konvensional kaya vario lebih cocok.
      Tapi yakin deh, ada jg pasti yang berpikiran dengan selisih sedikit, lebih baik ambil nmax non abs..
      Secara penjualan keseluruhan, mungkin vario 150 tetap akan mengungguli nmax, tapi disini bisa saja kehadiran nmax non abs mengganggu penjualan vario. Dengan kata lain, pasar vario akan sedikit termakan..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s