MT-25 vs kompetitor : SPESIFIKASI MESIN

Guys, balik lagi nih.. Sebelumnya, gue udah nulis komparasi antara 5 naked bike bermesin 250cc, yaitu dari segi desain dan harga.

MT-25 vs Kompetitor : DESAIN

MT-25 vs Kompetitor : HARGA

Nah , kali ini giliran kita merambah ke dapur pacunya. Ruang lingkup bahasan gue cuma spesifikasi di atas kertas berdasarkan klaim masing-masing pabrikan. Kenyataan di lapangan bisa aja berbeda, so ini dia urutannya berdasarkan spesifikasi mesin dengan performa paling yahud,, Cekidot:

  • Yamaha MT-25
Yamaha MT-25. Pic by Yamaha Indonesia

Yamaha MT-25. Pic by Yamaha Indonesia

Identik dengan mesin Yamaha R25, di atas kertas anggota terbaru clan MT ini punya performa paling jos dibanding kompetitor. Mesin 2 silinder 250cc DOHCnya mampu menyemburkan tenaga sebesar 26,5kW atau 36PS @12.000 rpm dan torsi 22,6Nm @10.000 rpm.

Di atas kertas, mesin MT-25 mempunyai performa paling tinggi diantara kompetitor, apalagi bobotnya Cuma 165kg. Tenaga disalurkan ke roda belakang dengan ukuran 140/70-17, sedangkan ban depannya 110/70-17.

Spesifikasi lengkap dapat dilihat di: Yamaha Indonesia

  • Kawasaki Z250
Kawasaki Z250. Pic by Indianautosblog

Kawasaki Z250. Pic by Indianautosblog

Setali tiga uang dengan Yamaha MT-25, Kawasaki Z250 juga mempunyai mesin yang sama dengan versi fairingnya, yakni Ninja 250FI. Mesin DOHC dua silinder 250cc yang dicangkokkan mampu memproduksi tenaga sebesar 23,5 kW atau 32PS @11.000 rpm dan torsi maksimalnya sebesar 21 Nm @10.000 rpm. Z250 sedikit lebih berat dari MT-25, yaitu seberat 168kg. Tenaganya disalurkan ke ban dengan ukuran yang sama dengan MT-25.

Spesifikasi lengkap dapat dilihat di: Kawasaki Indonesia

  • Benelli TNT 250
Benelli TNT 250. Photo by Benelli Indonesia

Benelli TNT 250. Photo by Benelli Indonesia

Sama halnya seperti MT-25 dan Z250, Benelli TNT 250 dibekali mesin DOHC dua silinder paralel berkapasitas 250cc. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga yang sama besar dengan Z250, yakni 23,5 kW atau 32PS @12.000 rpm, tapi torsinya sedikit lebih kecil, 20 Nm @9.000 rpm. Bobotnya paling berat diantara kelimanya, 196kg. Selain itu, tenaga disalurkan ke ban belakang yang gambot, yaitu ukuran 160/60-17. Ban depannya sendiri berukuran 120/60-17, paling gambot diantara berlima. Secara teori, ban yang gambot akan mengakibatkan kehilangan tenaga di roda belakang semakin besar. Tapi imbasnya, penampilan jadi makin macho..

Spesifikasi lengkap dapat dilihat di: Benelli Indonesia

  • Kawasaki Z250SL
Kawasaki Z250SL. Pic by Kawasaki Indonesia

Kawasaki Z250SL. Pic by Kawasaki Indonesia

Motor naked dengan desain kesukaan gue ini dibekali mesin DOHC satu silinder 250cc yang mampu menyemburkan tenaga 28PS @9.700 rpm dan torsinya sebesar 22,6Nm @8.200 rpm. Eits, walau powernya cukup kecil, ternyata torsinya gede juga ya, setara dengan MT-25. Selain itu, ini motor emang ringan sih untuk ukuran 250cc, “Cuma” 148kg untuk yang standar, dan 150kg untuk versi ABS, paling ringan diantara berlima.. Yaaah, namanya juga “SL” alias Super Light. Ukuran bannya juga lebih kecil, yang belakang 130/70-17 dan yang depan 100/80-17. Ukuran ban yang kecil ini bikin tenaga yang hilang lebih dikit.

Spesifikasi lengkap dapat dilihat di: Kawasaki Indonesia, dan disini

  • Suzuki Inazuma
Suzuki Inazuma. Photo by Suzuki Indonesia

Suzuki Inazuma. Photo by Suzuki Indonesia

Nah, sampai pada posisi bontot dalam komparasi spesifikasi performa mesin di atas kertas. Tak lain tak bukan adalah Suzuki Inazuma. Mesin 250cc nya hanya sanggup meraih tenaga maksimal sebesar 18 kW atau 24PS @8.500 rpm, tapi torsinya lumayan, 22 Nm @6.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan bisa dikatakan kecil karena mesinnya SOHC. Tenaga disalurkan ke ban belakang 140/70-17, sedangkan ban depannya 110/80-17. Motor ini bobotnya 182kg, terberat kedua diantara berlima.

Spesifikasi lengkap dapat dilihat di: Suzuki Indonesia, dan disini

Semoga suatu saat bisa test ride kelimanya deh, biar tau apakah urutan performa realnya akan sama seperti list yang gue buat ini yang berdasarkan spesifikasi diatas kertas. Hehe..

Advertisements

18 thoughts on “MT-25 vs kompetitor : SPESIFIKASI MESIN

      • Memang jarang bro, mungkin orang lebih minat yang 2 silinder. Tapi sebenarnya kalo buat dalam kota lebih enak 1 silinder, lebih hemat bahan bakar juga… soalnya aku pake Z250SL

        Liked by 1 person

      • Nampaknya begitu bro Denny, coba kalo Z250SL dipakein dua silinder juga, mungkin lebih banyak yang berkeliaran di jalan 😀

        Like

    • @tomcat : Kalo ente bertanya spt itu, lebih kasian mt25 bro. Karena buatan Indonesia. Wkwkwk

      Gimana tuh, buatan Cina yang begitu maju aja (sampe bisa buat kereta tercepat di dunia) masih diragukan

      Apalagi buatan Indonesia (beli kereta yang biasa, bekas pula) lebih parah lagi kan

      Rubah image anda tentang “made in china”

      Like

  1. IMHO
    Desain: 1. Benelli TNT 250 2. Inazuma 3. Z250sl 4. MT-25

    Top speed berdasarkan klaim pabrikan 1. Mt25 2. Benelli tnt 250 3. Z250sl 4. Inazuma

    Akselerasi berdasarkan PWTR 1. Z250sl 2. MT25 3. Benelli TNT 250 4. Inazuma

    Handling ane belum nyoba tnt 250 dan mt25. Tapi yang ane tau handling yang paling enak 250cc yang pernah ane coba itu Inazuma

    Ga percaya? Coba sendiri deh.

    Liked by 1 person

    • Thanks gan frodie informasinya..
      Inazuma emang mengedepankan kenyamanan dibanding performa, soalnya kan buat turing.. :beer:

      Like

  2. Ane pake benelli zafferano 250 gen 1 yang rumorya struktur mesin kurang tepat. Tiap hari ane geber top speed sampe 140kpj. karena ane suka banget suaranya kalo diblayer mirip cbr 250. Meledak ledak. Tiap hari ane geber sama sekali motor ga mengeluh, ga ada kerusakan apa”, pihak benelli menarik motor saya, di gantilah mesin motor saya dengan gen 2( sudah perbaikan struktur) alias mesin baru gress.

    Itulah sebenarnya kualitas benelli. Yang tau krisis itu pasti memberi apresiasi buat benelli.

    Like

    • Nah ini, review langsung dari pengguna Benelli.. Untuk produk-produk baru yang masih awam di masyarakat emang harus sering2 baca/denger dari pengguna langsungnya..
      Kaya info dari agan Frodie ini,, berguna buat calon konsumen yang naksir Benelli tapi masih ragu kualitasnya. Agan Tomcat harus baca komen bro Frodie ini nih hehe..
      Thanks bro..

      Like

      • Ok sama” bro 🙂
        Ane penikmat motor, pengamat, plus pedagang motor” mungkin ga laku dipasaranpun saya beli. Yang penting ane bisa menikmati. Jadi spt cbr 250, inazuma, n250, n250rr mono, z250, benelli zafferano,TZM, NSR SP, dll. sudah pernah saya punyai. Jadi ane tau persis karakter motor” tsb. Handling, power, akselerasi, suara ane tau semua gan

        Thanks bro udh bisa sharing

        Liked by 1 person

      • Wah mantap bro.. Ane juga punya cita-cita seperti itu, tapi sekarang masih fokus memenuhi kebutuhan primer keluarga kecil ane.. Ntar klo udh tercukupi semua (sandang, pangan, papan), saatnya memuaskan hobi, hehe…

        Sama-sama bro.. :shakehand: 🙂

        Like

  3. Z250sl lbh gagah dan garang, cuma kurang nya cuma di 1 silinder aja, coba 2 silinder mt 25 tu ga ada apa”nya, udh bntuknya kayak vixion gtu wkwkw

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s