MT-25 vs kompetitor : DESAIN

Para pecinta sepeda motor khususnya di tanah air pastinya udah lama menantikan kehadiran naked bike dari Yamaha di kelas 250cc. Selama masa menunggu, seringkali kita disuguhkan spyshot dari berbagai sudut si naked bike ini. Akhirnya, tepat pada hari Sabtu tanggal 6 Juni 2015, Yamaha resmi memperkenalkan naked bike 250cc nya ke publik, dengan nama Yamaha MT-25.

Kehadiran MT-25 semakin memberi pilihan kepada konsumen. Makin banyak pilihan, biasanya kita semakin bingung mana yang paling tepat buat ngisi garasi kita. Pada artikel ini, gue mencoba membandingkan dengan kompetitor. Gak peduli 1 atau 2 silinder, disini yang gue bandingkan adalah motor-motor streetfighter dengan kapasitas mesin 250cc.

Desain adalah hal yang sangat subjektif untuk dibandingkan dengan produk lainnya. Well, gak ada motor yang punya desain mutlak paling baik. Masalah bagus atau nggaknya sebuah desain motor berdasarkan selera masing-masing. Yang membedakan mungkin hanya kesukaan mayoritas yang membuat suatu desain mendapat penghargaan. Selera gue pastinya berbeda dengan selera orang lain. Nah berikut urutan motor streetfighter 250cc dengan desain terbaik menurut versi GUE, cekidot:

  1. Kawasaki Z250SL
Kawasaki Z250SL. Photo by Kawasaki Indonesia

Kawasaki Z250SL. Photo by Kawasaki Indonesia

Dari pengamatan mata gue, Z250SL pantas untuk dinobatkan sebagai motor paling cantik dibandingkan dengan naked 250cc lainnya.  Motor ini merupakan versi telanjang dari Kawasaki Ninja RR Mono. Kekuatan utama RR Mono bukan pada fairing sehingga ketika fairingnya dilepas, keindahannya gak berkurang, dan jadilah Z250SL yang cantik menawan.

Kelima motor yang hadir di artikel ini semuanya menggunakan sasis teralis. Tapi credit lebih gue berikan kepada Z250SL yang menggunakan sasis ala ala Ducati. Apalagi sasisnya dilabur warna merah pada varian berwarna hitam, makin cantik lah si super light ini. Kekuatan lainnya dari motor ini adalah bagian bodi samping dan buritan yang bikin gue demen membuntuti motor ini di jalanan.

  1. Kawasaki Z250
Kawasaki Z250. Photo by Kawasaki Indonesia

Kawasaki Z250. Photo by Kawasaki Indonesia

Bukan Kawasaki namanya kalau gak bisa menciptakan sepeda motor dengan desain yang menawan. Kawasaki Z250 merupakan versi “tanpa hijab” dari Kawasaki Ninja 25FI. Hal pertama yang gue demen dari Z250 ini adalah ukurannya yang gambot laksana moge. Hal lainnya yang gue suka adalah headlamp yang garang dengan dua lampu utama, khas clan Z. Secara keseluruhan, desain motor ini memang terlihat selaras dengan kakak2nya di clan Z, gambot, garang, dan kesannya mengintimidasi.

  1. Yamaha MT-25
Yamaha MT-25. Pic by Yamaha Indonesia

Yamaha MT-25. Pic by Yamaha Indonesia

Yamaha MT-25, sebagai tokoh utama di artikel ini gue tempatkan di posisi ketiga. Motor ini adalah versi naked dari R25 dengan beberapa ubahan seperti desain tangki, tambahan behel tanduk, dan desain body di bawah jok yang berbeda. Namun, menurut gue desainnya kurang indah. Padahal R25 sendiri sangat memikat. IMHO, hal ini karena kekuatan utama R25 ada pada fairingnya, sehingga pas dicopot, keindahannya jauh berkurang. Rangka tubularnya ngga cocok buat ditonjolin, mungkin akan lebih indah seumpama ditutup layaknya Z250. Hal yang paling gue suka dari motor ini adalah undercowlnya, ciamik..

  1. Benelli TNT 250
Benelli TNT 250. Photo by Benelli Indonesia

Benelli TNT 250. Photo by Benelli Indonesia

Satu-satunya merk non-Jepang di artikel ini. Bila kita perhatikan, sosoknya mengingatkan kita pada desain moge dari Kawasaki, yaitu ER6N. Yang paling gue demen dari motor ini yang pertama adalah sasisnya, tebel dan tampak kokoh, mirip-mirip Ducati. Yang kedua adalah kaki depannya yang udah dibekali Upside Down (USD), bikin ni motor bener-bener kaya moge.

Awalnya agak bingung menempatkan posisi motor ini dengan MT-25 pada artikel ini, tapi ketika diliat keseluruhan, MT-25 lebih enak dipandang oleh mata gue. So, Benelli TNT 250 cukup menempati posisi keempat.

  1. Suzuki Inazuma
Suzuki Inazuma. Photo by Suzuki Indonesia

Suzuki Inazuma. Photo by Suzuki Indonesia

Penghuni klasemen terakhir dari komparasi desain di artikel ini adalah produk Suzuki, yakni Inazuma. Ntah mengapa gue liat Inazuma ini biasa aja. Joknya menyatu dan mirip motor “biasa”, desain body dan spakbor juga biasa banget. Walaupun begitu, motor ini tertolong dengan body yang bongsor bak moge, 2 knalpot di kanan kiri, serta lampu sein pada shroud.

Setuju gak guys? Atau ada pendapat lain? Hehe.. Sayangnya Honda CB250 gak dijual dimari yah..

Advertisements

9 thoughts on “MT-25 vs kompetitor : DESAIN

  1. Pingback: MT-25 vs kompetitor : HARGA | travelmotoblog

  2. Ninja sl paling kekar di daerah mesinya, kesanya padet, wajar kayanya mesinya bukan inline, jadi keliatan gede,

    Kalo z250 kesanya mesin kecil tapi ketutup fairing kathokan

    Kalo mt25, tambah kedodoran

    Wkkakakakak

    Like

    • Hehe, iya, selain itu Z250SL emang motornya kecil dibanding naked 250cc lainnya, jadi area mesin tampak lebih padet..

      Like

  3. Pingback: MT-25 vs kompetitor : SPESIFIKASI MESIN | travelmotoblog

  4. Kalau ane setuju dg urutan spt ini kang..
    1. Kawasaki Z250 : alasan utama : headlamp juossssssss…. terlihat sangar dan garang.
    2. Yamaha MT-25 : sebenarnya 11-12 ma Z250, MT25 juga joss desainnya. hanya kalah di headlamp ane kira.
    3. Kawasaki Z250SL
    4. Benelli TNT 250
    5. Suzuki Inazuma

    Like

  5. seandainya MT25 pake rangka deltabox, swingarm banana, suspensi depan upsidedown, headlamp depan pake NVA, air Shroud dirombak dikit, pasti kompetitor di atas kalah telak. rada kecewa sama mt25. gak all out

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s