Sore Itu di Pulau Bidadari, Ketika Keindahan dan Tragedi Bercampur Menjadi Satu

After say hi to a bunch of giant lizards in Rinca and sunbathing in a very small island Kanawa, it’s time for us to visit the last destination of that one day trip to Komodo National Park. Yeap, next chapter is Angel Island aka Pulau Bidadari. It has the same name with an island inThousand Islands Jakarta, but it is located in Komodo National Park.

Pulau Bidadari, dari namanya aja udah pasti bayangan kita adalah suatu pulau yang cantik laksana bidadari. Sama seperti halnya Kanawa, pulau ini dikelola oleh WNA. Ya inilah salah satu hal yang bikin gue miris. Di kita ini kan banyak banget tempat wisata yang indah dan menjual, tapi sayangnya mayoritas dikelola oleh WNA. Seolah-olah kita tamu di negeri sendiri 😦  .

Pulau Bidadari, Flores. Pic by zahraizz17.blogspot

Pulau Bidadari, Flores. Pic by zahraizz17.blogspot

Back to topic!! Sama seperti pulau-pulau lainnya di wilayah Taman Nasional Komodo, pulau ini dikelilingi pasir putih yang lembut. Dan di tengahnya terdapat bungalow-bungalow tempat menginap para traveler.

Augus siap beraksi

Augus siap beraksi

gue gak mau kalah dong

gue gak mau kalah dong

Begitu sampai di pulau ini, gue dan Augus langsung memasang snorkel gear untuk kembali menikmati keindahan coral dan ikan-ikan di dalam lautnya. Sedangkan Pak Zen bersantai sama kapten kapal dan ABK di atas kapal. Gue dan Augus pun nyebur menikmati keindahan coral dan ikan warna-warni. Tiba-tiba Pak Zen teriak “Bar, ada hiu kecil!!! Gue sama Augus mendekati spot yang ditunjuk Pak Zen, dan disitu seekor hiu berukuran kecil sedang asik berenang kesana kemari. Ntah emang jenis hiu kecil atau itu baby shark, IDK.

coral warna warni Pulau Bidadari, Flores. Pic by intaninchan

coral warna warni Pulau Bidadari, Flores. Pic by intaninchan

Keasikan snorkeling membawa gue dan Augus lebih ke tengah ke spot yang lebih dalam. Hingga akhirnya ada kejadian yang bikin gue sport jantung. Si Augus tiba-tiba panik dan minta tolong ke gue sambil cengap-cengap mencoba keluar dari air. Gue pun panik, gue nyoba ngasih tangan gue buat nyelametin dia tapi ternyata gue gk bisa berenang sambil bawa dia. Akhirnya gue menepi sambil teriak minta tolong ke Pak Zen.. “Pak toloooong, Augus tenggelam”. Tapi Pak Zen Cuma cengar-cengir aja sambil ekspresi mukanya bingung gitu. Akhirnya Augus bersandar di sebuah batu. Fiuh agak tenang gue.. Setelah itu dia berenang ke pinggir. Augus cerita ke gue kalo dia ketarik arus kencang. Gue sama dia balik ke kapal dan Pak Zen nyeletuk, “Kenapa tadi bar? Dapat ikan?”.. “Hahaha, bukan pak, Augus tadi hampir tenggelam”. Jarak yang cukup jauh membuat komunikasi gue dan Pak Zen gak nyambung saat Augus tenggelam. Akhirnya gue ceritain lah kejadiannya.

Posisi Augus tenggelam di deket kapal di laut, tapi lebih ke tengah. Pic by intaninchan

Posisi Augus tenggelam di deket kapal di laut, tapi lebih ke tengah. Pic by intaninchan

Setelah itu, Augus belum kapok buat snorkeling, dia akhirnya pake pelampung. Gue takut kejadian kaya Augus, akhirnya pake pelampung juga hahaha.. Nyebur lagi kita Gus..

Ya begitulah, akhirnya hari yang semakin sore memaksa kami untuk segera berlabuh ke Labuan Bajo.. Ah, puas banget gue hari itu.. Dan gue berdoa semoga diberi kesempatan untuk penugasan ke Labuan Bajo lagi. Ketika tiba saat itu, gue akan kembali menjelajahi Taman Nasional Komodo, banyak spot yang belum sempat gue singgahi karena keterbatasan waktu.

Hari itu diakhiri dengan menyantap ikan bakar di sepanjang pesisir pantai Labuan Bajo. Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan? 😀 😀

Advertisements

5 thoughts on “Sore Itu di Pulau Bidadari, Ketika Keindahan dan Tragedi Bercampur Menjadi Satu

  1. Pingback: Throwback: Pulau Kanawa, Kepingan Surga di Taman Nasional Komodo | travelmotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s