Menganalogikan pabrikan motor ke dalam pabrikan mobil

credits to logos.wikia.com

credits to logos.wikia.com

Well, setelah gue perhatikan, kayanya ada persamaan antara pabrikan motor dan pabrikan mobil, khususnya pabrikan Jepang. Emang apa aja? Cekidot gan..

  1. Honda –> Toyota

Lho kenapa Toyota? Kan pabrikan mobil juga ada Honda?! Jadi gini, disini gue ngebandingin dari sisi penjualan, produk unggulan, dan desain.

  • Penjualan

Seperti kita ketahui bersama, di dunia kendaraan roda dua khususnya di Indonesia, saat ini Honda udah tak terbendung lagi. Bertahun-tahun jadi market leader di pasar otomotif roda dua Indonesia, bahkan terakhir di bulan April 2015 sanggup menguasai 66,45% pasar.

Hal ini ngga berbeda jauh dengan Toyota yang terus memimpin penjualan mobil di Indonesia. Bulan April 2015, Toyota menguasai 36,8% pasar.

Oya, apalagi Honda motor dan Toyota ini masih satu grup , “ASTRA”!!

  • Produk unggulan

Baik Astra Honda Motor maupun Toyota meraih penjualan yang sangat tinggi atas produk-produk entry levelnya. Untuk Honda sebut saja motor matik Honda Beat dan Honda Vario yang menyumbang penjualan terbesar.

credits to motorcomcom.blogspot.com

credits to motorcomcom.blogspot.com

Prestasi matik-matik Honda tersebut dapat dibandingkan dengan Toyota Avanza dan Toyota Agya yang menguasai pasar low MPV dan LCGC. Terlebih Avanza yang bener-bener jadi favorit masyarakat Indonesia. Mulai dari keluarga, kantor, sampai rental mobil banyak yang mempercayakan kepada Toyota Avanza.

harga_toyota_avanza1

  • Desain

No offense, tapi menurut gue baik Honda roda dua maupun Toyota desainnya sama-sama terlalu biasa. Nampaknya mereka cari aman dengan desain yang ngga terlalu agresif. Satu-satunya mobil Toyota yang gue demen dimari cuma Yaris generasi terbaru. Kalo motor Honda apa ya? Hmmm….

harga-dan-kredit-yaris-di-mataram-lombok

Masyarakat di Indonesia sepertinya masih percaya Honda dan Toyota karena citra merk yang sudah sangat kuat dan melekat di benak masyarakat dan layanan 3S yang sangat baik, selain itu juga masih mempertimbangkan faktor harga jual kembali. Apalagi di kelas low-end, fitur bukanlah nomor satu

  1. Yamaha –> Honda
  • Penjualan

Di pasar kendaraan roda dua, Yamaha selalu setia menguntit Honda dalam hal penguasaan pasar. Hmm, di satu sisi sebenernya Honda Prospect Motor bukanlah runner up di pasar mobil Indonesia, namun peringkat ketiga. Tapi melihat peringkat keduanya Daihatsu yang mana masih satu grup dengan Toyota, selain itu diperkuat dengan beberapa produk kembar seperti Agya-Ayla, Avanza-Xenia, Terios-Daihatsu. Maka lebih tepat menyamakan Yamaha dengan Honda.

  • Produk Unggulan

Menurut gue, Yamaha dan Honda mobil memiliki kesamaan dalam hal memfokuskan produk-produk unggulan ke produk di segmen menengahnya. Lihat saja Honda HRV saat ini menjadi mobil terlaris Honda. Selain itu juga ada Honda Jazz yang fenomenal sebagai penguasa kelas hatchback walaupun akhir-akhir ini ditaboki All New yaris.

autonetmagz

Sedangkan V-ixion menjadi produk unggulan Yamaha untuk mempertahankan market motorsportnya terutama kelas 150cc. Tapi Yamaha harus hati-hati, saat ini AHM sedang mempersiapkan facelift Honda CB150, jangan sampai kasus Honda Jazz terjadi di Yamaha V-Ixion.

Yamaha-V-Ixion-Movistar-1

  • Desain

Di bagian ini yang menurut gue terdapat kesamaan yang paling kuat antara Yamaha dan Honda. Desain mobil Honda dan motor Yamaha selalu sedap dipandang dan sporti. Sebut saja contohnya Honda HRV dan Honda Jazz yang desainnya sporti dan agresif. Ya 11-12 lah sama Yamaha Vixion yang fenomenal di awal kemunculannya, R15 si baby R6 dan R25 yang udah lama dinanti-nanti FBY pada khususnya dan penggemar motor pada umumnya 😀 ..

  1. Suzuki –> Suzuki
  • Penjualan

Suzuki mungkin patut disamakan dengan Suzuki juga. Walau di pasar motor penjualannya ngga terlalu menggembirakan, tapi sebetulnya di pasar mobil termasuk tinggi penjualannya walaupun masih di bawah Honda. Tapi diantara 4 pabrikan mobil yang gue tampilkan disini, doi menduduki peringkat ketiga diatas Mazda, begitu juga di sepeda motor, peringkat ketiga diatas Kawasaki.

  • Produk Unggulan

Saat ini Suzuki mobil menggantungkan penjualannya kepada mobil Pick Up yang menyumbangkan 41% dari keseluruhan penjualan Suzuki, di belakangnya ada Suzuki Ertiga yang hanya menyumbangkan 13-15%. Hal senada juga dijumpai di Suzuki motor dimana Satria FU 150 menjadi tulang punggung penjualan.

Satria-FU-L

  • Desain

Secara desain sih moderat menurut gue, gak bagus-bagus amat tapi gak jelek-jelek amat juga. Tapi ada satu kesamaan pada diri Satria FU dan Swift. Yap!! Dari awal kemunculannya di Indo, modelnya begitu-begitu aja, Cuma ada minor facelift secara tampilan, betul kan? Setuju kan? Secara garis besar sih ya gitu-gitu aja tampilannya. Ahaha.. Tapi dua-duanya dari awal emang udah bagus sih. Kalo menurut gue, di generasi awal Swift, Jazz, dan yaris, si swift ini yang paling kece desainnya.

credits to Autobild

credits to Autobild

  1. Kawasaki –> Mazda
  • Penjualan

Dalam hal penjualan, baik Kawasaki dan Mazda menempati peringkat buncit dari kompetitor sesama Jepangnya.

  • Produk Unggulan

Terdapat kesamaan dalam menelurkan produk-produk untuk dijual. Kawasaki hanya fokus menjual motorsport disaat yang lain menggenjot penjualan dari matik entry level. Hanya Kawasaki Athlete Pro satu-satunya motor bebek yang dijual Kawasaki, itu pun dengan tampilan ayam jago nan sporti..

Hal yang sama dapat kita lihat di pabrikan Mazda, mereke hanya menjual mobil-mobil dari kelas menengah ke atas. Hanya Mazda VX-1 si kembaran Suzuki Ertiga yang dijual dibawah 200juta. Mereka seperti ngga (atau belum?) tertarik bersaing di kelas LCGC.

  • Desain

Motor Yamaha dan mobil Honda mungkin punya desain yang sporti dan enak dipandang. Tapi mereka bukanlah kendaraan dengan desain terbaik. Menurut gue, Kawasaki dan Mazda lah yang mempunyai desain yang paling indah, sporti, agresif, dan enak dipandang.

Kawasaki Ninja RR Mono

Kawasaki Ninja RR Mono

All New Mazda 2

All New Mazda 2

Ada pendapat lain? Hehe..

——–

Sumber:

http://www.autobild.co.id/read/2015/05/23/13526/41/13/Suzuki-Genjot-Penjualan-Mobil-Penumpang-di-Indonesia

http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/627321-ini-20-mobil-terlaris-april-2015

http://www.mobilwow.com/berita-lengkap/10-merek-terlaris-di-indonesia-sepanjang-april-2015/6659

https://dioardi.wordpress.com/2015/05/13/data-aisi-penjualan-motor-april-2015/

Advertisements

5 thoughts on “Menganalogikan pabrikan motor ke dalam pabrikan mobil

  1. ya betul mng nymabung jg anologinya, tpi klo dimobil ane pling suka mazda krn disegnya itu loh keren2…andai mazda ikut segmen low entry level jg mngkin suzuki akn kesalip..

    Like

    • Sama gan, gue juga paling demen mazda dan berharap seandainya Mazda ikut kelas LCGC, atau minimal city car saingan Mirage lah..

      Like

  2. Pingback: All New CBR150R, Semakin Menguatkan Kemiripan Honda Motor Dengan Toyota | travelmotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s