Bebek Sport 150cc, Kelas Yang Sangat Berdarah-darah

Lebih dari 10 tahun Suzuki Satria FU wara wiri di jalanan Indonesia. Dalam kurun waktu tersebut, ngga ada pesaingnya di kelas ayam jago (ayago) ataupun bebek super. Pesaing terdekat Yamaha Jupiter MX mempunyai kubikasi di bawahnya yaitu 135cc, dan Honda CS1 malah hanya 125cc, jadi gak murni apple to apple kalo membandingkan ketiga motor tersebut. Kesendirian Satria FU di kelas tersebut sebentar lagi bakal berakhir guys. Siap-siap nih tahun depan banyak pilihan di kelasnya Satria FU. Adek-adek SMA yang lagi merengek dibeliin motor ke bokap nyokap, tahan dulu ya dek, dikit lagi banyak pilihan lho dek. Ngajakin kencan gebetannya gapapa deh gak pake motor baru dulu, ngoahaha..

Yamaha Jupiter MX King 150

Yamaha Jupiter MX King 150

Yang udah hampir pasti menjadi pesaing pertama adalah Yamaha Jupiter MX King. Setelah dua generasi sebelumnya setia dengan mesin 135cc, kini Yamaha mencangkokan mesin 150cc SOHC turunan dari Vixion maupun R15.

Lalu rumor tentang reborn sonic / cs 1 udah semakin santer diberitakan. Dan terakhir, kemungkinan Kawasaki akan ikut meramaikan kelas ini dengan menghadirkan new athlete dengan kubikasi yang lebih tinggi. Mari kita bahas satu persatu guys..

  1. Suzuki Satria FU 150

Selama bertahun-tahun Satria FU jadi idola para remaja. Tanpa terkecuali gue yang dulu sewaktu SMA ngefans banget sama ni motor (tapi kagak punya :D). Sejak 2004 gue udah ngefans sama motor ini, sampe sekarang pun gue masih menganggap motor ini adalah salah satu yang mempunyai desain keren di Indonesia. Dan sampe sekarang, FU tetap menjadi motor favorit di kalangan para remaja. Kegantengannya ngga pudar ditelan waktu, pantes aja Cuma diupdate dikit-dikit modelnya, secara keseluruhan malah masih sama aja gue ngeliatnya. Beda dengan motor-motor lain yang kegantengannya mulai memudar sehingga modelnya pun diubah total, IMHO, misalnya Jupiter MX 1st generation (motor gue dulu nih, minta Satria FU dibeliinnya ini 😀 ). Dulu gue ngeliat si MX ini kegantengannya hanya beberapa persen di bawah FU, sekarang gue ngeliatnya jauuuuuh di bawah si FU. Lalu ada Old Vixion, dulu keren juga menurut gue, tapi sekarang kok memudar ya? :D.. No offense ya buat pemilik Old Vixion, peace..

Selain kegantengannya, si FU ini juga punya mesin superior. Dibekali mesin DOHC 150cc turunan Suzuki FXR, FU mampu menyemburkan tenaga hingga 16PS pada 9.500 rpm dan torsi 12,4Nm pada 8.500 rpm. Memang lebih kecil kalo dibandingin sama NVL ataupun CB150. Tapi ingat bro FU ini punya body yang mungil nan ringan. Sehingga secara Power to Weight Ratio, doi unggul dibanding lainnya. Apalagi kalo udah dioprek buat balap, beuuh ganasnya gak ketulungan bro.. Terbukti udah langganan juara di ajang balap tanah air. Motor-motor lainnya berkubikasi sama dikepretin di sirkuit..

Suzuki Satria FU 150

Suzuki Satria FU 150

Namun disaat motor-motor yang lain udah injeksi, Suzuki masih setia menggunakan karburator buat si FU ini. Yaah kita tunggu aja deh moga tahun depan di saat kompetitor makin agresif, si FU di-injeksikan dan powernya ditingkatkan, syukur-syukur desainnya juga diupgrade jadi lebih tampan hehehe..

Spesifikasi lengkapnya dapat dilihat disini..

  1. Yamaha Jupiter MX King

Sedikit lebih muda dari Satria FU, klan MX udah sampe pada generasi ketiganya. Emang sih belum resmi keluar di Indo, tapi udah sangat kuat Exciter 150 yang baru dilaunching di Vietnam tersebut bakal jadi Jupiter MX King di kita. Gak tanggung-tanggung, sekarang mesinnya 150cc turunan dari NVL. Walaupun masih SOHC, namun powernya cukup nampol dan mempunyai torsi yang lebih tinggi dari si FU. Power Jupi MX King 15,4PS dan torsinya 13,8 Nm.

Yamaha Exciter 150 / Yamaha Jupiter MX King 150

Yamaha Exciter 150 / Yamaha Jupiter MX King 150

Desainnya bener-bener fresh dan sporty, ganteng banget ni motor menurut gue. Terutama body samping dan buritannya, sadiiis. Tapi cukup disayangkan karena desain body depan masih murni bebek. Padahal gue sebagai mantan pemilik MX dan masih memiliki kecintaan pada generasi MX ini berharap desainnya ayago biar bener-bener dibenturin bangettt sama si FU. Dulu kan Yamaha juga punya motor ayago padahal, Yamaha Tiara contohnya.  Ntah kenapa ya Yamaha ini masih setia sama model bebek? Ya mungkin salah satunya karena alasan yang pernah gue tulis pada artikel sebelumnya disini. Hehehe..

Padahal kalo desainnya ayago, tingkat kegantengannya udah bisa menggeser Satria FU, In My Humble Opinion.

Spesifikasi lengkapnya diambil dari blog wak Haji Taufik disini..

Spesifikasi Yamaha Jupiter MX King / Exciter 150

Spesifikasi Yamaha Jupiter MX King / Exciter 150

3. Honda New Sonic / New CS1

Honda pernah mendatangkan Sonic ke Indonesia secara Completely Built Up (CBU) alias terima jadi pas dibawa ke Indonesia. Harga motor CBU yang mahal bikin ni motor jarang kita jumpai di jalanan. Gue pun jarang banget liat penampakan aslinya. Tapi kelangkaannya bikin ni motor jadi ekslusif. Desainnya kece layaknya Satria FU, ayago!!

Beberapa waktu yang lalu, berbekal mesin SOHC Overbore 125cc si ganteng Sonic ini, AHM bikinlah tu motor bebek sport Honda City Sport One aka CS1. Desainnya emang rada-rada out of the box nih AHM. Banyak yang bilang desainnya aneh sehingga penjualan pun kaga moncer.. Pantes aja akhirnya produksi distop sama AHM. Namun akhir-akhir ini banyak juga yang bilang ni motor ganteng karena mirip Ducati Multistrada. Padahal lahirnye duluan CS1 nih :D. Salah satunya temen gue yang baru setahunan beli jandanya CS1, dia bilang “dulu menurutku ni motor jelek, tapi kenapa ya sekarang keliatan ganteng? Makanya beli deh sekennya hehehe”. Telat dia menyadarinya, beda sama gue, sejak awal kehadirannya gue menganggap motor ini ganteng. Hehehe..

Old Honda Sonic

Honda Old Sonic

Nah tenang aja nih guys, dikit lagi kan keluar tuh versi rebornnya.. Malah digadang-gadang bakal ada 2 versi, ayago dan bebek sport. Ayago mungkin sebegai penerus Sonic buat benturin ke Fu, bebek sport sebagai penerus CS1 buat ngelawan MX. Tapi menurut gue kok rada-rada aneh ya strateginya. Okelah mungkin secara penjualan kedua tipe tersebut kalo digabung bisa jadi penguasa pasar. Tapi kalo dibenturin satu-satu, gue ragu bakal menang.. Soalnya orang tu gak ngeliat motor Cuma dari jenisnya doang. Misal di kelas ini, orang-orang pasti menganggap MX King sama FU ini ya satu kelas karena 150cc walaupun satunya ayago satunya bebek sport. Jadi buat apa ya AHM bikin 2 model sekaligus? Tapi ya kita liat aja nanti deh pembuktiannya di pasar hehe..

Old Honda CS-1

Honda Old CS-1

Kalo masalah mesin yang katanya gak beda jauh sama kakaknya si CBSF dan CBR150, DOHC 150cc, gue harap sih penyunatan powernya jangan terlalu jauh yaa.. Masih bisa lah kalo di atas 16HP, yang pasti harus di atas Satria Fu biar gak antiklimaks macam si MX King..

  1. Kawasaki Athlete

Kemaren-kemaren kita disuguhkan galeri foto Kawasaki New Fury 2015 di negara tetangga, Filipina, yang notabene kalo di kita namanya Kawasaki Athlete. Mesin yang dipake masih sama, 125cc SOHC, mesinnya bebek banget, masih boboan 😀 , modelnya doang yang sporty dan gue akui new Fury ini keren abis. Ada aura Z250 nya seperti yang gue tulis di artikel sebelumnya, disini..

Kawasaki New Fury / Kawasaki New Athlete

Kawasaki New Fury / Kawasaki New Athlete

Kawasaki Indonesia beberapa saat lalu bikin pernyataan bakal fokus di sport doang, bebek bakal ditinggalin nih katanya. Tapi informasi terbaru dari kang Iwanbanaran disini, katanya Kawasaki akan tetap menjual Athlete dengan kubikasi yang lebih tinggi. Kemungkinan si new Fury ini bakalan jadi New Athlete, dan dahsyatnya kubikasi mesin dinaikkan jadi 150cc, kalo beneran gini bakalan WOOOW bangettt.. Harapan gue yang ditulis pada artikel sebelumnya, disini, bakalan jadi kenyataan dong hehe.. Strategi pencangkokan mesin bisa niru Yamaha, pake platform yang sama. Yamaha bikin satu mesin buat R15, NVL, dan Jupiter MX King. Masing-masing dilakukan penyesuaian sesuai kebutuhan. Naaah kan KMI juga rumornya lagi nyiapin Ninja 150cc 4 stroke nih. Mesinnya kemungkinan akan sama antara ninin 150 4 tak dan si new athlete ini. Pastinya dilakukan beberapa penyesuian, misalnya power dan torsi buat si Athlete disunat biar gak mencederai pemilik ninin 150 4 tak.

Ayo KMI, bikin mesin superior, bikinlah si New Athlete ini powernya diatas Satria FU..

Conclusion

Coba kita lihat, saat ini di Indonesia kelas yang diisi oleh keempat pabrikan besar Jepang hanya bebek 110cc (110-115), itupun Kawasaki kemungkinan akan stop jualan si Edge. Seperti kita tahu, kelas bebek biasa saat ini udah mulai ditinggalkan dan hanya sebagai pelengkap,, kelas ini kurang seru untuk dibahas dan kurang memberikan keuntungan untuk pabrikan.. Kelas matic hanya Honda, Yamaha, dan Suzuki yang bermain. Sport 150 4 tak, naked dan fairing, hanya Yamaha dan Honda yang main. Kelas 250cc fairing cuma Honda, Yamaha, dan Kawasaki. Naked sport 250cc Cuma Kawasaki dan Suzuki.

Naaaah kelas bebek super (dalam hal ini termasuk ayago) di tahun 2015 bakalan jadi kelas berdarah-darah. Penjualan Satria FU dan MX saat ini masih laris. Bila keempat pabrikan besar Jepang udah bermain, dan semuanya 150cc, apa gak seru coba??!! Patut kita tunggu tahun depan. Adek gue, masih SMA, lagi minta dibeliin Satria Fu. Gue suruh tahan dulu sampe produk-produk baru pada brojol.. This is war!! Clash of the titans. Hahaha…

Advertisements

12 thoughts on “Bebek Sport 150cc, Kelas Yang Sangat Berdarah-darah

    • ini yang susah bro.. segmen motor2 ini anak2 remaja yang lagi labil2nya. Dikasih motor ginian pasti bawaannya pengen ngebut,, kaya ane pas jaman muda.. semoga anak2 skrg makin peduli sama keselamatan diri sendiri dan orang lain..

      Like

  1. Nice bro artikelnya..

    Btw soal bebek bebek super yg bakalan adu ganteng di 2015, ane bener” gk sabar nunggu, mudah”an bener 4 pabrikan jepang bakalan ngasih angin segar ke kalangan anak muda, ane 2 bulan lalu baru nurunin satria fu black fire 2 ke garasi, modif cma bagian luar, aliran road race, ban gambot,( gk seneng thai look ban cacing, karna menurut ane percuma motor kenceng tp gk safety, jd gk PD geber’nya) tadinya mw main di mesin, tp menurut ane buat apa main di mesin, karna FU standard aja udah kenceng, lagian sekarang dijalan juga gk ada lawan yang pas, tapi pas liat berita berita soal bebek bebek super 150cc dari 3 pabrikan sebelah, iman ane jadi tergoyah untuk main di dapur pacu, ( karna gk mau kalah sama penantang baru, udah beli semua partnya, walau belum dipasang, nunggu cs1 reborn n Mx King udah on the road, hihihi, mulai dari karbu,cdi,seher,koil dll, bukan maksut pingin ugal”an di jalan, karna ane orangnya yg sayang sama bensin, jd woles” aja bawa motornya, tapi kalo sikon mendukung ( jalanan kossong dan luas) + ada yg manas”in, ya jiwa rossi ane keluar, kalau skarang si jarang tarik”an dijalan, karna ya kaya yg gw bilang td, blum ada lawan yang pas buat FU, semua beda, jadi kayanya kalo menang hampa, kalah juga it’s ok, tapi kalo nanti ada Mx King Cs1 reborn n New Athlethe, wah wah, jiwa rossi ane bakalan sering keluar ( tetep liat sikon, gk mau ambil resiko hanya untuk gengsi), wkwkwkwkwkwkwk.. Mudah”an cepet llaunchingnya 3 bebek super dari 3 pabrikan berbeda..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s