Kalau ada All New Tiger, dimana sebaiknya diposisikan?

Berbicara tentang Honda Tiger, pikiran gue tertuju pada kejayaannya selama bertahun-tahun lamanya. Dulu pas masih bocah, kalo ngomongin motor keren ya si Tiger ini. Temen-temen SMA yang bawa Tiger pasti lebih mudah dapet cewe juga, ngoahaha.. duluuu, tahun 2004-2007.. Pokoknya bener-bener motor paling berkelas lah saat itu, untuk motor produksi lokal yah.. Kalo CBU macam CBR ya beda lagi, populasi juga dikit..

800x600-tiger-revo

Honda Tiger Revolution

Komunitasnya pun terbentuk dan masih eksis sampe sekarang walaupun motornya udah ngga diproduksi lagi sama AHM. Mungkin sekarang mereka merindukan update dari Honda Tiger. Banyak pihak yang berpendapat AHM perlu buat melahirkan kembali sang legenda motorsport tanah air. Tapi kondisi market yang udah sangat berbeda mungkin bikin AHM bingung buat reborn the legend. Sekarang market sport yang potensial adalah kelas 150cc. AHM punya 4 jagoan disitu, terlebih dikit lagi hadir reborn sonic/cs1 dengan dua tipe sekaligus. Ya walaupun bentuknya ayago, tapi performa udh kaya sport.

tiger-2000

Honda Tiger 2000

Sedangkan untuk motor flagship yang masih terjangkau (max 250cc), AHM udah bawa si CBR 250. Seperti kita tau, CBR kan produk global, gak mungkin dong ntar si Tiger bakal ngelangkahin CBR.. Gimana kalo CB250R dijadiin Tiger? Kayanya gak bakalan deh, secara CB250R juga produk global. Kalo di Indo diganti Tiger kayanya kurang pas, dan secara harga juga terlalu melambung dari harga “wajar” si Tiger.

Honda VTR

Honda VTR

Desas-desus AHM bakalan produksi motor 250cc 2 silinder V-Twin yang basisnya dari VTR udah makin kenceng. Dan si VTR ini kan naked bike, nah gimana kalo si VTR ini yang jadi next Tiger? Nah ini lagi, CBR yg 1 silinder aja ketinggian kastanya buat jadiin next Tiger, apalagi si VTR.. Baiknya mesin VTR ini buat produksi sport full fairing yang saat ini dikuasai R25 dan diikuti Ninja 250 FI. CBR nya AHM kan memble nih sekarang, mesin si VTR dipadu dengan desain ciamik rasanya cukup untuk berbicara di kelas 250cc.

Kembali ke topik.. Di IMOS kemaren kan Honda mamerin motor konsep Honda SFA tuh.. Dan sempat ada kabar nantinya bakal dikasih mesin 200cc kalo diproduksi masal.. Menurut gue sih desainnya kece, tinggal dibikin lebih merakyat aja, jangan terlalu futuristik, biar ngikutin selera kebanyakan orang. Rasa-rasanya oke juga kalo si SFA jadi next Tiger. Gue pernah bahas disini. Di sisi mesin, Tiger yang dulu-dulu kan sama aja tuh mesinnya. Nah untuk kali plis lah AHM bikin mesin yang bener-bener baru. Gue sih lebih condong mesinnya tetep 200cc.. Tapi ya itu, perlu mesin yang bener-bener baru yang bisa mendongkrak power dan efisiensi BBM. Secara di kelas 200cc sekarang, katakanlah Kawak Pulsar 200NS dan KTM Duke 200 powernya di pertengahan 20HP-an.

Honda SFA Concept

Honda SFA Concept

Lalu untuk pricing.. Sebaiknya diposisikan diantara CBR150 dan CBR250. Range harga 30-40juta belum diisi oleh line up sport Honda. lebih pasnya lagi jangan sampe nyentuh angka 35juta biar gak mepet ke Kawasaki Z250SL.

Conclusion
Honda Tiger emang udah bukan lagi motor flagship Honda. Namun strategi yang tepat mampu menjadikan sang legenda tetap pada jajaran motor premium dengan perawatan yang mudah. Desain mesti kece nan elegan khas Honda, mesin kudu mumpuni, irit wajiiib namanya juga Honda, dan harga diantara sport 150-250. Rival terdekat, Yamaha, belum mengupgrade Scorpionya, dan emang dari dulu namanya kalah tenar dibanding Tiger. Disinilah salah satu celah AHM untuk semakin menempel Yamaha di pasar sport, atau bahkan melangkahinya. Ayo AHM, bangkitkan kembali sang legenda Honda Tiger.

Advertisements

4 thoughts on “Kalau ada All New Tiger, dimana sebaiknya diposisikan?

  1. all new tiger isunya sempat hangat. dari isunya ada yang bermesin dohc dekilas mirip cbr250 tanpa fairing, keknya bakal flagship. karena bandrol harga bakal mahal isunya ga ada motor tiger yang isunya juga bakal brojol tahun 2016 / 2017 kalo ga salah. bener atau ga ya.

    jadi flagship berat dibandrol, salah. riset bener bener biar pas dibandrol dan target, ya lama yach, mesti sudah dalam progres, entah momen tepatnya kapan. yang menarik lagi sesuai bocoran mas iwb dulu disediakan 4 opsi atau 3 opsi tuh yang ke semuanya mengacu ke 250 dohc. berat pak de 🙂

    Like

    • Naah emang gitu yaah.. udah lama jadi motor flagship AHM dengan bandrol gk terlalu mencekik.. sekarang dihadapkan pasar yang sangat berbeda.. makanya nih AHM pusing yah masing ngeriset dulu..
      Mungkin info dari kang IWB sama wak Haji Taufik jg masih minim mengingat tahun brojol yg kemungkinan masih lama itu. AHM bener-bener harus jeli nih strateginya… Awas malah ntar keduluan Yamaha ngeluarin New Scorpio hehehe..
      Patut dinantikan finalnya kaya gimana.. Semoga gak mengecewakan baik dari desain, dapur pacu, maupun harga 😀

      Like

  2. ga dohc jg ga papa
    kasi unicam aja.
    ngga usah di kastakan level SE lah, kasi kompresi maks 9,5
    20 hp on the wheel, tapi badak di 7 kilo rpm.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s