New Mio 125 Blue Core vs New BeAT ACG Starter, gimana ya kira-kira?

Mio125

Well, para pemerhati dunia roda dua pasti udah pada tau si Mio Blue Core dikit lagi brojol, tepatnya tanggal 6 Desember 2014. Bocoran spek, teaser dan spyshoot desain, dan range harga udah bertebaran di blogsphere.  Sedangkan informasi tentang BeAT ACG sedikit demi sedikit udah terbongkar. Tapi mungkin secara lebih gamblang bakal ketahuan pas peluncuran. Tenaaang, dikiit lagi kok, kemungkinan minggu depan, minggu kedua Desember 2014.

beat fi vs mio 125

Dari segi desain, Yamaha sepertinya emang bener-bener ngebenturin ama si BeAT nih.. Liat aja headlamp yang pindah ke tebeng dan mirip-mirip si BeAT. Serupa tapi tak sama, headlamp si Mio ini ditambahin aksen seperti huruf “M” yang menegaskan bahwa ini adalah “Mio” 😀  .. Namun sayangnya ukuran roda masih tetap kecil seperti sebelumnya. Padahal di sisi ini banyak konsumen yang mengeluhkan.

Sedangkan BeAT, berdasarkan info dari blog wak Haji Taufik, sepertinya tidak akan mengalami perubahan signifikan dibanding yang sekarang. Namun ada sedikit clue bahwa headlamp mengalami sedikit perubahan. Ya baguslah biar semakin terdiferensiasi dengan Mio.

Dengan mesin 125cc blue core, Yamaha mengklaim power akan bertambah namun konsumsi bbm juga akan lebih irit. Dari hasil pengukuran menggunakan metode berkendara harian, didapat konsumsi 54,1 km/liter, dan dengan menggunakan Eco Indicator bisa tembus 55,4 Km/L..

new-mio-blue-core-125

Di sisi lain, BeAT FI pernah dilakukan uji konsumsi bbm oleh media online DetikOto, hasilnya 1 liter dapat menempuh sejauh 57,5Km. BeAT lawas masih lebih irit, tapi memang gak bisa apple to apple mengingat lokasi dan waktu yang berbeda, rider yang berbeda, suasana yang berbeda, dan jenis bbm yang digunakan juga bisa saja berbeda. Sedangkan untuk New BeAT ini belum diketahui, tapi minimal mungkin sama. Fitur favorit yang bakal dibenamkan tentunya adalah ACG Starter, kalo nyalain gak ada lagi namanya bletak duooor hehe.. Selain itu ada varian ISS (idling stop system) dan non ISS. ISS berguna buat menghemat BBM dimana motor akan mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik di kemacetan atau lampu merah, dan tinggal betot gas langsung nyala.

Mengenai pricing, baru ada selentingan kabar bahwa si BeAT ACG Starter bakal naik 300-500ribu rupiah dari yg skrg rentangnya 13,05juta – 14,4juta rupiah.. Si New Mio sendiri kemungkinan gak akan jauh dari harga si old Mio, antara 13juta-14juta rupiah.

Conclusion

Menurut gue kayanya masih berat buat Mio ngejar penjualan BeAT. Ukuran kaki-kaki yang masih mungil sepertinya bakal menjadi salah satu kendala. Selain itu update fitur dari si BeAT cukup menggiurkan bagi para calon konsumen. Dan terakhir, image Honda yang irit masih kental. Mampu gak ya nantinya masyarakat tertanamkan pikiran bahwa si BeAT dan Mio iritnya 11-12? Patut kita tunggu nanti hasil test pasca launching. Tapi ada sedikit harapan, desain Mio sekarang kece pisan euy.. Seenggaknya walaupun belum bisa nyusul BeAT, tapi kemungkinan gap penjualan gak akan semasif sekarang.. Let’s wait and see, guys..

Sumber : disini, disini, disini, dan disini

Advertisements

4 thoughts on “New Mio 125 Blue Core vs New BeAT ACG Starter, gimana ya kira-kira?

  1. Pertamaxxxx
    menurut saya, bukan cuma faktor kaki2 saja, tapi taste matik honda yang nyaman mesinnya, moga aja mio blue core mesinnya lebih halus dari sekarang

    otoradians.blogspot.com/2014/11/welcome-my-new-ride.html?m=1

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s