Strategi Kawasaki menghadapi gempuran Honda dan Yamaha

Kawasaki di Indonesia selama ini mengais rupiah dari jajaran motorsport nya.. Di kelas 150cc 2Tak, mereka sukses dengan beberapa varian Ninja 150.. Yap karena memang pabrikan lain udah gak ada yang bermain di kelas ini bro.. Mereka bermain sendirian di kelas motor kencang berbudget minimal ini. Terus mereka jugalah pelopor motorsport kelas 250cc.. Ninja 250 karbu langsung menggebrak kala itu, gak tanggung-tanggung, mesinnya 2 silinder dengan power setara Ninja 2 Tak. Penggantinya, si Ninja 250FI juga semakin menguatkan posisi Kawasaki sebagai produsen sport. Varian nakednya dihadirkan untuk menambah pundi-pundi rupiah. Untuk off road dan multi purpose pun mereka bermain sendirian dengan mengandalkan Dtracker, KLX, dan KX. Untuk motor eksklusif, mereka juga jualan Moge macam ZX636R, Z1000, ER6N, dll. Pokoknya kalo kita bicara motorsport premium yang gagah nan kencang di Indonesia ya Kawasaki..

Tapi itu dulu broo.. Sekarang Kawasaki mulai terancam dengan bermainnya dua pabrikan besar. Sebelumnya Honda CBR250 gak ada tajinya lawan Ninja. Sekarang Yamaha udah ngeluarin YZF R25 yang mana handling dan powernya diatas Ninja 250FI, dan terbukti penjualan Ninja udah berada di bawah R25 selama beberapa bulan ini. Dan gawatnya lagi, dengan turunnya Yamaha di segmen ini, Honda mulai panas.. Maka motorsport 2 silinder V-Twin disinyalir sedang disiapkan oleh AHM, dimana kemungkinan akan memiliki power dan torsi yang dahsyat juga. Sekarang pabriknya pun dalam tahap pembangunan.. Belum lagi varian naked dari R25 juga akan melengkapi line-up Yamaha. Bahkan di kelas Moge pun, mereka terancam karena Yamaha telah bermain disini, ditambah Suzuki dan terakhir Honda yang akan ikut bermain.

Kelas 2Tak sendiri sepertinya tinggal menunggu waktu saja, gak akan lama lagi mereka stop memproduksi motor 2Tak. Bebek mereka gak akan ikut bermain lagi karena kurang memang dari dulu kalah bersaing. Apalagi matik, udah nyerah duluan melihat kedigdayaan jajaran matik AHM 😀 . Salah satu alasan keterpurukan Kawasaki karena Sales, Service, and Spare Part (3S) kalah dibanding Honda dan Yamaha.

Pasar sport satu-satunya harapan mereka udah mulai terancam oleh para pabrikan raksasa Jepang lainnya. Sehingga Kawasaki harus membuat strategi untuk mempertahankan eksistensi di pasar roda dua tanah air. Lalu apa aja strategi dari Kawasaki untuk tetap bertahan di pasar roda dua Indonesia?

ninja250-next-2015

  1. Kawasaki sedang menyiapkan generasi terbaru dari Ninja 250.. Malah wak haji Taufik ngasih bocoran alus bahwasanya telah ada 2 mesin prototipe yang masih dipelajari. Yang pertama tetep 2 silinder, tapi mungkin dengan perbaikan performa. Dan yang kedua menghidupkan kembali generasi 250cc 4 silinder.. WOOOOOW.. Powernya ganas, dan suaranya pasti gahar banget nih broo.. Tapi harganya bakalan melambung kalo pake 4 silinder. Maka dari itu pasti mereka menghitung cost and benefit dengan teliti. Kalo masalah desain, jangan ragukan Kawasaki, hehehe..
  2. Beberapa hari ini heboh gambar Ninja 150 4stroke renderan kang peysblog setelah mendapat bisikan dari kang eno anderson. Pasar sport di kelas 150cc emang paling gemuk pangsa pasarnya. Jika Kawasaki serius main disini, menurut gue Kawasaki punya peluang gede. Katakanlah cukup bermain di 150cc fairing, Honda dan Yamaha udah ngeluarin jagoannya masing-masing. Keduanya sama-sama keren namun tetap ada kekurangan. Harapan bikers untuk kelas ini udah banyak dibahas di berbagai media. Naaah, kalo Kawasaki jeli, bisa nih Kawak bikin motor dengan menggabungkan kelebihan dari R15 dan CBR150. Mesin DOHC macam CBR150 dengan fitur-fitur moge macam R15. 😀

ninja-150-4tak-hijau

Naaaah satu lagi, ini sih tambahan dari gue aja. Kawasaki Filipina baru aja ngeluarin Kawasaki Fury 2015, kalo di kita Athlete. Mungkin gak bakal masuk Indonesia ya, pan katanya Kawasaki mau jualan sport aja dimari. Tapi kalo gue boleh ngasih saran sih. Bawa dan maksimalkan si Fury ini buat ngelawan Satria FU.. Desain si Fury menurut gue kereeeen.. Tinggal ganti mesin DOHC 150cc, radiator, speedometor lengkapi takometer, ganti sein (banyak orang bilang jelek), dan fitur-fitur oke lainnya.. Bisalah ntar bersaing lawan FU, MX King, dan reborn Sonic/CS1.. Malah ada satu keunggulan Fury yg gk ada di kompetitor.. Yaaap,, tangki bensin diluar bro,, layaknya motorsport, kita gak perlu repot buka jok buat ngisi bensin.. Ini menurut gue sih ngebantu banget..

wpid-10815939_10203030672994733_1632033411_n1

Naaah, kalo produk-produk keren udah dikeluarin, jangan lupa nih dibenahi 3Snya.. Ini bagian yang penting banget.. Apalah artinya produk keren dan unggul kalo 3S memble.. Masa mau dieeem aja sih ngeliat pangsa pasar Sport makin dikeruk kompetitor?

Yuuk kita tunggu gebrakan selanjutnya dari Kawasaki, diem-diem tau-tau keluar produk yang juooozz gandooozzzz (kalo kata Mas IWB 😀 )

Advertisements

5 thoughts on “Strategi Kawasaki menghadapi gempuran Honda dan Yamaha

    • Strateginya mau memperlihatkan bahwa Kawasaki itu bukan hanya merk sepeda motor, tapi jauh lebih daripada itu, yang membuat merk lain galau ……………………

      Like

  1. Pingback: Bebek Sport 150cc, Kelas Yang Sangat Berdarah-darah | travelmotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s