Inikah alasan Jupiter MX King kemungkinan masih tetap bebek?

Para pemerhati dunia roda dua di Indonesia mungkin ingin melihat gebrakan Yamaha dengan meng’ayago’kan Jupiter MX. Di pihak kompetitor, suzuki saat ini menggantungkan penjualannya pada Satria FU yang sudah sekitar 10 tahun malang melintang dan hanya mengalami minor change. Sedangkan Honda yang kurang greget dengan CS1 nya digadang-gadang sedang menyiapkan reborn CS1 / Sonic yang berbentuk ayago.

sumber Iwanbanaran.com

sumber Iwanbanaran.com

Tapi Yamaha, yang dulu punya ayago bernama Tiara, dikabarkan akan setia menggunakan model bebek untuk melanjutkan eksistensi Jupiter MX, yang disinyalir bernama Jupiter MX King.

sumber enoanderson.com

sumber enoanderson.com

Gue termasuk pecinta model ayago. Dulu jaman SMA merengek minta dibeliin Satria FU tapi dikasihnya Jupiter MX generasi pertama. Sebagai mantan pemilik Jupiter MX, sense of belonging terhadap Jupiter MX masih ada dan berharap MX generasi terbaru akan berbentuk ayago. Namun spyshot yang bertebaran berkata lain. MX King akan tetap berbaju bebek.

wpid-img_76784878631055

Kenapa?

Kira-kira apa alasan YIMM enggan meng’ayago’kan MX? Mari kita lihat data penjualan sepeda motor semester pertama 2014 berdasar data AISI dari blog balimotoblog.

http://balimotoblog.wordpress.com/2014/07/11/ini-dia-motor-bebek-terlaris-di-awal-semester-2014satria-fu-ternyata-turun-penjualanya/

motor-bebek-terlaris-2014

Lalu screenshot data penjualan selama bulan Oktober 2014 yang diambil dari blog motohits.

http://motohits.com/2014/11/11/10-sepeda-motor-terlaris-bulan-oktober-2014-di-indonesia/

skrinsut

Jupiter MX masuk 10 besar penjualan motor bulan Oktober 2014, sedangkan Satria FU tidak terpampang disana.

P.S : Data penjualan MX dan FU bulan Juli, Agustus dan September 2014 belum didapat, mungkin ada yang bisa ngasih info?

Dari penjualan selama  7 bulan tersebut, dapat kita lihat Jupie MX dengan model bebeknya masih mengungguli Satria FU si ayam jago dalam hal penjualan.

Berikut ini beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab YIMM masih setia dengan model bebek untuk Jupie MX:

  • Yamaha sedang fokus mempertahankan tahta penguasa motor sport.

Ini merupakan satu-satunya segmen yang belum mampu dikuasai Honda. Honda sedang agresif menekan Yamaha dengan berbagai produknya, yang terbaru adalah New CBR150R.

  • Yamaha sedang menggenjot penjualan segmen matik.

Dulu Yamaha menguasai segmen matik. Total penjualan motor pun sempat kejar-kejaran dengan Honda. Namun sekarang penjualan Yamaha hanya setengah penjualan Honda. Ironisnya segmen matiklah yang menjadikan Honda berkuasa. Maka dari itu sekarang Yamaha sedang gencar meningkatkan penjualan matik dengan menghadirkan fitur-fitur baru.  Teknologi terbaru yang gencar dipromosikan Yamaha adalah blue core. Dimana Yamaha Mio adalah yang akan dibenamkan teknologi ini pertama kali di Indonesia.

  • Penjualan Jupiter MX si bebek masih lebih tinggi daripada Satria FU si ayam jago.

Mungkin YIMM berpikiran bahwa dengan model bebek dan mesin 135cc aja penjualan masih diatas merk lain yang ayago. Kecuali bila penjualan Satria FU jauh meninggalkan MX, mungkin YIMM mengambil langkah lain. Bisa dibandingkan dengan Honda CS1 yang secara penjualan tidak menjanjikan, maka sekarang Honda sedang menyiapkan model baru, bahkan disinyalir mengusung model ayago dan bebek.

Conclusion

Di tengah penjualan segmen bebek yang makin lesu, ternyata Jupiter MX masih diminati oleh banyak konsumen. Ketika Satria FU ataupun reborn CS1/Sonic mampu meninggalkan MX dalam hal penjualan, mungkin saat itulah Yamaha akan menghadirkan sosok ayago, ntah sebagai New MX, reborn Yamaha Tiara, atau produk yang benar-benar baru.

Advertisements

22 thoughts on “Inikah alasan Jupiter MX King kemungkinan masih tetap bebek?

  1. menurut saya FU gk bisa mengejar penjualan NJMX adanya faktor brand juga mas image yamaha lebih kuat dibanding suzuki dari segi penjualan juga yamaha tidak hanya mengandalkan satu jenis,lain dgn suzuki yang hanya mengandalkan penjualan satria Fu saja.IMHO

    Like

    • Nah itu dia,, kekuatan brand dijadikan perisai Yamaha untuk tidak perlu mengeluarkan motor yang lebih.. Kecuali bila Honda udah ikut bermain dan merebut pasar.. Biasanya Yamaha juga panas.. Jadinya saling tabok-tabokan deh hehehe..

      Like

  2. Saya dari sma setia sama yamaha dari f1zr terus pake tiara dulu beli 14jutaan sayang pas kuliah pake ninja 2tak gara gara yamaha ga punya sport keren pas lulus kuliah muncul vixion langsung embat aja. Btw liat data itu bisa jadi gara-gara merek nya Suzuki kalau yamaha bisa jadi walaupun ayam jago penjualannya bakal oke

    Like

    • wah mantan pemilik Tiara ternyata… hobi motor kenceng ternyata ya om? 😀
      iya bro.. gara2 merknya Suzuki, makanya Yamaha juga adem ayem aje, udah tau dia bakal menang merk hehehe..

      Like

  3. untung dari hongkong bikin ngiler terus iya, wong punya old vixion baru 2 thn (2012) udah pengen minta yg baru lgi ha dehhh si NVL sama R15 begitu menggoda #lohkokcurhat

    Like

    • Belum diketahui bro spesifikasi teknisnya. Tapi kemungkinan masih tetap SOHC, soalnya kalo DOHC ntar NVL dan R15 kalah dong? hehe

      Like

  4. Pingback: Bebek Sport 150cc, Kelas Yang Sangat Berdarah-darah | travelmotoblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s