Musim hujan datang, apa saja yang perlu disiapkan bikers?

Musim hujan memang selalu menjadi momok buat para pengendara motor. Apalagi buat bikers ibukota seperti saya, pasti penderitaan saat musim hujan lebih terasa dibanding daerah lain. Yap, udah hujan, macet, sering ketemu lampu merah, jalan gak mulus, malah kadang ketemu banjir. Terlebih saat kita dalam keadaan buru-buru, misalnya ngejar absen (kaya ane :D), jangan sampai hujan menjadi penghambat kesuksesan kita di kantor, LOL.

51

Nah, kira-kira apa aja nih yang perlu disiapkan? Oke, ini beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan teman-teman:

  1. Cek kondisi kendaraan, terutama ban dan rem

Periksalah kondisi motor kita sebelum digunakan, yang paling penting adalah ban dan rem.

Ban adalah salah satu komponen terpenting dari sebuah kendaraan. Di musim hujan, ketergantungan terhadap ban semakin besar. Ban yang telah menipis tentunya akan mengurangi daya cengkram ke aspal, apalagi saat kita melakukan manuver. Kalo bisa sih ban yang telah gundul kita ganti ya. Tapi kalo masih mau dipake, pastikan gaya berkendara kita gak agresif dan santai aja kaya di pantai :D.

Rem termasuk komponen terpenting berikutnya, maka periksa dulu apa masih pakem atau ngga. Apalagi saat musim hujan biasanya daya cengkram rem sedikit berkurang.

  1. Jas hujan

Yap, jas hujan adalah perangkat penting yang wajib dibawa, kecuali jika memang pgn naik motor sambil hujan hujanan 😀 . Ada bermacam-macam jenis jas hujan, kalo gue sih lebih suka model baju, atasan dan bawahan. Lebih terlindung dari air hujan dan anti nyangkut. Kalo gak nyukup di bagasi, bisa taruh di tas, di box, atau tempat lainnya.

DSC_0222

Gak bawa jas hujan ruginya bukan di kita sendiri, tapi bisa mengganggu lalu lintas juga, contohnya tuh di Jakarta banyak motor berteduh di bawah flyover sampe ngalangin jalan. Makanya bawa jas ujan dong bro..

  1. Jas sepatu

Nah mungkin banyak yang belum tau tentang jas sepatu. Jujur aja nih gue juga baru tahu sekitar 1 bulan lalu, tanpa babibu akhirnya beli online. Pernah sekali dicoba dan hasilnya sepatu tetap kering hehehe. Ini menurut gue penting juga, apalagi bagi karyawan kaya ane. Kan gak lucu misal baju dan celana terlindung dari air hujan, tapi sepatu basah keguyur ujan 😀

5abdaadde296e353eb1926220b745f3f_jas-hujan-sepatu

  1. Spakbor belakang

Ini nih yang sering dicopotin, terutama pemilik motorsport. Padahal ini berguna bgt nih, selain biar gak nyiprat ke boncenger, spakbor belakang juga mengurangi cipratan air ke pengendara motor di belakang kita. Jalan kan buat semua orang, jadi plis jangan egois lah.

  1. Kanebo

Jangan lupa bawa kanebo, terutama buat ngelap bagian2 dari besi yang gampang berkarat. Bisa juga buat ngelap jok motor yang basah.

  1. Gaya Berkendara

Jangan terlalu agresif bawa motornya. Ingat keluarga menanti di rumah hehehe. Kalo ketemu genangan pelan-pelan aja, takutnya jalanan bolong, kan berabe. Selain itu biar gak nyipratin diri kita sendiri maupun pengendara motor di sebelah kita dan pejalan kaki di pinggir. Selain faktor dari kita sendiri, jangan abaikan kecerobohan orang lain. Kalo kita udah hati-hati, awas bisa aja pengendara lain yang nyipratin kita. Jadi jaga jarak, ntah saat kita di belakang ataupun di sebelahnya.

Nah, hal-hal di atas yang biasanya gue siapkan dalam menembus hujan :D. Mungkin teman-teman ada yang membawa perlengkapan lain atau tips lainnya, bisa dishare dimari , :).

Yang paling penting adalah, jangan lupa berdoa kepada Tuhan. Semoga selalu diberi perlindungan dan keselamatan dari Yang Maha Kuasa. Aamiiin. Ciaooo..

source foto:

http://bergandengantangan.wordpress.com/2012/02/24/hati-hati-berkendara-saat-hujan/

http://mantelhujansepatu.blogdetik.com/

http://ciricara.com/2012/11/28/bahaya-memakai-jas-hujan-ponco-bagi-para-bikers/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s